Mengatasi Flu Pada Balita

Anak dengan usia di bawah lima tahun (Balita) sangat rentan terhadap penyakit apapun terutama penyakit yang mudah menular. Flu adalah salah satu penyakit “langganan” balita. Sebagai orangtua, melihat buah hati tercinta merasakan flu tentu iba karena serangan flu ini membuat anak Anda sulit bernafas dan terganggu tidurnya. Flu kadang disertai demam, sakit tenggorokan, sakit kepala dan batuk. Kadang Anda buru-buru memberikan obat, padahal ada banyak cara yang alami untuk mengatasi flu pada balita. Berikut ini caranya:

  • Sinar matahari pagi
    Jika anak masih bayi, Anda bisa menjemur di bawah sinar matahari pagi yang hangat. Jika anak sudah bisa duduk atau berjalan, minta dia untuk berada di bawah sinar matahari sambil bermain selama 30 menit.
  • Berikan makanan kaya protein
    Mengatasi flu pada balita sebetulnya mudah karena penyembuhan flu sangat tergantung pada imunitas tubuh anak. Daya imunitas yang bagus akan mempercepat penyembuhan flu. Untuk membentuk sistem imunitas yang baik, berikan anak makanan yang banyak mengandung protein misalnya telur, sup ayam, ikan dan susu.
  • Yoghurt
    Pemberian yoghurt saat flu sangat bagus karena yoghurt mengandung probiotik yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak serta mencegah infeksi pernafasan seperti batuk.
  • Tidur yang cukup
    Tidur yang cukup merupakan salah satu cara mengatasi flu pada balita. Istirahat yang cukup sangat erat kaitannya dengan daya tahan tubuh seseorang. Jangan biarkan anak Anda bermain lama-lama saat pilek. Karena selain akan memperlama masa penyembuhan juga bisa menular virus flu pada teman-temannya.
  • Berikan cairan yang cukup
    Jika masih minum Air Susu Ibu (ASI) berikan lebih sering karena ASI sangat bagus untuk mempercepat penyembuhan flu pada bayi. Pada anak-anak yang sudah tidak minum ASI, berikan cairan lain seperi air putih, jus dan susu formula. Pemberian cairan yang cukup saat flu akan menjauhkan anak dari ancaman dehidrasi.
  • Bersihkan lendir anak
    Salah satu cara agar anak lebih nyaman saat flu adalah dengan membersihkan lendir yang keluar pada hidung atau ingusnya. Pada bayi, karena bayi belum bisa mengeluarkan lendirnya sendiri, Anda bisa membeli alat penyedot ingus di apotik terdekat. Jika anak sudah bisa mengeluarkan lendirnya sendiri, minta anak untuk mengeluarkan lendirnya saat hidung terasa penuh atau mampet.
Baca Juga :   Fungsi Antioksidan Bagi Kesehatan

Dengan beberapa cara mengatasi flu pada balita yang telah diulas diatas, semoga memberikan alternatif buat Anda menghadapi anak yang sedang sakit.

Comments

comments

Leave a Reply