Ketika Muncul Bercak Merah setelah Demam pada Bayi

Hari kamis minggu lalu uly telepon memberi kabar bahwa lex tiba-tiba demam. Suhu lex mulai naik sampai 38,4 °C. Pertolongan pertama sesuai anjuran dokter kami berikan parasetamol untuk menurunkan panas. Karena panas tidak kunjung turun maka saya pulang kantor agak cepat dan kami segera ke dokter. Dokter melihat tenggorokan lex agak merah, jadi kami pulang dengan 1 obat puyer dan 1 obat sirup untuk mengobati radang tenggorokan.

Besoknya ternyata panas lex kembali naik hingga diatas 39 °C. Kali ini uly menghubungi dokter lewat telepon dan dianjurkan menggunakan ibuprofen menggantikan parasetamol sebagai penurun demam. Panas lex pun berangsur turun.

Hari ketiga, paginya lex masih agak hangat. Untungnya hari sabtu, jadi aku bisa ikut jaga lex seharian. Sorenya kami mulai lebih tenang karena panas lex semakin turun.

Hari minggu sepertinya lex sudah normal kembali. Tapi anehnya hari senin pagi tiba-tiba saja mulai keluar bercak atau bintik merah pada lex. Bintik itu di beberapa tempat terlihat banyak. Aku berangkat kerja sambil meminta uly terus memantau kondisi lex. Siangnya uly telepon lagi dokter karena bercak merah tersebut terus menyebar. Dokter sepertinya tenang dan tidak khawatir. Menurutnya bercak itu ialah dampak dari demamnya kemarin, jadi selama suhu tubuh normal dokter tidak menganjurkan kami untuk periksa.

Karena tetap tidak tenang hari itu saya juga pulang cepat, tapi mengingat dokter mengatakan tidak perlu periksa saya mencoba mencari-cari informasi di internet. Ternyata saya menemukan informasi mengenai penyakit Roselia Infantum, yang di sebabkan oleh virus dan umumnya menyerang bayi pada usia 6 bulan – 2 tahun. Gejalanya ialah demam tinggi selama beberapa hari, kemudian timbul bercak merah pada saat demamnya hilang, persis seperti yang lex alami. Bercak merah itu tidak gatal dan juga tidak menggangu bagi bayi, tapi pengaruh lain bayi mungkin akan menjadi sedikit rewel, mudah capek dan hilang nafsu makan.

Baca Juga :   Tips Bunda Pintar Mencegah Penyakit kulit pada bayi

Tidak ada pengobatan khusus yang dianjurkan, cukup banyak istirahat dan jangan sampai kurang minum. Bercak merah itu akan hilang dengan sendirinya dalam 1 atau 2 hari. Pada hari rabu (masuk hari ketiga sejak bercak merah mulai keluar) lex sudah benar2 pulih dan sudah tidak ada lagi bercak merah. Sekarang lex sudah aktif kembali bermain (^_^)

#Sumber : http://blog.sahat-tambunan.com/2009/08/13/bercak-bintik-merah-pada-bayi-setelah-demam/

Comments

comments

Leave a Reply