Mengatasi Kebotakan Secara Alami

Cara-Mengatasi-Kebotakan (1)

Mengatasi Kebotakan Secara Alami
Memiliki rambut yang lebat dan sehat tentunya merupakan idaman semua orang baik pria maupun wanita. Rambut diibaratkan sebuah mahkota yang harus benar-benar dijaga keindahannya. Namun seringkali kita menjumpai orang yang tidak memiliki rambut atau botak. Hal ini pastinya sangat mengganggu penampilan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri ketika berhadapan dengan banyak orang terutama lawan jenis.

Untuk mengatasi masalah ini biasanya mereka menggunakan produk herbal yang dapat dibeli di toko-toko terdekat, namun kebanyakan hasilnya sama saja tidak begitu berarti bahkan cenderung membuat rambut semakin rusak dan rontok. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya terlebih dahulu anda ketahui apa penyebab dari kebotakan anda ini? Apakah karena ada faktor keturunan atau memang ada masalah pada kesehatan anda. Semakin lanjut usia biasanya jumlah folikel rambut mulai menurun seiring berjalannya waktu.

Ketika seseorang menginjak usia 20-30th, mengalami penipisan rambut sekitar 615 folikel per sentimeter. Pada usia 30-50th sekitar 485 folikel dan pada usia 80th folikel menurun menjadi 435 percentimeter. Proses penipisan rambut ini dinilai sebagai proses penuaan. Selain itu, penyebab kebotakan lainnya yaitu stres. Banyak orang bilang bahwa orang botak itu karena stres atau terlalu banyak fikiran. Emosional yang berat dapat mengakibatkan rambut rontok, untuk sebab itu sebaiknya hindari stres. Orang yang sering merokok, minum-minuman keras mungkin dapat menghilangkan stres sejenak, tetapi akan memperburuk masalah kerontokan rambut.

Apapun penyebabnya, yang jelas kerontokan rambut merupkan penyebab dari kebotakan. Tinggal bagaimana usaha kita memperlambat proses kerontokan rambut dengan cara merangsang folikel untuk memproduksi rambut baru kembali. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kerontokan rambut seperti dibawah ini :

Baca Juga :   Daun mangkokan Khasiat dan manfaatnya

Cara Menumbuhkan Kembali Rambut Pada Kepala Yang Botak

  • Menggunakan Santan – Santan memiliki banyak nutrisi seperti vitamin yang sangat diperlukan untuk kesehatan rambut. Santan dapat menjaga agar folikel rambut tetapi sehat dan mampu memproduksi rambut setiap harinya. Caranya yaitu implementasikan minyak kelapa atau santan ke kulit kepala anda sebelum mandi atau anda juga bisa mengkonsumsinya langsung. 
  • Menggunakan Ginkgo Biloba – Ginkgo biloba merupakan bahan alami penumbuh rambut. Tanaman yang berasal dari cina ini dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit termasuk sebagai alat penumbuh rambut. Ginkgo biloba merangsang pertumbuhan rambut dan menguatkan akar rambut. 
  • Menggunakan Minyak Zaitun – Tentunya anda sudah tahu manfaat minyak zaitun baik digunakan untuk kesehatan maupun kecantikan. Selain meningkatkan proses pertumbuhan rambut, minyak zaitun juga dapat menyehatkan kulit kepala. Cara penggunaanya yaitu dengan meneteskan empat hingga lima tetes minyak zaitun ke kepala setelah keramas kemudian pijat secara pelan. Menggunakan minyak zaitun sebaikna diwaktu malam hari ketika hendak tidur agar minyak zaitun dapat terserap kulit kepala dengan baik dan pada pagi harinya cuci rambut hingga bersih. 
  • Menggunakan Teh Hijau – Kandungan antioksidan yang dimiliki teh hijau sangat baik untuk meningkatkan proses pertumbuhan rambut. Cara perawatannya anda dapat menyeduhnya kemudian balutkan pada seluruh bagian kulit kepala dan bungkus rambut menggunakan handuk kurang lebih selama 20 menit. Cara ini juga seringkali digunakan di beberapa salon kecantikan. 
  • Menggunakan Biji Kemiri – Biji kemiri memiliki kandungan yang dapat menghitamkan rambut dan menyuburkannya. Cara penggunaannya yaitu dengan membakar biji kemiri hingga halus kemudian oleskan ke bagian rambut. Cara ini juga sebaiknya dilakukan pada malam hari ketika hendak tidur. 
  • Menggunakan Telur – Salah satu makanan yang dapat membantu pertumbuhan rambut adalah telur. Telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dimana protein sangat membantu menjaga kesehatan rambut agar tetap kuat. Cara menggunakannya dengan mengocok kuning telur hingga seperti pasta, kemudian gosokkan pada rambut. Tunggu beberapa menit kemudian cuci rambut dengan air bersih. 
  • Menggunakan Lidah Buaya – Lidah buaya memang terkenal khasiatnya untuk menyehatkan dan menyuburkan rambut. Kandungan vitamin, protein dan mineral yang terdapat pada lidah buaya dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mengatasi kebotakan. Caranya gosokkan daging lidah buaya pada rambut atau kulit kepala, diamkan selama beberapa menit kemudian cuci dengan air bersih atau keramas menggunakan shampo.
Baca Juga :   Ternyata Ada Manfaat Didalam Kulit Rambutan !

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, mengkonsumsi daging merah juga dapat merusak pertumbuhan rambut dan dapat menyebabkan kebotakan. Hal ini terjadi karena hubungan positif antara asupan lemak hewani dan peningkatan produksi sebum yang dapat memblokir folikel rambut dan pori-pori. Untuk itu kami sarankan anda agar dapat mengurangi konsumsi daging merah. Sekian dan Terimakasih.

Comments

comments

Leave a Reply