Penanganan Nyeri Payudara Saat Menyusui ( Mastitis )

Assalamu`alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Alhamdulillah, wassholatuwassalamu`ala rasulillah…

Di malam ini topik yang akan kita bahas adalah mengenai kesehatan ibu menyusui. Hal ini sangatlah penting bagi para ibu yang pertama kali melahirkan dan masih sedikit pengalamannya tentang bagaimana cara menyusui anak yang baik dan benar.

 

Apa itu Mastitis ?

Peradangan pada payudara ( mastitis ) adalah suatu keadaan yang sering dialami para ibu terutama pada masa 3 bulan pertama setelah melahirkan. Peradangan pada payudara ini biasanya disebabkan oleh suatu infeksi pada jaringan payudara yang mengakibatkan payudara menjadi bengkak, berwarna merah, dan nyeri. Pada banyak ibu, mastitis dapat membuat ibu mudah lelah, dan demam sehingga ia pun mengalami kesulitan merawat bayi. Tidak hanya itu banyak juga diantara para ibu yang menghentikan pemberian asi pada anaknya karena ia mengalami mastitis, yang padahal sebenarnya proses menyusui masih dapat dilakukan , namun dengan teknik dan prosedur yang tepat.

 

Kenapa Mastitis bisa terjadi ?

Mastitis dapat terjadi karena asi yang tidak dikeluarkan masuk ke dalam jaringan payudara. Di sisi lain hal ini juga bisa disebabkan akrena adanya luka pada payudara, sehingga memungkinkan kuman untuk menginfeksi payudara.

 

Apa saja gejala yang dapat timbul pada mastitis ?

Banyak gejala yang dapat timbul pada mastitis, antara lain,

– Bengkak pada payudara

– Nyeri pada payudara

– Payudara terasa panas

– Bila diraba agak keras

– Suhu lebih panas daripada bagian payudara yang tidak terkena

– Demam

 

Bagaimana Penaganan Mastitis Secara Alami ?

Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi nyeri pada payudara saat menyusui, yaitu;

* Istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan banyak-banyaklah minum cairan.

Baca Juga :   Mimisan Pada Ibu Hamil - Mimisan Ketika Hamil Bahayakah?

* Pijat daerah payudara yang sakit sehari dua kali ke arah puting susu (akan lebih baik bila ibu mempelajari tentang pijat payudara). Gunakan baby oil untuk dapat melemaskan dan membuat daerah sekitar payudara tidak kaku. Pemijatan juga dapat membantu memperlancar pengeluaran ASI.

* Susui bayi atau perah ASI sesering mungkin. ASI yang tidak dikeluarkan akan menambah rasa sakit apalagi jika ASI terus diproduksi.

* Berikan kompres hangat untuk membantu memperlancar pengeluaran ASI.

* Hindari tekanan lokal pada payudara. Jangan tidur dengan posisi yang menekan payudara atau jangan menggunakan bra yang terlalu ketat karena payudara akan tertekan. Ini bisa membuat payudara bertambah sakit.

* Makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan banyak-banyaklah minum cairan.

* Untuk mengurangi rasa nyeri bisa dengan mengkonsumsi parasetamol

* Antibiotik juga bermanfaat untuk mengatasi mastitis, namun penggunaannya harus sesuai petunujuk dokter.

 

Kesimpulan

Jika anda ( ibu ) mengalami mastitis, maka janganlah berputus asa, ikutilah langkah – langkah di atas, semoga cepat sembuh dan Allah jadikan anaknya menjadi anak yang shalih dan shalihah.

Comments

comments

Leave a Reply