Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Kesuburan Wanita

Kesuburan Wanita

Kesuburan wanita – Pada dasarnya, seiring dengan bertambahnya usia pada diri manusia, semakin menurunlah tingkat kesuburan yang ada dalam diri manusia. Menurunnya tingkat kesuburan pada manusia tidak hanya terjadi pada pria tetapi juga pada wanita yang pada dasarnya memiliki waktu kesuburan tersendiri. Akan tetapi, gaya hidup yang dijalani oleh para wanita serta factor-faktor lainnya pun dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita serta mempengaruhi peluang untuk mempunyai bayi yang sehat bagi para calon ibu. Pada umumnya, wanita tidak tahu apa yang harus mereka lakukan atau hal-hal yang harus mereka waspadai untuk meningkatkan peluang bagi mereka untuk bisa cepat hamil. Karena pentingnya hal tersebut, artikel kali ini akan membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita yang pertama adalah obesitas. Wanita yang memiliki berat badan berlebih atau yang sering disebut dengan obesitas memiliki peluang yang sangat kecil untuk mampu memiliki keturunan. Hal ini dikarenakan kenaikan berat badan pada seorang wanita dapat mempengaruhi pertumbuhan hormon atau hormone yang diproduksi oleh tubuh yang menyebabkan wanita tersebut sulit hamil. Sebuah penelitian di tahun 2009 mengemukakan hasil studinya bahwa wanita yang mempunyai masalah berat badan atau obesitas pada usia 18 tahun akan lebih mengembangkan sindrom ovarium polikistik serta akan memiliki suatu masalah terhadap infertilitas pada tubuh.

Terlalu kurus merupakan salah satu dari faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita. Sebuah study yang dilakukan oleh para ahli kampus terkenal di dunia Harvard University menyatakan bahwa wanita yang memiliki masa tubuh yang rendah berarti mereka kekurangan leptin. Nah, wanita yang kekurangan leptin ini akan memiliki masalah pada periode menstruasi yang membuat kesuburan wanita tersebut rendah.

Baca Juga :   Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami

Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita yang lainnya juga dapat dipengaruhi oleh bahan kimia yang berasal dari produk rumah tangga. Sebuah studi dari Environment Health Perspectives yang di keluarkan pada tahun 2013 silam menyatakan bahwa paparan peptisida, polutan serta senyawa industri dapat menurunkan kemampuan para pasangan untuk memiliki keturunan hingga 29 persen.

Selain faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita yang telah dipaparkan di atas, merokok juga merupakan salah satu faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita. Pada dasarnya merokok sangat tidak baik bagi tubuh. Merokok juga dapat mengganggu perkembangan janin dalam tubuh. Asapnya pun juga dapat mempengaruhi kesuburan atau kesempatan wanita untuk bisa hamil. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Society for Reproductive Medicine menyatakan bahwa 13 persen infertilitas disebabkan oleh asap rokok. Selain itu, asap rokok yang secara tidak sengaja dihirup dapat menyebabkan kerusakan DNA pada pria maupun wanita serta mengganggu pertumbuhan hormon.

Selain faktor-faktor yang mempengaruhikesuburan wanita yang telah dipaparkan di atas, konsumsi alcohol juga dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita.

Comments

comments

Leave a Reply