Manfaat Lobak Putih Dan Kegunaannya

lobakBagi Anda yang suka makan sayur, Anda pasti tidak asing dengan sayur berwarna putih bernama lobak. Meski mungkin tidak sepopuler sayur kangkung atau bayam, namun lobak juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak bisa diragukan.

Seperti dilansir dari stylecraze.com, ada banyak manfaat lobak putih untuk tubuh, beberapa di antaranya adalah menjaga kesehatan ginjal dan sistem pembuangan urin, membantu menyembuhkan dari gigitan serangga, mengontrol tekanan darah dan melancarkan pencernaan.

 

  • Detoksifikasi

    Lobak putih merupakan sayur umbi-umbian yang memiliki banyak air dan sangat baik untuk detoksifikasi tubuh. Kandungan air dalam lobak membantu meluruhkan racun dan zat sisa di dalam tubuh terutama di dalam perut dan hati, sekaligus juga membantu membuang racun di dalam pembuluh darah.

  • Mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih

    Sayur yang memiliki tekstur crunchy atau renyah ini juga terkenal baik membantu membersihkan sistem pembuangan air seni. Sifat diuretik seperti ini akan mencegah timbulnya batu ginjal atau pengkristalan air seni di dalam saluran pembuangan, mencegah segala jenis infeksi dan mengeluarkan racun berlebih di aliran darah.

  • Menjaga tekanan darah

    Lobak putih kaya akan potasium, sekaligus serat dan menjaga kadar kolesterol dalam darah. Hal ini sangat baik juga dalam menjaga tekanan darah agar tidak melonjak. Bahkan lobak mentah bisa dibuat ekstrak atau dioles begitu saja ke bagian kulit yang digigit serangga karena memiliki sifat anti-radang yang membantu menghilangkan nyeri dan bengkak.

    Manfaat dan kegunaan makan Lobak Putih

Jadi, meskipun memang tidak begitu populer, namun jangan ragu membeli jika menemukan lobak putih di pasar dan mengolahnya menjadi sup yang lezat.

Tanaman lobak putih berasal dari umbi akar.Disebut umbi akar karena terbentuk dari perubahan bentuk akar.umbi akar pada lobak berasal dari akar tunggang yang membengkak dan merupakan tempat penimbunan makanan.Di Indonesia,bentuk lobak umumnya panjang mengerucut,daging berwarna putih,dan kulitnya juga berwarna putih.Di luar negri,bentuk lobak umumnya bulat dengan kulit berwarna merah,rasa yang ada dalam lobak ada yg sedikit pedas sampai super pedas karena minyak yang khas di dalam lobak memberikan sensasi dan cita rasa yang pedas.

Baca Juga :   Bunga Sepatu untuk Pengobatan Tradisional
 
 
Manfaat lobak putih,yaitu:rendah kalori,sumber vitamin C dan folat,sedikit protein dan zat besi.Di Jepang lobak disebut juga Lobak Daikon atau lobak jepang (Japanese Radish) yang merupakan salah satu lobak yang favorit di asia.Akan saya bahas nutrisi lobak,kandungan lobak putih,dan juga cara mengolah lobak putih dengan baik.

Nutrisi pada Lobak putih
Lobak merah atau putih yang bentuknya bulat merupakan sumber trace mineral molibdenum,asam folat,kalium,raphanusin,sinapine,erucic acid,dan raphanin.Lobakk mengandung sulfur yang dapat meningkatkan aliran empedu dan menjaga kesehatan kandungan empedu hati serta meningkatkan fungsi pencernaan.Kandungan bioflavonoid dan indole yang termasuk dalam manfaat lobak putih yang dapat mencegah timbulnya kanker.

Kandungan lobak putih
Lobak rasanya manis,sedikit pedas,berkhasiat tonik.Lobak dapat mengatasi gangguan pencernaan,peluruh kentut,peluruh dahak (ekspektoran),detoksifikasi racun,efeketif mengatasi infeksi bakteri dan jamur,serta sebagai makanan sehat untuk gangguan hati dan kandungan empedu.

Di negara India,lobak dan daun nya bukan hanya digunakan saja untuk mencegah kekurangan vitamin C,tetapi juga sebagai diuretic,ekspetoran,mengatasi gangguan pada lambung (asam lambung naik),dan juga sebagai pencahar.Pada pemakaian luar,emulsi dari biji lobak digunakan sebagai pelembap wajah untukmenghilangkan kerutan di wajah,flek hitam (Hiperpigmentasi),dan jerawat.

Cara mengolah Lobak putih
Lobak biasa dimakan mentah,baik berupa irisan ataupun parutan.Bisa juga dimakan sebagai campuran asinan sayur.daun lobak bisa ditambahkan sebagai salad.Namun,bila lobak dimasak,kandungan vitamin C yang ada dalam lobak akan rusak.
Selain itu,lobak putih bisa juga anda campurkan pada sup atau juga dijadikan sup agar lebih nikmat mengkonsumsinya dan lobak putih bisa anda campurkan dalam pembuatan nasi,karena di negri sakura (Jepang) lobak digunakan untuk pembuatan nasi.

Perlu anda perhatikan!
Manfaat lobak putih memang banyak.Tetapi,secara teoritis,karena lobak putih meningkatkan aliran empedu,bagi orang dengan penyakit kandung empedu seperti batu atau polip yang menyumbat total aliran empedu,jangan terlalu mengkonsumsi lobak putih atau yang lainnya dalam jumlah banyak.

Baca Juga :   Khasiat buah kiwi Utuk Masker Wajah
Jika memang anda tetap menentang pantangan ini dan terus melanjutkan mengkonsumsi lobak putih terus-menerus,maka rasakan sendiri akibatnya (yaitu menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya).Jadi,konsumsi lobak putih hanya sesekali saja,tetapi jangan terlalu sering mengokonsumsinya.

Comments

comments

Leave a Reply