Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Pada Saat Jam Kerja

tips-mengatasi-ngantuk-di-kantorTips Menghilangkan Rasa Kantuk Pada Saat Jam KerjaTerkadang rasa ngantuk muncul diwaktu yang kurang tepat yaitu pada saat kita bekerja. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada hasil kerja kita karena jika kita mengantuk pada saat kerja, maka konsentrasi kita juga pastinya akan berkurang. Bukan hanya itu, kita juga akan dinilai kurang profesional dalam bekerja. Penyebab dari ngantuk ketika kita bekerja biasanya karena begadang sampai larut malam sehingga waktu istirahat kita berkurang. Untuk itu sebaiknya atur waktu istirahat anda agar tidak mengganggu pada saat kerja.

Tubuh dan mata kita membutuhkan waktu istirahat kurang lebih 8 jam setiap harinya agar pada keesokan harinya kita dapat bekerja dengan maksimal. Namun terlalu lama kita istirahat atau tidur juga tidak baik karena akan membuat kita lemas dan kurang bergairah. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di universitas california menyatakan bahwa dengan berjalan kaki selama 10 menit dapat menambah energi kita untuk bekerja sebanyak 2 jam. Hal ini dikarenakan dengan berjalan kaki, maka tubuh akan memompa darah ke pembuluh darah, otak dan otot.

Kurangnya aktifitas gerak juga digadang-gadang sebagai pemicu timbulnya rasa ngantuk. Contohnya pada saat kita mengendarai mobil seringkali terjadi kecelakaan karena sopir yang mengendarainya mengantuk dan hal ini pastinya dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Nah, bagi anda yang sering mengantuk ketika jam kerja, kami akan berikan beberapa tips untuk menghilangkan rasa ngantuk pada saat jam kerja sebagai berikut :

Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Pada Saat Kerja

 

  • Konsumsi Kafein – Minuman yang banyak mengandung kafein seperti kopi dan teh atau minuman berenergi lainnya dapat meningkankan produksi adrenalin karena kafein dapat menghambat zat kimia yang mengakibatkan rasa kantuk itu muncul. Namun anda juga harus memperhatikan banyaknya kafein yang anda konsumsi karena tidak boleh terlalu banyak. Para ahli menganjurkan untuk mengkonsumsi kafein kurang lebih 200mg atau setara 3 cangkir kopi.
  • Ngemil – Terlalu banyak menguras otak tentunya akan membuat kita cepat lapar. Untuk itu luangkan waktu anda sejenak untuk sekedar ngemil atau makan makanan ringan untuk menghilangkan rasa kantuk. Mulut yang terus bergerak akan membuat otak tidak terlalu fokus pada apa yang dikerjakannya sehingga rasa ngantuk yang muncul juga akan cepat hilang.
  • Jalan-jalan Keluar – Bekerja diruangan yang bercahaya lampu dan ber AC membuat kita nyaman dan juga cepat ngantuk. Untuk mengatasi hal tersebut, berjalan-jalanlah sejenak keluar ruangan agar tidak penat dan pandangan bisa fress kembali karena telah melihat suasana baru diluar.
  • Mendengarkan Musik – Dengan mendengarkan musik, maka akan membuat mood kita untuk bekerja kembali semangat dan mengembalikan konsentrasi yang tadi hilang akibat ngantuk. Di negara tetangga seperti Taiwan, seseorang akan memiliki konsentrasi yang tinggi setelah mendengarkan musik ketika sebelum ujian berlangsung.
  • Bergerak – Duduk dengan waktu yang cukup lama tanpa bergerak pastinya akan menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa terutama bagi anda yang bekerjanya didepan komputer pasti sering mengalami hal ini. Usahakan anda untuk menggerakkan seluruh bagian tubuh anda agar aliran darah kembali lancar dan badan tidak terasa pegal akibat terlalu lama duduk.
  • Olahraga Pagi – Sebelum anda berangkat ke kantor, kami sarankan anda untuk berolahraga terlebih dahulu setiap pagi seperti lari-lari kecil akan membuat tubuh kita berkeringat dan badan menjadi lebih segar untuk beraktifitas.
Baca Juga :   Bahaya Terlalu Sering Minum Obat Tidur

Hal yang paling penting untuk mengatasi ngantuk adalah istirahat yang cukup. Karena dengan istirahat cukup, maka ketika bangun tubuh kita akan terasa lebih segar dan bugar tanpa ada rasa ngantuk. Demikian beberapa tips yang dapat kami berikan untuk anda semoga bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

Comments

comments

Leave a Reply