Manfaat Dan Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan

daun-salamDaun salam selain dikenal sebagai daun rempah yang banyak digunakan dalam masakan makanan di Indonesia, juga dikenal sebagai daun yang memiliki kandungan zat dan vitamin yang sangat bagus untuk menunjang kesehatan tubuh. Daun salam atau dalam istilah biologi dikenal dengan nama syzygium polyanthum dan dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan Indonesian-laurel atau Indonesia bay-leaf ini banyak dikenal masyarakat sebagai daun rempah yang kerap ditemui sebagai penyedap atau bumbu dalam sejumlah masakan Indonesia.

Daun Salam Sebagai Pengharum Aroma Masakan

Di Asia Tenggara daun pohon salam kerap kali digunakan sebagai rempah-rempah pengharum masakan, baik itu masakan dari ikan, daging, sayur mayur, ataupun nasi. Biasanya daun ini bisa dicampurkan dalam masakan dalam keadaan kering, utuh, segar, bahkan terkadang ikut dimasak bersama dengan masakan tersebut sampai matang. Daun salam banyak dicampurkan di sejumlah masakan, lantaran daun ini memberikan aroma herbal yang harum dan khas.

Daun salam biasanya digunakan untuk masakan sambal bajak belimbing wuluh, bobor bayam tahu, sayur asem kangkung, sayur lodeh, pepes tahu jamur merang, pepes tahu jamur tiram, donat isi ayam, botok udang, sayur bening tempe, bobor bayam tempe, soto ayam, dan lain-lain. Biasanya dalam sejumlah masakan, daun salam kerapkali dipasangkan dengan lengkuas atau dalam bahasa jawa disebut laos.

Daun salam dapat dijumpai di sejumlah negara di Asia Tenggara, seperti di Myanmar, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Di negara kita selain di Jawa, pohon daun salam juga bisa ditemukan di Sumatra serta, Kalimantan. Pohon ini banyak tumbuh di ketinggian 1000 meter hingga 1300 meter, pohon salam banyak ditemui tumbuh liar di sekitar pantai hingga di hutan primer dan hutan sekunder. Daun dari pohon salam liar jarang digunakan karena rasanya berbeda dan cenderung lebih pahit. Sedangkan daun dari pohon salam yang sering digunakan untuk masakan dibudidayakan oleh sejumlah petani di Indonesia.

Baca Juga :   Buah Alpukat Dapat Mengurangi Risiko Stroke dan Diabetes

Memanfaatkan Daun Salam Sebagai Obat Herbal

Meski begitu dikenal sebagai bahan untuk masakan makanan, namun ternyata daun salam memiliki banyak kandungan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dalam pengobatan tradisional, daun salam dapat digunakan untuk mengobati sakit perut, kemudian juga dapat digunakan untuk mengobati buang air besar terus-terusan atau berlebihan, tidak hanya itu saja daun salam juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit asam urat, kemudian juga kerap digunakan sebagai obat untuk mengurangi kolesterol tinggi, radang lambung, kencing manus, gatal-gatal, serta melancarkan peredaran darah.

Untuk diketahui, daun salam memiliki kandungan zat-zat yang berguna bagi tubuh, seperti minyak esensial yang didalamnya terkandung komponen metil kavikol, eugenol. Kemudian ekstrak etanol dari daun salam juga memiliki efek anti bakteri, anti jamur. Sedangkan ektrak metanolnya adalah anti cacing. Selain itu, daun ini juga memiliki kandungan kalori, karbohidrat, serat, mineral, vitamin A, vitamin B-6, vitamin B-9, dan vitamin C. Selain itu daun salam juga mengandung sejumlah senyawa kimia dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh, seperti pinene, catechin, neral, dan lomonene.

Untuk kali ini selain akan membahas sejumlah manfaat daun salam, juga akan ada informasi tambahan mengenai cara pembuatan obat herbal dari daun salam. Berikut ulasannya :

· Meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Kandungan vitamin C pada daun salam dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya membuatnya cukup mudah, anda hanya tinggal memasukkan daun salam kedalam masakan atau bisa membuat atau mengolah daun salam menjadi teh.

· Membantu proses atau program diet. Kandungan senyawa kimia yang ada pada daun salam seperti enzim dan seratnya sangat berguna untuk membantu melancarkan pencernaan. Caranya dengan membuat daun salam menjadi teh. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat daun salam menjadi teh. Yang pertama sediakan 30 lembar daun salam yang sudah dibersihkan dengan air, selanjutnya rebus 30 lembar daun salam tersebut kedalam air panas, air yang dibutuhkan untuk merebus daun salam kurang lebih sebanyak empat gelas. Setelah direbus tunggu hingga mendidih dan air tinggal separo, setelah itu didinginkan dan siap diminum. Teh daun salam bisa dicampur dengan madu agar terasa lebih manis.

Baca Juga :   14 Tips Menghilangkan Sakit Punggung

· Kemudian adanya kandungan zat tanin dan kandungan flavonoida yang ada pada daun salam juga dapat menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Caranya hampir sama dengan membuatnya menjadi teh, hanya jumlah daun salam yang digunakan untuk mengatasi hipertensi tidaklah sebanyak saat digunakan untuk membantu diet, yakni hanya 10 lembar daun salam yang direbus, dan air yang digunakan cukup tiga gelas saja. Namun perlu diingat, teh ini hanya bisa diminum rutin sekali dalam sehari.

· Tidak hanya itu saja, daun salam juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit kulit. Cara membuatnya, siapkan akar, daun serta batang katu pohon salam. Setelah itu bersihkan ketiga bahan ini hingga bersih. Setelah itu ketiga bahan ini harus ditumbuk sampai halus. Setelah halus campur sedikit air dan oleskan pada kulit.

· Daun salam juga bisa digunakan untuk mengobati batuk. Hanya saja ada sejumlah bahan tambahan lainnya seperti madu dan buah lemon. Sedangkan cara membuatnya sama persis saat membuat teh daun salam, namun daun salam yang digunakan hanya 7 lembar, dan air yang dibutuhkan hanya dua gelas saja. Kemudian setelah teh matang, bisa dicampur dengan madu dan ditambahi perasan buah lemon. Minuman ini bisa diminum selama masih batuk.

· Untuk mengobati diare, anda bisa gunakan sebanyak 20 lembar daun salam, setelah itu rebus 20 lembar daun salam selama kurang lebih 10 menit. Lalu jika sudah mendidih, saring air tersebut dan ditambahi sedikit garam. Minuman ini bisa diminum 2 kali dalam satu hari.

· Buah salam juga bisa digunakan untuk mengobati orang yang mabuk akibat terlalu banyak mengkonsumsi alkohol. Caranya cukup mudah ambil 3 buah salam, setelah itu ditumbuk atau digiling hingga halus. setelah itu diperas. Air yang keluar dari hasil perasan buah salam bisa diminum untuk mengobati orang yang mabuk akibat terlalu banyak minum alkohol.

Baca Juga :   Hindari Duduk Terlalu Lama Untuk Jantung Yang Lebih Sehat

· Daun salam juga bisa digunakan untuk mengobati kencing manis. Caranya siapkan 10 lembar daun salam, kemudian siapkan sebanyak 800 cc lalu tambah dengan 30 gram garam. Rebus air yang sudah dicampuri dengan daun salam dan garam terebut hingga tersisa 400 cc air. Setelah mendidih, saring air tersebut. Kemudian dinginkan dan siap diminum. Obat ini bisa diminum dua kali dalam satu hari.

Jika anda menganggap daun salam berguna bagi kesehatan, maka dari sekarang juga anda bisa mengolahnya menjadi obat-obatan herbal. Mengingat begitu banyak manfaat daun salam ini, tidak ada salahnya jika anda mencobanya.

Comments

comments

Leave a Reply