Teryata Buah Pinang Memiliki Khasiat Untuk Kesehatan

8cba5d214c5f756cb3dfba3d009c9a8f_XLSeperti yang kita tahu, pinang merupakan sejenis palma yang sering ditemui di daerah Afrika bagian timur, Asia dan Pasifik. Tapi tahukah anda bahwa buah pinang mempunyai banyak manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan?Manfaat buah pinang untuk hal tersebut seringkali disepelekan oleh masyarakat yang belum paham akan khasiat buah pinang yang sesungguhnya. Padahal, beragam manfaat yang bisa dirasakan bukan hanya bermanfaat dalam waktu sementara, namun khasiatnya juga bisa dimanfaatkan untuk jangka panjang.

Memanfaatkan buah pinang dapat dilakukan dengan cara yang bervariasi. Beberapa khasiat dari buah pinang untuk kesehatan dan sekaligus cara memanfaatkannya antara lain:

1. Meredakan sakit pinggang.
Bagian buah pinang yang bermanfaat untuk meredakan sakit pinggang adalah daunnya. Cara memanfaatkannya yaitu:

  • Tumbuk beberapa daun pinang secara kasar.
  • Hangatkan beberapa saat.
  • Tempelkan atau kompreskan daun tadi pada bagian yang sakit.
  • Lakukan rutin agar hasilnya maksimal.

2. Menangani pendarahan.
Pendarahan yang dimaksud seperti mimisan atau darah yang keluar dari hidung, pendarahan akibat bisul, haid yang keluar secara berlebihan dan lain sebagainya. Cara untuk memperoleh manfaat yang satu ini adalah dengan membuat air rebusan dari buah pinang lalu mengonsumsinya secara rutin. Alhasil, pendarahanpun dapat dicegah dengan baik secara alami hanya dengan mengandalkan manfaat buah pinang.

3. Mengobati kudis dan luka pada kulit.
Mengatasi kudis dengan buah pinang sangatlah mudah dilakukan. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk menanganinya, yaitu:

  • Parut satu biji buah pinang.
  • Campurkan parutan tadi dengan sedikit kapur sirih dan air.
  • Oleskan ramuan tadi pada bagian yang dirasa sakit.

Sedangkan untuk mengobati luka, anda perlu menumbuk buah pinang hingga halus dan tempelkan secara langsung pada luka sampai mengering, bersihkan dan ganti dengan yang baru. Dengan mengatasi masalah tersebut dengan maksimal, maka kulit anda akan kembali bersih dan terlihat cantik.

Baca Juga :   Kiat Mengurangi Keinginan Merokok

4. Mengecilkan rahim.
Manfaat buah pinang untuk mengecilkan rahim bagi wanita pasca melahirkan bisa dikatakan sangat berguna untuk kesehatan dan pemulihan kecantikan area kewanitaannya. Berikut ini cara memanfaatkan buah pinang untuk mengecilkan rahim bagi wanita, yaitu:

  • Memarkan 2 biji buah pinang.
  • Rebus dengan 2 gelas air hingga menyusut menjadi 1 gelas.
  • Beri satu sendok madu.
  • Minum hingga habis dan lakukan satu kali dalam sehari secara rutin hingga khasiatnya terasa.

5. Menyehatkan gigi dan gusi.
Masyarakat zaman dulu memiliki kebiasaan yang unik yaitu mengunyah buah pinang. Namun ternyata hal tersebut dapat memberi manfaat yang menguntungkan, yaitu membuat gigi dan gusi mereka lebih kuat dan juga sehat. Apabila anda tertarik untuk memiliki gigi dan gusi yang kuat secara alami, cukup iris buah pinang dan kunyah secara rutin. Hasilnya, gigi dan gusi akan nampak terawat dan terlihat lebih sehat.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang dapat anda rasakan apabila mengenal dan mengetahui bagaimana cara memanfaatkan buah pinang sesuai dengan kebutuhan anda. Karena buah pinang berasal dari alam dan termasuk bahan alami, maka pemanfaatannya sangat aman bila digunakan secara tepat dan melalui proses yang baik. Berdasarkan penjelasan tersebut, sangat jelas bahwa manfaat buah pinang sudah tidak diragukan lagi karena telah dimanfaatkan sejak dulu untuk menjaga kesehatan. Selain buah pinang Anda juga bisa membaca info tetang manfaat buah pisang yang juga sangat penting dan perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat.!

Comments

comments

Leave a Reply