Khasiat dan Manfaat Bawang Putih

Khasiat bawang putih tidak hanya bisa digunakan untuk memperlezat masakan tapi juga menjadi obat bagi beragam penyakit. Bawang yang termasuk ke dalam family Liliacea dan berasal dari Asia tengah tinggi ini memiliki nama latin Allium sativum.

Jika Anda ingin mendapatkan khasiat bawang putih, pilihlah bawang putih yang berkualitas dengan ciri – ciri seperti tidak rusak dan tidak bertunas, tidak memiliki noda hitam, tidak lunak, dan umbinya penuh. Aneka khasiat bawang putih tersebut akan kami ulas secara lengkap pada postingan kali ini. Silahkan disimak!

Khasiat Bawang putih – Aneka Khasiat Bawang putih untuk Kesehatan Tubuh Anda

Khasiat Bawang Putih

Khasiat bawang putih sangat banyak dikarenakan kandungan Fe, mineral Ca, K, dan P, vitamin B dan C nya yang lebih tinggi dibanding jenis bawang lainnya. Di bawah ini tidak hanya mengenai beberapa khasiat bawang putih namun juga cara menggunakannya sehingga khasiat bawang putih tersebut bisa Anda dapatkan. Berikut beberapa khasiat bawang putih dan cara menggunakannya:

– BATUK

Atasi batuk dengan membuat ramuan bawang putih dan belimbing manis. Caranya ambil 1 siung bawang putih dan memblendernya dengan 2 sendok madu, air secukupnya, serta buah belimbing manis. Aduk sebelum diminum.

– DARAH TINGGI (HIPERTENSI)

Bawang putih juga dapat membantu mengatasi darah tinggi. Anda cukup mengukus 1 siung bawang putih, 5 gram jamur hioko (rendam jamur terlebih dahulu), 1 buah pisang sampai matang. Kemudian, blender bawang putih, 2 sendok makan madu, air secukupnya, jamur hioko dan pisang tadi. Minum segera ramuan tersebut.

– MIGRAIN

Migrain bisa menyerang siapa saja. Oleh karenanya, Anda perlu memahami cara mendapatkan khasiat bawang putih untuk mengatasi migraine. Caranya, blender 2 batang daun bawang putih, air secukupnya, 5 buah manggis dagingnya saja, dan 15 gram jahe. Setelah itu, minum ramuan tersebut.

Baca Juga :   Teryata daun pare memiliki khasiat untuk payudara yang cantik kencang, dan montok

– BERI-BERI

Jika Anda mengalami beri – beri, segera konsumsi ramuan bawang putih dengan cara memblender 1 siung bawang putih, air secukupnya, 100 gram anggur dan 50 gram pepya matang. Langsung minum dengan segera ramuan ini.

– REMATIK

Atasi rematik dengan khasiat bawang putih yang dibuat sebagai ramuan. Caranya, blender 15 gram akar bawang putih, air secukupnya, 1 buah mengkudu, dan 5 butir cengkih. Ramuan ini tidak perlu direbus, melainkan bisa langsung diminum.

– INFLUENZA

Untuk mengatasi flu, Anda hanya perlu membuat ramuan dengan cara memblender 2 batang daun bawang putih, air secukupnya, 2 buah mengkudu dan 10 gram jahe yang semuanya sudah dibersihkan dan dipotong kecil terlebih dahulu. Kemudian rebus bahan tersebut sampai mendidih minum ramuan tersebut saat masih hangat.

– BORNCHITIS

Selain batuk dan influenza, Anda bisa juga memanfaatkan khasiat bawang putih untuk mengatasi penyakit yang berkaitan dengan paru – paru lainnya seperti bronchitis. Buat ramuan dengan cara memblender 1 Siung bawang putih, air secukupnya, 3 buah mengkudu, serta 15 gram jahe. Rebus cairan tersebut kemudian angkat dan dinginkan. Campurkan dengan sedikit madu dan aduk sebelum diminum. Minum ramuan ini dengan rutin.

Itu lah aneka cara memanfaatkan khasiat bawang putih dengan efektif. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda dan kesehatan Anda. Masih banyak lagi khasiat bawang putih lainnya yang belum sempat kami ulas pada postingan ini seperti misalnya sebagai obat asma, sinusitis, dan lain sebagainya.

Comments

comments

Leave a Reply