Daun mangkokan Khasiat dan manfaatnya

IMG_3023Khasiat dan manfaat daun mangkokan – Obat tradisional – Daun mangkokan memiliki nama latin Nothopanax scutellarium, daun mangkokan termasuk jenis tanaman liar biasanya tumbuh ditepi sawah, pinggiran kali atau dijadikan sebagai tanaman pagar, daun mangkokan memiliki warna daun hijau dengan bentuk seperti mangkok sehingga banyak yang menyebutnya dengan nama daun mangkok.

Daun mangkok selain sebagai tanaman liar juga memiliki manfaat, untuk beberapa daerah biasanya memanfaatkan daun mangkokan yang masih mudah sebagai lalapan atau bahan campuran dalam masakan gulai, yang enak dan nikmat. Selain dari itu semua daun mangkokan juga ternyata dapat kita manfaatkan untuk kesehatan, kandungan yang terdapat didalam daun mangkokan efektif untuk membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan yang sedang kita derita. Baca juga pembahasan yang sebelumnya tentang obat jerawat alami

Khasiat dan manfaat daun mangkokan
Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat daun mangkokan untuk kesehatan, yaitu :

  1. Menyuburkan/mencegah rambut rontok
  2. Siapkan beberapa lembar daun mangkokan yang sudah tua dan masih segar, cuci sampai bersih lalu tumbuk sampai halus, tambahkan minyak kelapa secukupnya, kemudian peras ambil airnya, lalu gunakan air ramuan untuk mengolesi rambut sampai rata dan biarkan sampai kering, baru kemudian cuci sampai bersih, untuk hasil yang maksimal lalukan dengan rutin.

  3. Obat luka
  4. Ambil beberapa lembar daun mangkokan yang masih segar, cuci bersih lalu tumbuk sampai lumat, kemudian balurkan pada bagian tubuh yang luka, supaya tidak mudah lepas bungkus dengan kain atau perban, lakukan terapi ini sampai luka sembuh

  5. Obat radang payudara
  6. Masalah radang payudara sering dialami oleh ibu menyusui, untuk anda yang mengalami hal tersebut cobalah untuk memanfaatkan daun sendokan yang dipadukan dengan beberapa bahan lain. Daun sendokan secukupnya (sudah tua dan segar), kunyit satu jari kedua bahan tersebut haluskan kemudian tambahkan minyak kelapa sedikit, panaskan pada bara api. Panas-panas kuku, oleskan ramuan pada payudara yang mengalami radang, lakukan terapi ini dengan rutin sampai radang payudara yang anda alami sembuh.

  7. Memperlancar buang air kecil
  8. Siapkan daun mangkokan yang sudah tua dan segar beberapa lembar, setelah dicuci bersih rendam dalam air panas selama beberapa menit, lalu gunakan air rendaman daun mangkokan untuk untuk mengkompres perut dan bagian bawahnya.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang khasiat dan manfaat daun mangkokan untuk kesehatan, semoga pembahasan ini bermanfaat dan dapat membantu mengatasi masalah kesehatan yang sedang anda alami. “Salam sehat”

Untuk anda yang muslim sebaiknya membaca Basmallah sebelum melakukan terapi diatas

Comments

comments

Baca Juga :   6 Rutinitas Sederhana Untuk Memulai Hidup Sehat

Leave a Reply