Perut Kembung? Atasi Dengan Konsumsilah Makanan-Makanan Ini

perut-kembungSebagian besar orang pernah mengalami kembung. Banyak hal yang menyebabkan perut terasa kembung, salah satunya adalah makanan terutama junk food dan makanan-makanan yang mengandung banyak gula.

Makanan Pencegah Perut Kembung

“Gula bisa membuat bakteri di usus ikut mengonsumsinya (gula). Saat dicerna, maka akan menghasilkan gas dengan jumlah yang tinggi,” ujar Kristi King, juru bicara Academy of Nutrition and Diabetics. Untuk menghindari kembung, anda disarankan untuk memilih dan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, adapun diantaranya adalah :

Buah dan sayuran
Keduanya mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Serat juga berperan dalam membuat peregerakan usus jadi lebih teratur. Namun ada beberapa sayuran yang mengandung karbohidrat raffinose dan sulfur seperti kecambah, brokoli, dan kol, di mana sayuran-sayuran tersebut bisa membuat perut anda menjadi kembung.

Gandum dan beras merah
Gandum dan beras merah juga mempunyai kadar serat yang tinggi, sehingga makanan ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan, yang pada akhirnya akan mencegah perut kembung, sembelit, gangguan pencernaan, dan bahkan menurunkan kadar kolesterol.

Pisang
Buah pisang termasuk salah satu makanan yang baik untuk pencernaan anda karena tidak menimbulkan iritasi di lambung. Buah pisang mengandung magnesium dan kalium yang bermanfaat dalam mencegah perut kembung. Selain itu pisang juga bisa menurunkan kadar sodium di dalam lambung.
Air
Minum cukup air putih dapat memperlancar perjalanan makanan menuju organ pencernaan anda. Selain itu, salah satu penyebab terjadinya kembung adalah kurangnya asupan air. Minum beberapa gelas air putih dapat membantu menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh.

Jahe
Jahe dan rempah-rempah lainnya seperti peppermint bisa membantu meredakan perut kembung. Air rebusannya dapat membuat perut terasa lebih nyaman.

Baca Juga :   Bagaimana menjaga kesehatan paru-paru secara sederhana

Makanan dengan prebiotik
Kacang lentil, bawang merah, dan asparagus mengandung serat yang bermanfaat bagi ‘bakteri baik’ di saluran pencernaan, yang pada akhirnya membantu menjaga kesehatan pencernaan anda.

Makanan dengan probiotik
Makanan probiotik mengandung bakteri baik yang dapat membantu kesehatan sistem pencernaan anda. Potongan buah yang dikombinasikan dengan yogurt bisa menjadi camilan sehat dan nikmat untuk dikonsumsi.

Comments

comments

Leave a Reply