Keluhan Kaki Bengkak Saat Bunda Hamil

kaki-bengkak-pada-ibu-hamil-300x400Kaki bengkak selama kehamilan adalah hal yang wajar dan biasa dialami oleh para ibu hamil.  Kaki bengkak seorang ibu hamil akan terlihat besar dan bagi sebagian ibu hamil akan terlihat mengurangi penampilan.  Para ibu hamil tidak perlu khawatir karena kaki bengkak ini bisa diatasi sehingga pembengkakan kaki ini bisa diminimalisir.  Banyak cara dan tips praktis yang bisa kita gunakan untuk mengatasi kaki bengkak selama masa kehamilan.

Kaki membengkak ini akan dialami kurang lebih pada saat kehamilan sudah memasuki usia trimester ketiga.  Ada beberapa hal yang menyebabkan pembengkakan ini bisa terjadi.  Salah satunya disebabkan karena perkembangan janin yang sudah mulai membesar.  Perkembangan janin di dalam kandungan ini  akan menyebabkan desakan pada rongga pinggul bunda hamil sehingga akan menyebabkan penekanan pada pembuluh darah arteri, pembuluh darah balik dan pembuluh limpa.  Penekanan ini akan semakin masiv manakala posisi kaki bunda menggantung dikarenakan sedang duduk lama ataupun karena bunda terlalu lama berdiri.

Agar pembengkakan kaki saat hamil ini tidak terlalu parah maka bunda bisa mempraktekan cara dan kiat sederhana untuk mengobati pembengkakan kaki.  Adapun trik yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut

1. Sebaiknya bunda hamil memakai alas kaki atau sandal yang empuk dan nyaman.  Gunakan sandal atau sepatu menggunakan ukuran lebih besar daripada ukuran biasa.  Hindari penggunaan sepatu yang berhak (high heels).  Alas kaki sebaiknya menggunakan alas yang rata dan tidak bertumit.

2. Alangkah baiknya bunda tidak beraktivitas terlalu berat dan jangan membiasakan duduk dengan posisi kaki menggantung terlalu lama.  Posisi berdiri yang lama sebaiknya juga dihindari agar tidak terjadi pembengkakan kaki.  Bagi bunda yang masih bekerja di luar maka sebaiknya pintar-pintar mengatur waktu dan posisi duduk maupun posisi berdiri.

Baca Juga :   Cara Herbal Redakan Penyakit Bronkitis

3. Selama masa kehamilan bunda bisa melakukan perawatan kaki atau pedicure untuk membantu melancarkan peredaran darah.  Selain itu dengan pedicure akan membantu untuk relaksasi sehingga akan membuat pikiran menjadi lebih nyaman dan santai.

3. Pada waktu bunda beristirahat di kasur, sebaiknya posisi kaki lebih tinggi daripada posisi tubuh.  Kita bisa mengakalinya dengan menaruh bantal di bawah kaki untuk menopangnya sehingga posisi kaki bisa agak sedikit lebih tinggi daripada posisi kepala.

4. Dianjurkan bunda hamil olahraga ringan seperti jalan pagi dan barengi dengan memutar-mutar pergelangan kaki sebagai streching kaki sehingga akan membantu melancarkan peredaran darah.

5. Senam hamil bisa bunda ikuti agar bisa mendapatkan kiat praktis dan gerakan yang tepat selama kehamilan.  Selain itu dengan senam hamil akan menjaga kesehatan tubuh.  Senam hamil bisa menjadi pilihan apabila bunda sulit untuk olah raga pagi dikarenakan padatnya kegiatan yang bunda jalani.

6. Bunda hamil sebaiknya berpikir ulang untuk menggunakan obat-obatan kimia sebagai pereda kaki bengkak.  Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan agar tidak terjadi salah dosis ataupun salah obat yang bisa membahayakan keselamatan janin.  Dan perlu bunda ingat bahwa obat kimia akan memiliki efek samping yang luar biasa apabila dipakai tidak sesuai aturan.

Para bunda hamil tidak perlu resah dengan kondisi kaki yang membengkak.  Wajarlah dalam menyikapinya dan selalu berpikir positif karena pikiran positif akan memberikan dampak baik untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi yang sedang dikandung.  Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih secara rutin agar tidak kekurangan cairan.  Itulah tips dan kiat sederhana untuk membantu meredakan pembengkakan kaki.  Hubungi pelayanan kesehatan terdekat apabila bunda mengalami masalah serius terhadap pembengkakan kaki ini.

Baca Juga :   Mengatasi Rambut Beruban

Comments

comments

Leave a Reply