Cara Sederhana Menghindari Posisi Bayi Sungsang


Posisi Bayi Sungsang
Masalah yang satu ini sangat mencemaskan bagi sebagian wanita khususnya wanita yang sedang mengalami masa hamil. Tetapi jika anda punya kemungkinan mengalami proses kelahiran yang sungsang tenanglah dan jangan merasa takut yang berlebih. Karena perasaan takut dalam diri anda dapat mempengaruhi kondisi kesehatan dalam kandungan anda.

Posisi Bayi Sungsang
Ada beberapa cara yang dapat anda tempuh selama masa mengandung untuk menghindari supaya keadaan bayi dalam perut tidak sungsang saat persalinan kelak. Cara dibawah ini telah dijelaskan dari seorang ahli kandungan oleh dr. Riyani Limoa kepada salah satu pasiennya. Berikut Cara Menghindari Posisi Bayi Sungsang:

1. Mengikuti Senam Hamil. Senam kolam dapat meregangkan otot perut dan membuat santai sehingga memberi sela pada bayi untuk melakukan gerak.

2. Melakukan Pemijatan Lembut. Supaya dapat merangsang keadaan bayi ke posisi yang normal, perlu pemijatan dengan kedua tangan. Dapat anda pijat disekitar perut dengan arah sama dengan jarum jam.

3. Sering Melakukan Posisi Sujud. Lakukan keadaan sujud dengan benar serta teratur yang dijadwalkan 2kali pagi serta sore dengan waktu 10 menit. Cara ini sangat banyak kemungkinan berhasilnya yaitu mencapai 92% untuk dapat menghindari bayi dalam keadaan sungsang.

4. Menggunakan Senter. Pakailah senter untuk memperoleh perhatian dari sang buah hati dalam kandungan. Anda arahkan senter anda ke kepala sang bayi, setelah itu gerakkan kearah kelahirannya. Sinar cahaya yang cepat gerakannya akan menarik perhatian sang bayi akan berakibat kepala bayi ikut cahaya yang anda senterkan untuk menuju jalan kelahirannya nanti.

5. Meminum Minuman Manis. Minuman manis yang anda konsumsi yang banyak mengandung glukosa akan menambah energi sang bayi untuk bergerak secara aktif. Bayi yang aktif kemungkinan besar janinnya akan bergerak pada keadaan yang normal.

Baca Juga :   Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui

6. Memutar Musik. Memperdengarkan musik dapat membuat keadaan bayi berada pada keadaan normal. Letakkan speaker di daerah jalan kelahiran bayi. Ini dapat membuat kepala sang bayi bergerak pada jalan kelahirannya.

7. Tempelkan Benda Dingin. Dengan menempelkan suatu benda yang dingin ke kepala sang bayi, dapat menjadikan bayi menjauhi daerah yang dingin itu. Sehingga letakkanlah benda dingin itu pada bagian perut atas, maka kepala sang bayi akan menjauhinya dan mengarah ke jalan lahirnya.

8. Berpikirlah Positif. Bayi yang memperoleh sinyal positif dari ibunya, akan mengakibatkan bayi berputar pada keadaan yang semestinya meskipun awalnya keadaan bayi anda sungsang.

Cara-cara tersebut bisa anda terapkan untuk mencegah keadaan sungsang sang bayi. Meskipun sudah dinyatakan sungsang oleh dokter kandungan anda, usahalah dengan cara-cara diatas dan lakukan kontrol secara teratur kepada dokter spesialis kandungan agar mengerti pertumbuhan sang buah hati supaya penghindaran bayi sungsang anda dapat berjalan dengan mulus. Demikian artikel terkait Posisi Bayi Sungsang. Semoga berfaidah.

Comments

comments

Leave a Reply