Menjaga Jantung Tetap Sehat Saat Memasuki Usia 30 Tahun

Ketika usia sudah lebih dari 30 tahun, tubuh memang masih aktif dan produktif. Namun bila pola hidup yang dijalankan tidak baik, maka bukan hal yang mustahil jika hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan, terutama kesehatan jantung. Bagi anda yang berusia lebih dari 30 tahun, anda dituntut untuk bergaya hidup sehat demi menjaga kesehatan dari serangan penyakit jantung yang setiap saat bisa menyerang. Adapun tips-tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah :

1. Rileks
Jika anda rileks, tubuh anda akan secara mudah mengontrol kadar stres. Usahakan jangan tegang apabila anda mengalami masalah baik di kantor maupun lingkungan lainnya, tetap tenang dan rileks. Jika anda belum bisa mengontrol ketegangan anda, olahraga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan yang anda alami.

2. Olahraga
Terkait dengan poin pertama, untuk menjaga jantung anda tetap sehat, berolahragalah secara rutin. Tidak perlu dalam waktu yang lama, cukup 15-30 menit setiap harinya sudah bermanfaat bagi kesehatan jantung.

3. Hindari makanan tidak sehat
Makanan yang banyak mengandung kalori dapat meningkatkan kadar kolesterol sehingga berisiko mengundang penyakit jantung dan penyakit lainnya. Oleh sebab itu hindarilah makanan-makanan yang tidak sehat dan pilihlah makanan yang rendah kolesterol, mengandung karbohidrat kompleks, dan kaya protein.

4. Tidur cukup
Tidurlah yang cukup, 7 hingga 8 jam setiap malamnya. Tidur kurang dari 5 jam setiap malam diketahui bisa memicu serangan penyakit jantung.

5. Sarapan
Sarapan pagi sangat penting karena memberikan energi bagi tubuh untuk membantu menjalankan aktivitas hingga siang hari. Namun demikian anda tetap tidak boleh asal-asalan dalam memilih menu sarapan.

6. Hindari konsumsi garam dan gula berlebih
Mengonsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dan kadar trigliserida. Sedangkan garam bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga :   KHASIAT DAN MANFAAT BAYAM UNTUK OBAT KANKER ALAMI

Artikel Kesehatan | Healthmeup | image :  health.howstuffworks.com

Comments

comments

Leave a Reply