Manfaat Kuning Dan Putih Telur Puyuh Bagi Kesehatan

gizi-telur-puyuh

Bagian Kuning Telur Puyuh Berkhasiat untuk Apa?

Tahukah Ladies bagian kuning telur puyuh berkhasiat untuk apa? Banyak orang yang kurang menyukai bagian kuning telur. karena menurut informasi yang dilansir dalam laman www.merdeka.com kebanyakan orang menganggap bahwa bagian tersebut menyebabkan penambahan lemak berlebih dalam tubuh.

Padahal kuning telur itu juga sama bernutrisinya dengan putih telur lho Ladies. Mau tahu apa saja khasiatnya? Berikut ulasannya yang tidak boleh sampai Ladies lewatkan.

Mengonsumsi bagian kuning telur dalam jumlah banyak setiap harinya memang sangat penting bagi kesehatan tubuh Ladies. Mengapa demikian? Sebab, kandungan kolesterol dalam kuning telur meerupakan jenis kolesterol baik yang mampu menurunkan risiko serangan jantung. Jadi, sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Namun, yang harus Ladis inga adalah bahwa mengonsumsi kuning telur untuk meningkatkan kolesterol baik tidak lantas serta merta mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam waktu yang bersamaan.

Jika dibandingkan dengan bagian putih telur, bagian kuning telur puyuh jauh lebih banyak mengandung zat-zat gizi berupa kalsium, zat besi, fosfor, zinc, thiamin, vitamin B6, folat, vitamin B12, dan asam pantotenat. Namun, sebenarnya kedua putih dan kuning telur kaya akan vitamin A, B12, dan riboflavin.

Kandungan lemak tak jenuh yang ada dalam bagian kuning telur sangat baik untuk penderita penyakit jantung, gunanya untuk mengontrol kadar gula dan kolesterol dalam darah para penderita sakit jantung.

Selin itu, menurut informasi dalam laman www.hasbihtc.com, bagian kuning telur puyuh juga mengandung zat lutein dan zeaksantin yang berkhasiat untuk membuat awet muda, menjaga kesehatan mata, dan lain sebagainya.

fakta-seputar-telur-puyuhMengenal Khasiat Bagian Putih Telur Puyuh ( I )

Telur puyuh merupakan salah satu jenis telur yang bisa dikonsumsi yang berukuran cukup kecil jika dibandingkan dengan telur ayam dan telur bebek. Namun, meskipun bentuknya relative kecil, manfaat yang dimiliki telur puyuh memang tidak boleh diremehkan. Berikut ada beberapa manfaat yang dimiliki telur puyuh khususnya bagian putihnya menurut informasi yang dilansir dalam laman www.carakhasiatmanfaat.com, diantaranya yaitu:

Baca Juga :   Pentingnya Senam Hamil Untuk Bunda

-Sumber protein

Mengingat kandungan gizi putih telur , sayang jika harus dibuang begitu saja. Terutama karena kandungan proteinnya tinggi, putih telur adalah tambahan yang sehat untuk diet harian Anda . Protein adalah zat yang bertanggung jawab sebagai blok pembangun otot, jaringan tubuh, serta jaringan tulang, namun tak dapat disimpan oleh tubuh. Jadi tubuh Kita memerlukan asupan protein setiap hari. Putih telur juga mudah untuk memasak , fleksibel dan harganya relatif murah.

-Mengandung natrium tinggi

Bagian putih telur puyuh memang mengandung natrium agak tinggi yaitu sekitar 403 mg. sehingga, bagi Ladies yang sedang diet khusus membatasi asupan sodium harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menambahkan putih telur kedalam diet harian. Sebab, kandungan natrium tinggi tidak baik bagi penderita masalah tekanan darah tinggi

-Rendah kolesterol

Sebagaimana dilansir dalam laman www.merdeka.com bahwa bagian putih telur biasanya lebih dipilih oleh penderita diabetes karena rendah kolesterol. Selain itu dengan mengonsumsi putih telur, seseorang mendapatkan nutrisi cukup tanpa kawatir meningkatkan berat badan.

 

Mengenal Khasiat Bagian Putih Telur Puyuh ( II )

Ladies pasti sudah pernah mengkonsumsi telur puyuh bukan? Telur puyuh memang berukuran cukup kecil jika dibandingkan dengan telur ayam dan telur bebek. Namun, manfaat yang dimiliki telur puyuh memang tidak bisa diremehkan. Berikut ada beberapa manfaat yang dimiliki telur puyuh khususnya bagian putihnya menurut informasi yang dilansir dalam laman www.carakhasiatmanfaat.com, diantaranya yaitu:

-Sumber folat dan vitamin B

Putih telur puyuh merupakan sumber riboflavin dan selenium serta vitamin esensial penting seperti folat, B12 , niasin betain dan kolin . Kandungan folat sangat penting Ladies, terutama pada masa kehamilan. Selain itu juga bermanfaat untuk perkembangan otak janin. Sementara kandungan kolinnya sangat bermanfaat untuk perkembangan jaringan sel yang sehat. Jadi, bagi Ladies yang sedang hamil sebaiknya sering-sering mengkonsumsi telur terutama bagian putihnya.

Baca Juga :   Khasiat buah kiwi Utuk Masker Wajah

-Mengandung mineral

Tahukah Ladies? Selain sebagai sumber protein yang baik , putih telur juga terbukti mengandung beberapa mineral penting termasuk kalium, magnesium, kalsium,fosfor, tembaga, seng, dan zat besi.

-Bermanfaat untuk pasien kemoterapi

Karena putih telur memilikikandungan protein yang tinggi , sehingga putih telur sangat disarankan untuk kemoterapi dan bagi pasien ginjal. Tahukah Ladies kalau ternyata pada abad pertengahan, putih telur digunakan untuk tujuan pengobatan, seperti mengobati luka dan patah tulang.

 

Mengenal Khasiat Bagian Putih Telur Puyuh (III)

Bicara tentang telur puyuh, pasti yang terbayang di pikiran Ladies adalah telur yang berukuran kecil dan mungil. Namun, meskipun bentuknya relatif kecil, manfaat yang dimiliki telur puyuh memang tidak boleh diremehkan.

Telur puyuh yang kecil ini juga bermanfaat tidak hanya bagi kesehatan, tapi juga kecantikan Ladies.Berikut ada beberapa manfaat yang dimiliki telur puyuh khususnya bagian putihnya menurut informasi yang dilansir dalam laman www.carakhasiatmanfaat.com, diantaranya yaitu:

-Meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata

Sbenarnya secara keseluruhan telur memang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, dan telah digunakan juga untuk mengobati katarak, degenerasi makula dan membantu untuk membangun tulang yang kuat. Ladies pernah melihat binaragawan? Tubuhnya pasti besar, kuat, dan berotot bukan? Tahukah Ladies kalau ternyata para binaragawan menggunakan putih telur untuk meningkatkan asupan kadar protein mereka.

-Masker wajah

Bagi Ladies yang suka memakai masker, putih telur puyuh juga bisa jadi alternatif pembuatan masker alami Ladies. Putih telur juga banyak digunakan untuk masker wajah, yang diyakini dapat mengenyalkan, serta mencerahkan kulit.

-Membantu menyukseskan program diet

Bagi Ladies yang sedang berdiet, putih telur memang cocok untuk dikonsumsi. Mengapa demikian? Sebab, putih telur kaya akan protein, sehingga ia bisa menggantikan kebutuhan karbohidrat bagi Ladies yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Manfaat protein termasuk juga bisa menggantikan fungsi karbohidrat untuk energi.

Baca Juga :   Macam-macam Buah yang Mengandung Banyak Vitamin C

Comments

comments

Leave a Reply