Berbagai Macam Alergi Bayi Dan Cara Pencegahannya

Alergi bayi – Anda dapat mendeteksi alergi pada bayi anda sejak dalam kandungan. Ada penelitian pada ibu-ibu yang sedang mengalami kehamilan bahwa hiccups (cegukan) dan gerakkan refluk yang terjadi pada janin dapat meningkat saat malam hari sampai pagi menjelang. Tetapi, setelah dihilangkan sebagian dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil, cegukan dan gerakan refluk dapat menurun. Berikut macam-macam alergi dan cara mengatasi alergi bayi:

Cara Mengatasi Alergi Makanan pada Bayi

Salah satu alergi yang sering di alami oleh bayi adalah alergi dari makanan. Yang kerap membuat alergi pada bayi adalah seledri, kacang-kacangan(kacang kedelai, kacang tanah dsb), susu yang dihasilkan sapi, susu formula, makan dari jenis laut, sereal dengan kandungan gluten (gandum hitam, gandum barley, gandum oat,). Jangan memberi bayi yang usianya kurang dari 6bulan dengan makanan dengan kandungan gluten. Serta makanan dari jenis laut misalnya lobster, udang, kepiting, dan juga ikan laut. Hindari makanan kacang-kacangan apabila ada riwayat keluarga bayi yang punya alergi hingga umur 3th.

Cara mengatasi alergi bayi jika timbul diare

Berikan ASI dan jenis makanan yang dapat dimakan setiap harinya jika alergi bayi menyebabkan diare. Berikan sirup oralit yang hanya bagi bayi dengan skala sebanyak cairan yang dikeluarkan oleh sang bayi lewat kotoran serta muntahan bayi. Ataupun dapat anda berikan 100ml oralit setiap dia mengalami diare. Bila tidak lekas sembuh, konsultasikan pada dokter.

Cara mengatasi alergi bayi pada susu

Alergi susu merupakan alergi yang ditimbulkan dari reaksi protein yang ada dalam susu terhadap kekebalan dalam badan bayi. Akibatnya wajah bayi beruam, hidung tersumbat serta mata bayi berair setelah minum susu. Beda dengan intoleransi laktosa, dalam hal ini bayi merasa sakit perutnya serta produksi gas di ususnya meningkat. Alergi ini bisa membuat kulit bayi bersisik serta eksim dan adanya benjolan putih.  Mengganti susu kaleng dengan ASI adalah jalan keluar paling mudah, tetapi jika sang ibu tidak bisa memberikan asinya, cara lain adalah memberikan bayi dengan susu dari kedelai bagi bayi yang tidak punya alergi kacang-kacangan.

Baca Juga :   Tips Agar Anak Mau Konsumsi Makanan Sehat

Cara mengatasi alergi kulit pada bayi

Untuk mengatasi alergi yang diderita oleh bayi, hal utama adalah jangan menggaruk kulit karena dapat mengakibatkan bekas hitam. Hindari pemakaian krim yang sembarangan. Pergilah ke dokter untuk berkonsultasi agar mendapatkan penyembuhan yang efektif. Pakaikanlah baju yang memakai bahan lembut dan nyaman ditubuh bayi. Jangan pakaikan bayi salep, obat oral, bedak dan obat kimia lainnya. Pelajari sumber atau penyebab alergi yang dialami bayai anda, dengan ini akan mudah untuk melakukan penyembuhan serta pencegahan alergi. Demikian artikel terkait cara mengatasi alergi bayi. Semoga membawa manfaat.

Comments

comments

Leave a Reply