Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Balita

Nutrisi-Bayi

Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan BalitaTumbuh kembang bayi atau balita tentunya tidak luput dari asupan nutrisi dan gizi yang ia makan. Jika kurang memperhatikan asupan nutrisi, maka akan beresiko balita mengalami kekurangan gizi dan ini dapat menghampat pertumbuhan dan perkembangan balita. Untuk itu, seorang ibu harus benar-benar memperhatikan jenis makanan balitanya apakah memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh anak atau tidak.

Pemenuhan gizi dan nutrisi merupakan hal yang wajib agar anak dapat tumbuh dengan baik dan memiliki otak yang cerdas. Masa-masa yang paling baik untuk memberikan nutrisi adalah ketika anak berumur 5tahun pertama karena pada masa-masa itulah yang menentukan apakah balita dapat tumbuh dan berkembang baik atau tidak. Jika balita memiliki asupan nutrisi yang baik, maka ia akan tumbuh menjadi orang yang pintar dan sehat. Namun jika pada masa itu balita mengalami kekurangan nutrisi, maka akan berpengaruh pada pertumbuhan balita, kurangnya berat badan dan terhambatnya perkembangan fisik dan kognitif balita.

Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan seorang balita adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Pastinya jika anak mendapatkan asupan gizi tersebut, maka ia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Sebenarnya kebutuhan tersebut sudah ada pada seorang ibu yaitu dengan memberikan ASI. Pemberian ASI sangatlah baik bagi balita karena sudah memenuhi semua asupan gizi yang telah kami sebutkan diatas. Namun ada juga asupan nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan balita diantaranya adalah :

Nutrisi Penting Untuk Tumbuh Kembang Balita

  • Kalium – Menurut penelitian yang dilakukan para ahli diet (Sarah Krieger), Nutrisi merupakan nutrisi yang dapat mengontrol tekanan darah baik untuk seorang balita maupun orang dewasa. Namun terkadang banyak ibu yang kurang tahu akan hal tersebut. Kalium juga dapat mengurangi resiko obesitas atau kelebihan berat badan. Makanan yang mengandung kalium contohnya seperti pisang, kacang polong, brokoli, kentang, semangkan melon, dan strawberry.

  • Kalsium – Asupan kalsium dapat memaksimalkan pertumbuhan tulang dan kerangka balita. Didalam tubuh, kalsium juga diperlukan untuk fungsi otot, detak jantung, dan pembekuan darah. Ini sebabnya kenapa seorang balita sangat membutuhkan asupan kalsium yang cukup yaitu agar tubuh dapat mengambil kalsium yang diperlukan dari tulang untuk menjaga kadar dalam darah. Berapa kadar kalsium yang dibutuhkan oleh seorang balita? Balita pada usia 1-3 tahun membutuhkan asupan kalsium sebanyak 500 mg dan untuk usia 4-8 tahun asupan kalsium harus ditambah menjadi 800mg. Kalsium banyak terdapat pada sayuran dan susu.

  • Protein – Agar sel-sel baru dapat terbentuk dan proses pertumbuhan balita dapat berlangsung dengan baik serta untuk perkembangan otak anak, kebutuhan protein sangat diperlukan terutama pada saat balita berusia 6 sampai 24 bulan yaitu sebanyak 20 gram.

  • Yodium – Yodium sangat berperan baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh balita agar tidak mengalami masalah seperti ukuran tubuh yang tidak seimbang atau kerdil. Selain itu yoduim juga untuk proses metabolisme tubuh yaitu mengubah zat karoten menjadi vitamin A.

  • Serat – Selain orang dewasa, anak-anak atau balita juga membutuhkan serat terutama untuk mencegah konstipasi dan agar kebutuhan vitamin dan mineral dapat tercukupi dengan baik.

    Mengkonsumsi makanan berserat juga akan mengurangi resiko penyakit diabetes dan kolesterol tinggi.

  • Zat Besi – Zat besi sangat diperlukan balita terutama untuk proses perkembangan otak. Jika kebutuhan zat besi tidak terpenuhi, maka akan beresiko anak mengalami keterlambatan berfikir atau dalam arti anak akan menjadi bodoh. Makanan yang banyak mengandung zat besi salah satunya seperti daging, ikan, telur, kedelai, bayam dan alpukat.

Jika seorang ibu sudah mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan balita, tentunya anda tidak akan khawatir lagi untuk masalah pertumbuhan dan perkembangan pada balita anda karena besar kemungkinan balita akan tumbuh menjadi orang yang sehat dan cerdas. Sekian dan Terimakasih.

Comments

comments

Baca Juga :   Waspadai TORCH Saat Kehamilan

Leave a Reply