Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat-Air-Putih1
Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh
Air putih merupakan minuman yang paling baik bagi tubuh. Namun sayangnya masih banyak yang belum mengetahui tentang pentingnya air putih. Didalam tubuh manusia mengandung 90% air. Fungsi air bagi tubuh memang sangatlah penting terutama untuk proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, mengeluarkan zat sisa metabolisme, transparasi nutrisi, produksi air ludah dan mempertahankan suhu tubuh. Untuk itu sangat dianjurkan agar anda mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas/hari.

Jika tubuh anda mengalami kekuarang cairan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka dapat mengurangi tingkat konsentrasi anda. Air putih juga penting bagi para ibu hamil karena janin dan rahim ibu yang tengah hamil komponen airnya mencapai 100% namun tetap harus menyesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan usia dan aktifitas apa saja yang dilakukannya. Jika anda ingin mengetahui apa saja manfaat air bagi kesehatan, silahkan anda baca informasinya dibawah ini :

Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

  1. 1.      Memperlancar Sistem Pencernaan. Air memiliki peranan penting dalam masalah sistem pencernaan. Jika kebutuhan cairan didalam tubuh anda terpenuhi maka anda akan terhindar dari konstipasi karena selain untuk membantu proses penyerapan nutrisi, air putih juga membentuk massa kotoran manusia.
  2. 2.      Mengurangi Resiko Penyakit Jantung. Menurut peneliti dari amerika mengemukakan bahwa dengan minum air putih minimal 5 gelas setiap hari, maka dapat menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 41 persen.
  3. 3.      Menjaga Mood. Seseorang yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka ia akan mengalami sakit kepala, kelelahan, badmood dan sulit konsentrasi.
  4. 4.      Menyeimbangkan Sistem Getah Bening. Sistem getah bening sangat berperan penting dalam mengontrol daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih maka sistem getah bening bisa menjadi lebih seimbang dan jika sistem getah bening seimbang maka tubuh akan memiliki daya tahan yang kuat.
  5. 5.      Menjaga Kesehatan Gigi. Air liur yang ada didalam rongga mulut berasal dari air putih yang kita minum. Agar produksi air luir tetap terpelihara dengan baik, sebaiknya anda mengkonsumsi air putih yang cukup agar dapat mengurangi resiko penyakit gigi dan mulut.
  6. 6.      Mencegah Penyakit Batu Ginjal. Batu ginjal merupakan penyakit yang disebabkan karena garam. Garam akan larut didalam air jika kebutuhan air putih didalam tubuh terpenuhi sehingga batu ginjal akan larut dengan air seni.
  7. 7.      Memperlancar Sirkulasi Darah. Kekurangan air didalam tubuh dapat mengakibatkan darah mengental dan pasokan darah menuju otak menjadi tidak lancar. Jika hal ini dibiarkan terjadi maka dapat berakibat anemia, migrain dan penyakit bahaya lain.
  8. 8.      Menyeimbangkan Suhu Tubuh. Jika kita berada ditempat yang dingin maka secara otomatis tubuh akan mengeluarkan sedikit cairan, namun jika kita berada ditempat yang panas maka sebaliknya tubuh akan mengeluarkan banyak cairan lewat keringat dan ini merupakan fungsi alami tubuh untuk menyeimbangkan suhu dari berbagai cuaca.
  9. 9.      Menjadi Awet Muda. Mengkonsumsi air putih dapa membuat kulit kita menjadi lebih terlihat cerah dan segar sehingga akan terlihat awet muda dan terhindar dari kulit kusam.
  10. 10.  Mengurangi Resiko Kanker. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli menyatakan bahwa air putih dapat mengurangi resiko kanker kandung kemih dan kanker usus besar. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena air putih dapat meleburkan konsentrasi gen penyebab kanker dalam urine dan memperpendek waktu virus yang terdapat didalam lapisan kandung kemih.
Baca Juga :   8 Cara Mudah dan Alami untuk Atasi Sakit Kepala

Air putih memang memiliki fungsi dan khasiat yang sangat banyak. Untuk itu silahkan mulai sekarang anda perbanyak minum air putih agar kesehatan anda tetap terjaga. Sekian dan Terimakasih.

Comments

comments

Leave a Reply