Manfaat & Khasiat Minyak Zaitun bagi Rambut

Rambut indah adalah dambaan setiap wanita. Indikator rambut indah adalah rambut yang lebat, halus berkilau dan sehat. Padahal, permasalahan rambut cukup membuat pusing kepala. Contohnya masalah rambut rontok, berketombe atau bahkan berkutu. Terkadang seseorang yang mengalami masalah rambut harus meronggoh kocek untuk membayar sejumlah perawatan rambut yang mahal. Ada solusi jitu dan murah meriah untuk masalah kesehatan rambut yaitu minyak zaitun.

Minyak zaitun adalah minyak dengan 1000 khasiat. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh atau kecantikan kulit, tapi juga memiliki nilai manfaat dalam segala aspek kehidupan. Kandungan vitamin dalam minyak zaitun dipercaya mampu mengobati, mencegah dan mengurangi beberapa permasalahan kesehatan kulit. Rambut yang tidak sehat menandakan adanya problem dengan kesehatan kulit kepala. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun bagi rambut :

1.    Rambut berketombe dan kutu rambut

Manfaat minyak zaitun bagi rambut yang pertama adalah mampu menghilangkan ketombe dan kutu rambut. Campurkan minyak zaitun dengan minyak almond dengan perbandingan 2:1. Kemudian lumuri permukaan kulit kepala dengan campuran minyak ini sambil dipijat-pijat perlahan kurang lebih selama 15 menit. Kemudian cuci rambut hingga bersih. Bisa juga dengan mengaplikasikan minyak zaitun langsung di kulit kepala dibarengi pijatan lembut.

2.    Rambut yang mengalami keruskan dan kerontokan

Kandungan nutrisi berupa vitamin dan mineral dalam minyak zaitun berfaedah untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Untuk rambut yang mengalami kerusakan karena sering diwarnai, diluruskan atau dikeriting menggunakan alat khusus, terlampau sering menggunakan pengering rambut dan lainnya, dapat menjadikan minyak zaitun sebagai losion rambut. Oleskan minyak di seluruh permukaan kulit kepala sambil dipijat pelan. Lalu pakailah handuk untuk menutup rambut yang telah dilumuri minyak selama kurang leboh 10 menit.

Untuk mengatasi rambut rontok, Anda dapat membuat masker rambut dari kombinasi minyak zaitun dan kuning telur, minyak zaitun dan madu, minyak zaitun dan alpukat, dan lainnya. Masker kombinasi minyak zaitun dan minyak ikan juga dapat diaplikasikan guna menyuburkan rambut. Bisa dengan mengkonsumsinya secara langsung atau dengan melumuri kulit kepala dengan kedua minyak tersebut.

3.    Melembabkan dan menebalkan rambut

Sebelum keramas, lumuri rambut dengan minyak zaitun untuk melembabkan rambut. Masker alpukat dan minyak zaitun dapat digunakan pada problem rambut kering. Selain melembabkan, nutrisi minyak zaitun dapat juga menebalkan rambut. Tentu saja, hasil yang didapat tidak instan. Anda harus secara rutin mengaplikasikan minyak zaitun untuk merawat rambut. Masker rambut lainnya adalah hasil kombinasi minyak zaitun dan telur. Gunanya untuk membuat rambut terlihat lebih mengembang dan berkilau. Untuk memanjangkan rambut, Anda dapat mencampur biji lemon dan lada yang dihaluskan, kemudian campurkan kedua bahan tersebut dengan 2 sendok makan minyak zaitun.

Comments

comments

Baca Juga :   Ruqyah

Leave a Reply