khasiat dan manfaat daun bandotan

khasiat dan manfaat daun bandotan

Bandotan-300x300Khasiat dan manfaat daun bandotan – Obat tradisional – Tanaman bandotan jenis tanaman dari suku Asteraceae dan berasal dari Amerika tropis, dan memiliki nama latin yaitu Ageratum conyzoides. Tanaman bandotan tumbuh tegah dengan tinggi sekitar 40-90 cm, serta bercabang.

Tanaman bandotan adalah tanaman liar, biasanya tumbuh diperkarangan rumah, tepi jalan, ataupun disekitar tepi sungai, namun taukah anda bahwa daun bandotan juga memiliki manfaat, khususnya dalam bidang kesehatan, kandungan yang terdapat didalam daun bandotan sangat efektif untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Baca juga pembahasan yang sebelumnya tentang obat alami menghilangkan jerawat

Khasiat dan manfaat daun bandotan
Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat daun bandotan, yaitu :

  1. Sakit tenggorokan
  2. Cara pertama siapkan daun bandotan sebanyak 30-60 gram yang masih segar, setelah dicuci sampai bersih tumbuk sampai lumat, kemudian tambahkan air bersih 1 gelas, aduk-aduk kemudian peras ambil airnya, tambahkan gula batu secukupnya, aduk sampai gula larut. Minum tiga kali sehari.

  3. Obat rematik
  4. Siapkan daun bandotan segar yang masih muda segenggam, setelah dicuci sampai bersih tambahkan sekepal nasi basi dan setengah sendok garam, kemudian kesemua bahan ditumbuk sampai handur, kemudian balurkan pada bagian tubuh yang mengalami sakit dan biarkan selama 1-2 jam. Lakukan terapi ini dengan rutin 2-3 kali sehari.

  5. Radang telinga
  6. Siapkan daun dan batang bandotan secukupnya, tumbuk sampai halus lalu peras ambil airnya. Lalu teteskan pada telinga 1-2 tetes. Lakukan terapi ini dengan rutin empat kali sehari.

  7. Obat malaria
  8. Siapkan daun bandotan yang sudah kering 15-30 gram, kemudian rebus dengan dua gelas air sampai airnya berkurang menjadi setengahnya. Setelah dingin saring ambil airnya, kemudian minum dua kali sehari.

  9. Obat luka
  10. Ambil beberapa lembar daun bandotan segar, cuci sampai bersih lalu tumbuk sampai lumat, langkah selanjutnya balurkan pada bagian tubuh yang mengalami luka, supaya tidak mudah lepas bungkus menggunakan kain atau perban.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang khasiat dan manfaat daun bandotan untuk kesehatan, semoga pembahasan ini bermanfaat dan dapat membantu masalah kesehatan kita semua. “salam sehat”

Untuk anda yang muslim sebaiknya membaca Basmallah sebelum melakukan terapi diatas

Comments

comments

Baca Juga :   Manfaat Buah Semangka

Leave a Reply