Manfaat Daun, Kulit, Batang, Hati, Akar, Daun, Dan Bonggol Pisang Bagi Kesehatan

bananasUn1x Project | Pisang (Musa paradisiaca L.) merupakan tumbuhan daerah tropis karena menyukai iklim panas dan memerlukan matahari penuh. Tanaman ini dapat tumbuh di tanah cukup air pada daerah dengan ketinggian sampai 2000 meter di atas permukaan laut.
Buah pisang kebanyakan dimakan segar, di kolak, di kukus, atau diolah lebih lanjut menjadi pisang selai, keripik, atau tepung pisang. Kelompok yang termasuk pisang buah meja adalah musa sapientum (banana) karena lebih enak dimakan segar, seperti pisang ambon, ambon lumut, raja, raja sereh, mas, susu, dan barangan. Kelompok pisang yang lebih enak setelah diolah terlebih dahulu adalah musa paradisiaca (plantain). Contohnya pisang tanduk, oli, nangka, kapas, batu, dan kepok. Musa brachycarpa, yaitu jenis pisang yang berbiji seperti pisang batu, disebut juga pisang klutuk. Musa texilis, yaitu jenis pisang penghasil serat seperti pisang manila. Untuk penderita tukak lambung dan asam lambung berlebihan, jangan makan buah pisang masak.
1. Daun Pisang
Pada penderita demam, alaskan daun pisang muda di atas bantal atau penderita demam berbaring di atas daun pisang muda. Daun pisang berkhasiat menyejukkan.
Manfaat daun pisang sangatlah banyak sekali, selain digunakan untuk membungkus nasi pecel, untuk membukus tempe, untuk menutupi mayit korban kecelakaan, untuk membungkus ikan pepes, untuk membungkus aneka makanan ringan dan lain sebagainya.
Selain itu juga daun pisang mempunyai peran penting untuk kesehatan.
Diantaranya yaitu:
• Mengobati Luka Kecil Dan Ketombe.
Ramuan alami dengan daun pisang dapat mengobati luka kecil pada kulit dan gangguan kulit lainnya seperti ketombe, eksim, dan sengatan matahari.
Pengunaan sari dari jus daun pisang segar secara bertahap akan menyembuhkan gangguan hingga ke akarnya.
• Meredakan Gigitan Serangga.
Daun pisang memiliki sifat yang dapat meredakan gigitan serangga beracun, sengatan lebah, gigitan laba-laba, ruam, iritasi kulit.
Daun ini populer dengan sebutan peng-hapus alami.
• Allantion
Daun pisang juga bisa di gunakan sebagai krim kosmetik alami, krim kosmetik dan lotion yang mahal mengandung bahan aktif yang disebut Allantoin yang ditemukan pada daun tanaman.
Allantoin dapat membantu penyembuhan lebih cepat, membunuh kuman, dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.
• Mengobati Peradangan
Daun pisang bila dicampur dengan cabai rawit dan comfrey dapat membantu mengurangi bekas luka pada kulit, luka fisik, gatal, pendarahan, dan juga bisa mengurangi semua jenis peradangan.
• Salep Alami. Daun pisang juga dapat di gunakan sebagai salep alami yang sangat berguna untuk bayi, dengan campuran minyak zaitun dan beeswax dapat menyembuhkan ruam popok dan gigitan nyamuk.

2. Buah pisang
Buah pisang rasanya manis, sifatnya dingin, astringen, memelihara Yin, melumas (lubricate) usus, penawar racun, penurun panas (antipiretik), antiradang, peluruh kencing (diuretik), laksatif dingin. Buah muda dan akar berkhasiat astringen. Buah muda berkhasiat antidiare, antidisentri, dan untuk pengobatan tukak lambung.
Kandungan vitamin dan mineral dalam buah pisang: Kadar antioksidan pada pisang termasuk tinggi, khususnya betakaroten (vitamin A). Kandungan energi pada pisang instan sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pada pisang adalah karbohidrat kompleks. Pisang juga mengandung vitamin B kompleks, C, dan E, asam folat, yodium, zat besi, magnesium, kalium, seng, dan tryptophan.
Beberapa manfaat dan khasiat buah pisang untuk kesehatan tubuh dan mengobati berbagai penyakit antara lain:
• Meningkatkan kekebalan tubuh
Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.
• Mengatasi PMS (Pra Menstruasi Syndrom)
Tryptophan (asam amino dengan efek penenang alami) yang terkandung pada pisang dapat memperbaiki suasana hati secara alami dan mengurangi sindroma pramenstruasi. Vitamin B6-nya membantu mengurangi perasaan depresi pada perempuan saat menstruasi. Kalsiumnya dapat memperbaiki siklus menstruasi
• Obat hipertensi (tekanan darah tinggi)
Kandungan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali. Kandungan seratnya yang mampu mengikat lemak dapat mencegah terbentuknya plak yang berdampak naiknya tekanan darah.
• Mencegah penyakit jantung
Vitamin C dan flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.
• Kesehatan janin
Ibu hamil disarankan makan pisang karena kandungan asam folatnya mudah diserap janin.
• Mengatasi anemia (kurang darah)
Buah ini juga mengandung zat besi. Dua buah pisang setiap hari, cukup membuat penderita anemia terselamatkan.
• Mengatasi gangguan pencernaan
Pisang memiliki khasiat antasida serta mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung. Penelitian di Inggris terhadap hewan coba, hewan yang diberi makan pisang, dinding lambungnya menjadi lebih kuat. Untuk itu pilihlah pisang yang manis seperti pisang raja. Serat pada pisang melancarkan buang air besar. Vitamin B6-nya membantu meredakan gejala diare.
• Menurunkan berat badan
Karbohidrat kompleks tidak menaikkan kadar glukosa dengan
drastis; juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Asalkan, pisang tidak diolah dalam bentuk banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak. Serat pada pisang juga menurunkan berat badan karena melancarkan proses metabolisme.
3. Kuli Pisang
Kulit pisang digunakan untuk mengatasi borok yang menyerupai kanker, kelainan kulit pada herpes, ulkus di tungkai pada penyakit diabetes melitus, kutil (wart), migren, hipertensi sekunder, rambut tipis dan jarang, dan luka bakar, tersiram air panas, kemerahan pada kulit (rash).
• Mempercantik Kulit
Ingin punya kulit wajah yang cantik jangan buang kulit pisang setelah makan pisang sebab kulit pisang bisa mempercantik kulit, caranya gosok kan kulit bagian dalam pisang ke muka kamu sebelum tidur, biarkan sampai semalamam dan esok harinya baru cuci sampai bersih.

Baca Juga :   Ternyata Bunga Kamboja Berkhasiat untuk Kesehatan dan Kecantikan

• Mengatasi Iritasi & Gatal
Punya masalah pada kulit seperti iritasi dan gatal gatal, jangan gunakan obat kimia dulu manfaatkan kulit pisang yang ada, caranya ambil kulit pisang lalau gosokkan kuilt pisang bagian dalam pada area kulit yang gatal biarkan sampai satu malam, kandungan kmia yang ada didalam kulit pisang akan bekerja mengobati gatal pada kulit kamu.

• Mengobati Luka
Bagi kamu yang sering terluka ada baiknya kamu obati dengan kulit pisang, karena kulit pisang sangat baik untuk obat luka caranya ambil kulit pisang lalu gosokan kulit pisang bagian dalam pada area luka, lihat hasilnya pasti lebih cepat sembuh luka kamu.

• Mengobati Jerawat
Selain untuk mempercantik kulit kulit pisang juga bagus untuk mengobati jerawat yang membandel, caranya ambil kulit pisang gosokkan kult pisang pada bagian muka kamu yang berjerawat lihat hasilnya.

• Mengobati Kutil
Adapun manfaat lain dari kulit pisang adalah mengobati kutil. Gosok bagian dalam kulit pisang pada kutil setiap malam, efeknya akan terlihat pada hari ke 7-10. Sebagai alternatif, kulit pisang bisa dilekatkan pada kutil selama semalaman. Kemudian lihat hasilnya dalam 15 hari.

4. Jantung Pisang

Sepintas terlihat tak ada yang istimewa dari jantung pisang. Bahkan,bagian ini kerap dibuang karena dianggap mengganggu pertumbuhan buah pisang. Padahal jantung pisang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.
• Jantung Pisang Stroke
Salah satu khasiat dari jantung pisang adalah dapat mencengah pendarahan pada otak, baik untuk jantung dan pembuluh darah. Jika dikonsumsi secara teratur, jantung pisang bisa membantu mengobati penyakit kronis seperti stroke. Jantung pisang kaya akan nutrisi yang baik untuk mengobati berbagai penyakit. Tiap 25 gram jantung pisang mengandung 7.1 gram karbohidrat, 31 kkal kalori, 1.2 gram protein, dan 0.3 gram lemak. Selain itu jantung pisang juga mengandung banyak mineral, vitamin dan serat pangan.
• Jantung pisang Cegah diabetes
Bagi penderita diabetes juga disarankan mengkonsumsi jantung pisang sebab indeks glikemiknya rendah. Tak hanya mencegah serangan jantung dan stroke, jantung pisang juga berkhasiat melancarkan pencernaan dan mengikat kolesterol serta lemak untuk dibuang bersama kotoran.

Baca Juga :   Cara Mengencangkan Payudara

Sebaiknya pilihlah jantung pisang yang enak untuk dikonsumsi, seperti yang berasal dari pisang jenis kepok, klutuk (batu), atau pisang siam yang tinggi kandungan proteinnya.
• Jantung Pisang cocok untuk Diet
Manfaat jantung pisang yang lain adalah sangat cocok untuk program diet sehat anda. Selanjutnya jantung pisang ini juga sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, dapat melancarkan pencernaan di dalam tubuh karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, dengan mengkonsumsi jantung pisang secara rutin setiap hari juga mampu mengurangi resiko terserang penyakit stroke.

Untuk itu, mulai sekarang biasakan mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami. Jangan hanya mengkonsumsi makanan cepat saji dan penuh dengan bahan kimia dan pengawet makanan karena itu sangat tidak baik untuk kesehatan kita.

Cara pengolahannya juga mudah. Kupas kelopak luar sampai tersisa bagian dalam yang berwarna putih kemerahan. Kemudian cuci bersih, iris memanjang, dan yang terakhir cuci kembali hingga bersih dan rebus.

5. Akar pohon pisang
Akar pisang berkhasiat sebagai penawar racun, pereda demam (antipiretik), mendinginkan darah, antiradang, dan peluruh kencing. Hati batang pisang berkhasiat penurun panas dan untuk perawatan rambut. Cairan dari bonggol mengatasi infeksi saluran kencing, mennghentikan perdarahan (hemostatik), penurun panas (antipiretik), serta penghitam dan mencegah rambut rontok.
Akar pisang mengandung serotonin, norepinefrin, tanin, hidroksitriptamin, dopamin, vitamin A, B, dan C. Buah mengandung flavonoid, glukosa, fruktosa, sukrosa, tepung, lemak, protein, minyak menguap, kaya akan vitamin (A, B, C, dan E), mineral (kalium, kalsium, fosfor, besi), pektin, serotonin, 5-hidroksi triptamin, dopamin, dan noradrenalin. Kandungan vitamin pada buah pisang cukup tinggi kadarnya bervariasi tergantung jenis pisangnya. Buah muda mengandung banyak tanin.
• Akar pisang dapat digunakan untuk mengatasi sesak napas (asma), air kernih (urin) mengandung darah, dan penyakit kulit. Untuk cairan dari bonggol digunakan untuk mengatasi berak darah karena panas dalam, disentri atau diare, wasir berdarah, perdarahan setelah melahirkan (perdarahan nifasi), pembersihan setelah melahirkan, rambut rontok dan beruban, radang ginjal, sifilis, dan digigit ular berbisa.
• Bila menderita radang tenggorokan, cuci bersih satu genggam akar pisang kepok, lalu ditumbuk halus. Tambahkan tiga perempat cangkir air masak sambil diremas. Peras dan saring. Gunakan air perasannya untuk kumur (gargle). Lakukan 4 – 6 kali sehari sampai sembuh.

Baca Juga :   Macam-macam Buah yang Mengandung Banyak Vitamin C

6. Bongol Pisang
• Penghitam dan pencegah rambut rontok, ambil bonggol pisang yang baru ditebang secukupnya. Cincang dan parut, lalu diperas cairannya. Cara lainnya adalah mengambil cairan bonggol pisang, yaitu dengan membuat lubang besar pada bonggol yang tertinggal di dalam tanah, setelah terlebih dahulu batang pisang ditebang dekat pada tangkalnya. Bonggol ditutup agar kotoran tidak masuk. Cairan bonggol akan terkumpul dengan sendirinya di dalam lubang tadi. Beberapa waktu kemudian, cairan dapat disendoki dari lubang tersebut, lalu digunakan untuk membasahi rambut dan kulit kepala sambil dipijat ringan. Lakukan setiap pagi, kepala menjadi sejuk dan rambut menjadi subur. Hampir semua jenis pohon pisang dapat digunakan kecuali pisang susu. Cairan bonggol pisang jangan mengenai baju karena akan meninggalkan noda yang sukar hilang.
• Penyakit wasir berdarah, berak darah, perdarahan nifas. Buat lubang besar pada bonggol pisang yang tersisa di dalam tanah, setelah btang semunya ditebang. Kumpulkan cairan pada bonggol tersebut, lalu diminum. Lakukan tiga kali sehari, masing – masing setengah cangkir. Akan lebih berkhasiat jika cairannya berasal dari bonggol pisang klutuk atau kepok. Untuk mencegah perdarahan pada masa nifas, juga perlu makan pisang ambon secara teratur.
• Bila digigit ular berbisa, cuci bonggol pisang raja sebesar kepalan tanga, lalu diparut. Tambahkan satu sendok makan madu murni sambil diremas – remas sampai merata. Peras dan saring, lalu minum cairan yang terkumpul sekaligus. Lakukan dua kali sehari.
• Penderita radang ginjal, kencing terasa sakit. Tambahkan gula secukupnya pada satu cangkir cairan yang diperoleh dari batang semu pisang, lalu diminum.

Comments

comments

Leave a Reply