Penyebab Terjadi Mimisan dan Cara Mengatasinya

Mimisan seringkali terjadi pada balita, anak-anak dan orang dewasa. Penyebab mimisan atau epistaksin adalah perubaha cuaca yang terjadi secara tiba-tiba. Mimisan atau pendarahan pada hidung ini kerap kali terjadi karena lepasnya mukosa yaitu selaput atau pembuluh darah tipis pada hidung. Untuk lebih lengkap tentang penyebab mimisan dan cara mengatasi mimisan baca terus artikel kami berikut ini.

penyebab mimisan

Penyebab Terjadinya Mimisan pada Hidung

1. Ada perubahan cuaca ekstrem
Biasanya pada cuaca panas yaitu dimana kelembaban mulai berkurang sehingga terjadinya pengeringan bagian setrum, Keadaan seperti ini bisa mengakibatkan iritasi dan akhirnya terjadi pendarahan.

2. Adanya tumor
Pendarahan pada hidung atau mimisan juga bisa terjadi karena penyakit lain seperti adanya tumor dalam rongga hidung. Biasanya tumor ini berkembang sebesar biji nangka dan berwarna kemerahan. Ketika tumor ini mulai bereaksi maka akan menyebabkan terjadinya pendarahan, biasanya diderita oleh anak-anak dan orang dewasa.

3. Karena adanya demam berdarah
Dalam situasi infeksi sistemik seperti demam berdarah mimisan juga bisa terjadi. Demam berdarah yang disertai dengan mimisan ini sangat berbahaya dan anak harus mendapatkan perawatan intensif. Tingkat bahaya dan tidaknya mimisan pada hidung ini sangat tergantung pada penyebab terjadinya mimisan. Kalau mimisan ini terjadi karena demam berdarah maka ini menjadi rambu bahwa kesehatan seseorang sangat berbahaya, karena keadaan ini adalah stadium berat dalam demam berdarah.

Itulah beberapa penyebab terjadinya mimisan. Mungkin sebagian kita menganggap bahwa mimisan adalah penyakit biasa saja, tetapi perlu di ingat bahwa penyakit ini juga bisa berakibat fatal kalau terus menerus terjadi, untuk lebih jelas tentang penyakit anda sebaiknya anda menghubungi dokter.

Berikut kita lihat bagaimana mengatasi mimisan yang terjadi pada hidung. Perhatikan baik-baik, semoga saja bermanfaat.

Baca Juga :   Beberapa Tips Alami Atasi Mata Minus

Cara Mengatasi Mimisan

  1. Kalau anda menderita mimisan, maka dudklah dengan tegah agar hidung dalam keadaan lebih tinggi dibandingkan dengan jantung. Jangan coba-coba untuk tidur karena kondisi bisa membuat darah keluar dengan derasnya.
  2. Jadikan tubuh anda bengkok sedikit kedepan, dan mulailah bernafas dengan mulut agar darah tidak teransang untuk keluar.
  3. Coba tekan cuping hidung selama 5 menit dan lihat apakah darah masih keluar.
  4. Kompres hidung dengan handuk kecil dingin, atau beri es untuk melembabkan hidung sehingga aliran darah berkurang
  5. Setelah menekan cuping hidung 5 menit dan darah masih mengalir, maka coba tekan lagi cuping hidung selama 10 menit
  6. Kalau darah berlanjut dan belum berhenti, maka bawalah anak anda kedokter terdekat.

Semoga saja artikel penyebab mimisan dan tips mengatasi mimisan ini bermanfaat, ini sangat penting, minimal sebagai pertolongan pertama yang perlu kita berikan pada korban atau penderita hidung berdarah.

Comments

comments

Leave a Reply