Cara Merawat Kesehatan Bayi Dengan Mudah

Cara menambah berat badan bayi

Cara Merwat Bayi

Cara merawat kesehatan bayi – Setiap keluarga pasti mendambakan buah hati yang tumbuh berkembang secara sehat. Selain memiliki kasih dan sayang untuk sang bayi, ibu sebaiknya menambah wawasan tentang perawatan untung sang buah hati. Dibawah ini cara merawat kesehatan bayi yang dapat anda aplikasikan:

1. Menjemur bayi di pagi hari. Waktu yang tepat untuk menghangatkan buah hati dibawah matahari adalah sebelum pukul 8 pagi hari. Lamanya anda menjemur bayi hanya 10-15 menit saja, dan lakukan satu minggu berapa kali tidak usah setiap hari. Manfaat dari berjemur dipagi hari bagi bayi adalah bilirubin akan dapat diuraikan jadi senyawa yang telah larut pada air sehingga di ekskresikan melalui urin.

2. jangan memandikan bayi dengan air dingin. Mandikan buah hati anda sebentar memakai air hangat kemuadian hangatkan badannya dengan memberinya minyak telon.

3. Muntah sesudah makan. Saat kondisi ini dapat diakibatkan dari masuknya udara diwaktu bayi sedang makan ataupun minum,Dapat terjadi juga akibat dari gurita yang anda pakaikan terlalu sesak, serta posisi yang salah diwaktu bayi sedang makan. Buatlah bayi anda mengeluarkan sendawanya sesudah makan ataupun minum.

4. Menggendong bayi. Hindari terlalu sering menggendong bayi, karena berakibat sulitnya bayi mengatur emosinya. Dan kebiasaan ini dapat menjadikan bayi yang sudah dewasa malas belajar berjalan atau berjalan sendiri. Jadi, sebagai orang tua harus pandai-pandai mengubah-ubah gerakan anda dalam menggendong. Anda dapat mengayunkannya, mengangkat anak tinggi-tinggi dan yang lainnya.

5. Mengempeng. Kebanyakan orang berpendapat jika kebiasaan bayi mengempeng merupakan kebiasaan yang umum dilakukan anak bayi. Tetapi waspadalah apabila bayi yang berusia 2th masih suka mengempeng. Selain mengempeng mungkin menghisap bagian ibu jari, ini dapat disimpulkan bahwa bayi anda sedang menderita masalah psikologis. Sehingga anda diharuskan untuk pandai-pandai mengalihkan perhatian anak agar lupa dengan kebiasaannya mengempeng.

Baca Juga :   Konsumsi Antibiotik Sebelum Usia 2 Tahun Berisiko Obesitas

6. Bayi berkeringat. Ada mitos bahwa anak yang mengeluarkan keringat merupakan anak yang sehat. Mitos ini tidak sepenuhnya benar, karena keringat yang terlalu banyak bisa diakibatkan dari sang anak yang sedang menderita gangguan, misalnya sedikitnya kadar gula, cara kerja kelenjar gondok yang berlebihan, kelebihan berat tubuh,serta mengalami stres.

7. Vitamin untuk balita. Pemberian vitamin dianjurkan untuk bayi yang pola makannya kurang baik. Berikan vitamin kepada anak sesuai dengan kebutuhan atau melalui saran dokter. Dapat berupa vitamin untuk penambah zat besi dan penambah selera makan.

Untuk seorang ibu yang punya buah hati yang baru lahir dan masih prtama kali, biasa jika kadang agak gugup dan sedikit bingung menjaga dan merawat anak pertama mereka. Tetapi lambat laun, seorang ibu akan terbiasa dan tidak akan menghadapi masalah. Demikian artikel terkait cara merawat kesehatan bayi

Comments

comments

Leave a Reply