Tips menjaga kesehatan jantung

menjaga kesehatan jantungJantung merupakan salah satu organ yang paling vital dalam tubuh manusia. Jika jantung tidak ada atau tidak berfungsi, maka manusia akan mati. Tugas jantung adalah memompa darah yang membawa nutrisi makanan dan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan demikian, setiap sel-sel di dalam tubuh bisa mendapatkan distribusi nutrisi dan oksigen yang masuk melalu makanan dan nafas lewat paru-paru.

Banyak sekali masalah yang bisa terjadi pada jantung. Beberapa di antaranya adalah lemah jantung, aritmia, serangan jantung, jantung bocor dan gagal jantung. Pada kondisi yang parah, seseorang bisa mengalami kerusakan jantung parah akut akibat serangan jantung dan menyebabkan kematian. Ada juga kondisi medis lain pada jantung yang mengharuskan jantungnya dipasang ring bisa juga cangkok jantung.

Kesehatan jantung harus dijaga sedemikian rupa supaya tetap prima dalam mengemban tugasnya yang begitu berat. Inilah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menjaga kesehatan jantung :

  • Makanan sehat

Banyak sekali jenis makanan yang nikmat namun cukup berbahaya bagi kesehatan. Makanan berlemak tentunya mengundang selera, tetapi memakan makanan berlemak tinggi secara terus menerus dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, salah satunya penyakit jantung.

Perbanyaklah konsumsi sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan sebisa mungkin tidak mengkonsumsi junk food.

  • Olahraga

Tubuh yang kekurangan gerak fisik akan mengalami penurunan daya tahan. Daya tahan tubuh bisa dipertahankan dengan cara berolahraga secara teratur dan dalam porsi yang cukup. Dengan berolahraga, bisa memacu jantung bekerja dan menjadikan otot jantung menjadi lebih kuat. Selain itu, berat badan juga bisa lebih terkontrol dengan melakukan olahraga secara teratur, lemak bisa lebih cepat terbakar.

  • Hindari gaya hidup merugikan
Baca Juga :   Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan kolesterol Tinggi

Rokok adalah gaya hidup merugikan yang seringkali bahayanya dianggap remeh oleh kebanyakan orang. Kebiasaan merokok akan menyebabkan masalah yang serius pada jantung dalam jangka panjang. Selain rokok, alkohol juga buruk untuk dikonsumsi.

  • Tidur malam berkualitas

Tidur adalah kebutuhan bagi setiap orang. Tidur yang berkualitas akan meningkatkan kualitas kesehatan, termasuk kesehatan jantung. Kekurangan maupun kelebihan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk jantung. Pastikan anda tidur malam berkualitas dengan durasi yang cukup.

  • Pemeriksaan kesehatan

Banyak orang mengabaikan pemeriksaan kesehatan. Mereka merasa bahwa dirinya baik-baik saja, ketika mereka merasa sudah ada masalah barulah mereka melakukan pemeriksaan. Padahal, penyakit berbahaya bisa muncul tanpa diduga dan tanpa gejala. Jika penyakit yang diderita sudah dalam keadaan yang cukup parah, maka akan sangat rumit untuk melakukan pengobatannya.

Kita melihat di sekitar kita banyak sekali fenomena seseorang yang mengidap penyakit jantung. Hal ini dikarenakan seseorang tersebut tidak benar-benar menjaga kesehatannya.

Sebetulnya, untuk menjaga kesehatan jantung, seseorang hanya perlu melakukan hal-hal yang sederhana. Namun, hal sederhana ini terkadang dilupakan karena dirasa tidak terlalu perlu.

Hal yang sering diabaikan oleh hampir setiap orang adalah makanan sehat dan olahraga. Makanan sehat untuk tubuh sangat diperlukan karena mengandung lebih sedikit racun. Olahraga memang berat pada awalnya, namun jika konsisten akan menjadi lebih terbiasa.

Mulai semua pencegahan penyakit jantung dengan kebiasaan yang baik. Membiasakan dengan makanan-makanan yang penuh dengan nutrisi sehat seperti buah dan sayur. Lakukan olahraga secara konsisten dan teratur untuk memastikan setiap organ tubuh mempunyai kinerja dengan sangat baik karena dilatih dengan gerakan-gerakan fisik.

Comments

comments

Leave a Reply