Manfaat Buah Semangka

Watermelon
Manfaat Buah Semangka
– Semangka atau dalam bahasa latin (Citrullus Latanus) merupakan jenis buah yang memiliki kadar air tinggi. Ada dua jenis buah semangka yaitu ada yang berwarna merah dan ada pula yang berwarna kuning. Semangka yang berwarna kuning ukurannya lebih kecil daripada semangka merah, namun untuk masalah rasa? Semangka kuning masih unggul jika dibandingkan dengan semangka merah. Semangka sering digunakan sebagai campuran es buah dan sangat cocok dikonsumsi ketika udara terasa begitu panas dan menyengat.

Selain menyegarkan badan karena kandungan vitamin C nya, buah semangka juga memiliki berbagai macam nutrisi lain seperti kalori, karbohidrat, mineral, kalium, betakaroten dan serat yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Didalam semangka terdapat sekitar 7,5 gram karbohidrat pada setiap 100 gramnya. Rasa manis yang dihasilkan juga berasal dari kandungan gula alami yang dimilikinya atau fruktosa yang merupakan unsur senyawa pencipta rasa manis dan yang lebih hebatnya lagi, bukan hanya dagingnya saja yang bermanfaat tetapi kulit semangkanya sendiri memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Kulit buah semangka dapat digunakan sebagai obat bengkak yang diakibatkan karena timbunan cairan pada penyakit ginjal, kencing manis (diabetes melitus), mencegah kerontokan pada rambut dan dapat mengatasi flek-flek hitam pada kulit sehingga terlihat lebih halus dan cerah. Untuk mengetahui tentang manfaat buah semangka lainnya dapat anda lihat dibawah ini :

Manfaat Buah Semangka

Manfaat Untuk Kecantikan :

  1. 1.      Mengatasi Kerutan Pada Wajah – Karena semangkan mengandung antioksidan, maka semangka dapat mencegah dan menghindarkan kita dari masalah kerusakan kulit seperti terjadi pengerutan pada wajah dan penuaan dini. Cara penggunaanya yaitu dengan mencampurkan buah semangka dengan alpukat yang telah dihancurkan kemudian aplikasikan pada wajah.
  2. 2.      Menghilangkan Noda Hitam Pada Wajah – Karena tekstur dari semangka yang kasar seperti scrub, semangka sangat efektif untuk menghilangkan noda hitam seperti flek dan bekas jerawat. Campurkan 100gram semangka dengan 2sdm garam kemudian gunakan sebagai masker.
Baca Juga :   Selain Cegah Kanker, Ini Manfaat Lain Makan Cabai Hijau (Jalapeno)

Manfaat Untuk Kesehatan :

  1. 1.      Semangka memiliki kandungan betakaroten yang akan diubah menjadi vitamin A dan vitamin A sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.
  2. 2.      Kandungan Likopen yang terdapat pada semangka sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung.
  3. 3.      Selain Vitamin A, Semangka juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita agar terhindar dari berbagai serangan penyakit.
  4. 4.      Dengan mengkonsumsi buah semangka, maka akan memperlancar produksi urine sehingga kita terhindar dari penyakit batu ginjal karena semangka memiliki kandungan air yang cukup banyak.
  5. 5.      Menangkal radikal bebas. Aktifitas yang kita lakukan sehari-hari seringkali meninbulkan berbagai masalah kesehatan karena terkontiminasi dengan debu, asap rokok, asap kendaraan dll. Kandungan senyawa karotenoid yang terdapat pada semangka dapat menetralisir radikal bebas tersebut.

Dengan rutin mengkonsumsi buah semangka, maka kita akan terhindar dari beberapa masalah seperti diatas. Namun terlalu banyak mengkonsumsi buah semangka juga kurang baik bagi kesehatan. Untuk itu, konsumsilah sewajarnya saja. Sekian dan Terimakasih.

Comments

comments

Leave a Reply