Cara Ampuh Menambah Berat Badan Bayi

Cara menambah berat badan bayi – Salah satu faktor yang dapat menambah berat badan bayi adalah faktor keturunan, nutrisi yang diberi saat dalam masa kehamilan, serta kesehatan sang ibu saat mengandung. Jangan khawatir jika berat badan bayi semasa di perut masih terbilang rendah, yang penting adalah berat badan bayi yang sudah dilahirkan. Bayi yang kurus dapat disebabkan beberapa hal berikut:

  1. Kurang seimbangnya asupan nutrisi bayi, disini ibu sangat berperan besar karena ibu harus memberikan ASI yang tepat. Dan ibu harus memberikan nutrisi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dari gizi sang bayi.
  2. Bayi anda telah memasuki masa pertumbuhan tinggi badan. Hingga aktivitas aktifnya serta geraknya yang lincah mengakibatkan turunnya berat badannya tetapi masih tahap yang wajar.
  3. Bayi anda sedang mengalami gangguan kesehatan, misalnya terganggu masalah pencernaan atau diare menjadikan bayi anda berkurang selera makannya sehingga mengakibatkan berat badannya turun.

Selain itu dibawah ini Cara menambah berat badan bayi:

  • Asupan asi berkualitas. Bagi bayi yang berumur 6 bulan kebawah, pemberian asi yang berkualitas sangat dianjurkan. Asi ini dapat dihasilkan dari ibu menyusui yang mengkonsumsi nutrisi yang lengkap dan jangan sampai anda mengalami tekanan yang dapat membuat stres anda yang dapat mengurangi kuantitas serta kualitas asi yang dihasilkan.
  • Si kecil sudah mendapatkan asupan nutrisi sesuai anjuran tapi masih berbobot dibawah angka normal? Sesuai pendapat pakar kesehatan khusus anak, apabila telah diberikan asupan nutrisi sempurna, serta imbang, maka berat badannya dan tumbuh tinggi badannya akan idal seperti pola yang tertera dalam (KMS) Kartu menuju sehat.
  • Jika buah hati bunda dinilai masih terlalu kurus, lakukan cek lagi terkait kebutuhan ideal untuk asupan dari nutrisi sehari-hari. Dan terkadang anak yang gampang cacingan sulit badannya dapat bobot secara ideal.
  • Buatlah Jus untuk menaikan berat badan anak balita
Baca Juga :   Konsumsi Antibiotik Sebelum Usia 2 Tahun Berisiko Obesitas

Kebutuhan yang diperlukan untuk anak usia 1-5th sebagai berikut: energinya = 1000 sampai 1400 kilo kalori, kalsiumnya = 500 mili gram, proteinnya = 25g, zat besinya 8 mili gram.

Nutrisi yang dibutuhkan diatas dapat diperoleh dari asupan buah-buahan, telur, nasi, sayuran, susu, daging,. Sebagai jalan pintas, anda dapat mencampur buah serta sayur untuk dibuat jus. Dengan campuran bahan yang pas, pasti akan disenangi oleh anak karena rasa yang segar dan enak. Salah satu jus yang dapat anda buat adalah jus kurma campur alpukat caranya adalah campur keduanya ditambah susu setelah itu blender secara halus berikan sirup dari gula merah dan aduk. Jus ini mengandung321,9 kilo kalori, 50,05 g karbohidrat, 11,19 g lemak, proteinnya 3,28g, jus ini juga banyak mengandung kalsium, vitamin A, Fosfor dan zat besi. Demikian artikel terkait Cara menambah berat badan bayi. Semoga bermanfaat.

Comments

comments

Leave a Reply