Tips Berhenti Merokok dengan Mudah

imagesTips Berhenti Merokok dengan MudahKebiasaan merokok bagi sebagian orang mungkin merupakan kebiasaan yang menyenangkan meskipun semua orang tahu bahwa rokok dapat mengganggu kesehatan namun masih banyak yang kurang memperdulikan hal tersebut. Biasanya seseorang akan berhenti merokok ketika mereka jatuh sakit baik yang berbahaya maupun tidak seperti batuk dan pilek. Namun kebiasaan tersebut akan kembali lagi setelah mereka sembuh dari sakitnya. Untuk berhenti merokok, langkah awal yang harus dilakukan adalah niat.

Jika kita sudah benar-benar niat dan memiliki tekad yang kuat untuk berhenti merokok, maka hal tersebut akan menjadi mudah. Tetapi jika dari segi niat saja anda tidak ada, maka jangan harap anda bisa berhenti merokok. Sebenarnya jika anda tidak merokok dalam jangka waktu 30 menit saja, maka anda pasti akan merasakan manfaatnya. Denyut nadi dan tekanan darah anda akan kembali normal dan jika anda tidak merokok selama tiga hari, maka nikotin yang masuk kedalam tubuh akan tidak terdeteksi lagi oleh darah.

Mulai sekarang cobalah anda menyibukkan diri dengan hal hal yang positif agar kebiasaan merokok sedikit demi sedikit bisa berkurang. Untuk berhenti merokok secara langsung memang sedikit susah terutama bagi para pecandu rokok. Tapi anda bisa menguranginya sedikit demi sedikit hingga anda benar-benar berhenti merokok. Disini kami akan sedikit membantu anda memberikan solusi bagaimana cara berhenti merokok dengan mudah dan silahkan anda baca infonya dibawah ini :

Tips Berhenti Merokok Dengan Mudah

  1. 1.      Kuatkan Niat dan Bulatkan Tekad. Hal apapun jika tidak didasarkan pada niat maka hasilnya akan nol. Bagi para pecandu rokok yang ingin berhenti merokok, bulatkan tekad anda terlebih dahulu dan hindari kebiasaan yang dapat membuat anda ingin merokok seperti ngopi, melamun, dll.

  2. 2.      Beritahu Bahwa Anda Berhenti Merokok. Ketika anda tengah bersama teman atau keluarga, sebisa mungkin anda beritahu mereka kalau anda tidak merokok dan mintalah mereka agar tidak merokok dihadapannya.

  3. 3.      Pola Hidup Yang Sehat. Belajarlah berpola hidup yang sehat seperti makan makanan yang banyak mengandung gizi dan vitamin. Dengan asupan gizi yang baik maka tubuh akan merasa segar dan dapat mempermudah masuknya hal-hal positif termasuk meninggalkan rokok.

  4. 4.      Jangan Simpan Rokok. Agar anda tidak tergoda untuk merokok, sebisa mungkin anda jangan menyimpan rokok dirumah apalagi membelinya. Karena walaupun kita tidak merokok, kadang niatan untuk merokok muncul karena kita memilikinya.

  5. 5.      Sibukkan Diri Anda. Dengan melakukan kesibukan setiap hari maka fikiran dan niatan anda untuk merokok jadi berkurang dan dengan begitu anda akan sedikit demi sedikit mengurangi kebiasaan merokok sampai akhirnya anda berhenti merokok.

  6. 6.      Minum Air Putih Lebih Banyak. Mengkonsumsi air putih dapat membuat racun rokok yang ada didalam tubuh larut dan keluar melalui air seni. Air putih memang sangat baik untuk kesehatan dan dapat membantu mengurangi kebiasaan merokok anda.

  7. 7.      Mengganti Rokok Dengan Yang Lain. Gantilah rokok anda dengan yang lain misalnya permen karet, coklat dll untuk mengurangi kebiasaan merokok.

  8. 8.      Pada Saat Batuk Atau Pilek. Pada saat anda sakit batuk atau pilek adalah masa-masa paling mudah untuk anda berhenti merokok. Biasanya ketika anda terkena batuk, maka dengan sendirinya anda akan mengurangi rokok bahkan menjauhi rokok. Hal tersebut bisa terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama yaitu sekitar 1 hingga 2 minggu sampai batuk benar-benar sembuh.

Silahkan anda terapkan cara-cara diatas untuk membantu anda berhenti merokok. Sering-seringlah membaca artikel tentang bahaya merokok agar anda memiliki rasa takut dan keingingan untuk berhenti merokok. Sekian dan Terimakasih.

Comments

comments

Baca Juga :   Nutrisi-Nutrisi Penting Untuk Balita

Leave a Reply