Tips Agar Anak Mau Konsumsi Makanan Sehat

664xauto-agar-anak-mau-makan-sayur-dan-buah-140215r

Tips Agar Anak Mau Konsumsi Makanan Sehat – Untuk menjaga kesehatan bayi agar tetap baik, maka diperlukan asupan gizi yang baik pula caranya yaitu dengan memberikan makanan yang sehat. Namun memberikan makanan sehat kepada bayi tidaklah semudah yang anda bayangkan. Tak jarang banyak ibu yang stres karena anaknya tidak mau makan. Untuk mengatasi masalah tersebut, seorang ibu harus memiliki inovasi tersendiri dalam menyajikan makanan agar terlihat menarik namun tetap memperhatikan gizi yang terdapat pada makanan tersebut.

Ketika bayi berusia hampir 6 bulan, maka sudah waktunya bayi mendapatkan makanan sebagai pengganti ASI seperti bubur susu dan sari buah. Namun tak jarang bayi akan menolak makanan tersebut karena bayi biasanya tidak suka makan makanan seperti sayur dan buah. Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh pada kesehatan bayi karena pada masa masa seperti ini merupakan masa dimana bayi tengah tumbuh kembang.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan bayi menjadi susah makan salah yaitu karena faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik yang dimaksud yaitu adanya gangguan pada organ pencernaan ataupun terdapat infeksi pada tubuh bayi tersebut. Sedangkan faktor psikologis yaitu meliputi suasana makan yang kurang menyenangkan sehingga bayi menjadi susah makan dan terlalu sering memaksa anak untuk memakan makanan yang tidak disukai. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar anak mau mengkonsumsi makanan sehat :

Tips Agar Anak Mau Konsumsi Makanan Sehat

  1. Buat Waktu Makan Yang Menyenangkan

Terkadang ibu sering melakukan hal hal yang seharunya tidak perlu untuk dilakukan seperti mengancam, menghukum dan menakut nakuti anak ketika anak tidak mau makan. Hal tersebut membuat anak menjadi tidak nyaman dan waktu makan menjadi tidak menyenangkan.

  1. Sajikan Makanan Dengan Menarik
Baca Juga :   Posisi Tidur Terlentang, Miring, Dan Tengkurap, Mana Yang Paling Baik?

Anak anak lebih suka dengan tampilan makanan yang menarik dan mengundang selera misalnya seperti nasi goreng telor ceplok yang dibuat seperti boneka agar dapat menarik minat anak untuk makan.

  1. Sajikan Makanan Dalam Porsi Kecil

Lambung yang dimiliki anak tidaklah sebesar lambung orang dewasa. Berikan porsi makan yang sedikit demi sedikit karena terkadang anak malas makan karena porsinya terlalu banyak.

  1. Libatkan Anak Dalam Menyiapkan Makanan

Ketika anda hendak menyiapkan makanan untuk anak, alangkah baiknya anda harus membawa sikecil mulai dari saat belanja sampai memasak. Dengan cara ini, anak akan merasa penasaran dengan masakan yang telah dibuat sehingga anak menjadi lebih bernapsu untuk makan.

  1. Batasi Pemberian Minum Disela-sela Makan

Minuman seperti jus memang sangat menyegarkan, tetapi jika anda terlalu banyak minum ketika makan akan membuat akan lebih cepat kenyang. Untuk itu biasakan makan terlebih dahulu setelah selesai makan baru anda beri minum.

  1. Berikan Cemilan Sehat

Cemilan sehat seperti bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, dan makanan sehat lainnya.

  1. Perkenalkan Makanan Baru Setiap Minggu

Anak akan cepat merasa bosan jika makanan yang ia makan hanya itu itu saja. Alangkah baiknya jika anda memberikan inovasi baru dalam menyajikan makanan contohnya buat makanan yang belum pernah anak anda makan namun harus tetap memperhatikan gizi yang terdapat didalamnya.

Kebutuhan gizi seorang anak sangatlah penting bagi kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan anak. Untuk itu pandai pandailah anda mengatur sajian makanan untuk anak anda agar anak tidak merasa bosan bahkan cenderung tidak mau makan. Sekian dan Terimakasih.

Comments

comments

Leave a Reply