Makanan Sehat Ibu Hamil Ala Nabi

kurma1Ibu hamil memerlukan nutrisi makananyang kaya akan gizi dan cukup serat.  Kualiats gizi yang baik dan makanan yang berserat akan membantu untuk menjaga stamina selama menjalani masa kehamilan.  Sehingga tak sedikit para bunda hamil yang banyak mencari informasi mengenai makanan yang sebaiknya dikonsumsi agar bayi yang dikandungnya bisa tumbuh sehat dan cerdas.  Karena para bunda berharap anak yang dikandungnya terlahir dengan kondisi sehat, normal, putih, dan bersih.

Hal yang menjadi adat kebiasaan sehari-hari para ibu hamil adalah mengikuti petunjuk para orang tua tentang makanan sehat yang harus dikonsumsinya maupun makanan yang harus menjadi pantangannya.  Memang dari beberapa saran orang tua ada benarnya namun sebagian juga ada yang terlihat berlebihan.  Hal tersebut tidaklah salah dikarenakan memang pengalaman orang tua yang cukup banyak dan tidak ada salahnya untuk diikuti selama tidak bertentangan dengan ilmu medis maupun aturan agama.

Dalam Islam sendiri juga banyak dianjurkan agar para ibu hamil banyak mengkonsumsi makanan sehat agar kesehatan ibu dan bayi tetap terjaga.  Dalam Hadits-hadits Nabi banyak disampaikan makanan sehat yang sebaiknya dijadikan makanan tambahan untuk membentuk bayi yang sehat, cerdas, putih dan kuat.  Buah-buahan segar merupakan makanan yang juga dianjurkan agar kebutuhan vitamin dan serat tetap terpenuhi.  Beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi antara lain buah kelapa, luban, buah kurma segar dan semangka.

Berikut ini adalah dasar atau landasan untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk para ibu hamil

1. Buah kelapa segar

“Ibu yang sedang hamil hendaknya makan buah kelapa karena ia dapat menjadikan bau anaknya menjadi harum dan warna kulitnya bersih.” Hadits ini bersumber dari Muhammad bin Ya’qub (Al-Wasail 15: 133, hadits ke-1)

Dalam Hadits yang lain disebutkan

Rasulullah saw bersabda:
“Berilah makanan istrimu yang sedang hamil buah kelapa, karena ia dapat menjadi sebab anakmu berakhlak baik.” Hadits ini bersumber dari Sayyid Ar-Rawandi (Mustadrak Al-Wasail 2: 619, hadis ke-2)

Baca Juga :   Beberapa penyakit telinga dan bagaimana mencegahnya

Rasululah saw bersabda:
“Aroma para nabi aroma buah kelapa, aroma bidadari, aroma âs (sejenis bunga berwarna putih berbau harum), aroma malaikat, aroma bunga mawar. Dan aroma puteriku Fatimah Az-Zahra’ adalah aroma buah kelapa, âs dan bunga mawar. Allah tidak mengutus seorang nabi dan washinya kecuali pada terdapat bau kelapa. Berilah makanan buah kelapa isterimu yang sedang hamil, agar aroma anakmu harum.” (Mustadrak Al-Wasail 2: 619, hadis ke-1)

Di Indonesia buah kelapa bukanlah hal yang sulit untuk didapat.  Buah kelapa ini sangat cocok untuk diberikan kepada ibu yang sedang menjalani masa kehamilan.  Selain air kelapanya yang segar, daging kelapanya juga sangat enak untuk dikonsumsi.  Untuk khasiat buah kelapa sendiri dapat dilihat dari hadits-hadits di atas.

Di dalam air Kelapa tua terdapat sekitar 91% mineral, 0,3% protein, 0,15% lemak, 7,3% karbohidrat dan 1,06% abu. Selain itu air Kelapa juga mengandung vitamin C sebesar 2,7 mg/ 100 ml. Sedangkan kandungan mineral air Kelapa terdiri atas kalium, natrium, kalsium, magnesium, tembaga, besi.  Selain itu kelapa juga banyak mengandung VCO yang sangat baik untuk kesehatan.

2. Luban

Rasulullah saw bersabda:
“Berilah minuman dari Luban isterimu yang sedang hamil, karena ia dapat menambah kecerdasan akal anakmu.” Hadits ini bersumber dari Abul Abbas Al-Mustaghfiri dalam kitab Thibbun Nabi saw dikutip oleh Mustadrak Al-Wasail 2: 619, hadis 1.

Rasulullah saw bersabda:
“Berilah makanan dari Luban isterimu yang sedang hamil, karena jika bayimu dalam perut ibunya diberi makanan dari Luban ia dapat menambah kecerdasan akalnya. Jika ia laki-laki akan menjadi orang yang pemberani, dan jika perempuan pinggulnya akan besar sehingga kelak menjadi bagian yang baik bagi suaminya.” Hadis ini bersumber dari Sufyan Ats-Tsauri dari Abu Ziyad dai Imam Hasan bin Ali. (Al-Wasail 15: 136, hadits ke 1).

Baca Juga :   Waspadai TORCH Saat Kehamilan

Imam Ali Ar-Ridha berkata:
“Berilah makanan dari Luban isterimu yang sedang hamil. Jika bayi dalam perut isterimu laki-laki ia akan menjadi orang yang alim dan pemberani. Jika perempuan ia akan bagus fisiknya dan besar pinggulnya sehingga kelak menjadi bagian yang baik bagi suaminya.” Hadtss ini bersumber dari Muhammad bin Ya’qub (Al-Wasail 15: 136, hadis ke 2)

Melihat manfaat dari luban maka luban bisa dikonsumsi agar membantu anak yang dikandung lebih cerdas. Luban akan mudah ditemui di negara oman, yaman dan somalia. Untuk di Indonesia luban memang jarang untuk kita temui dan pohonnya juga hampir tidak ada yang menanamnya.  Bagi bunda yang mau mencoba luban maka dapat mencarinya di toko-toko online.

3. Buah kurma segar

Imam Abul Hasan berkata:
“Tahukah kamu bayi yang dikandung oleh Siti Maryam?” Aku menjawab: Tidak. Beliau berkata: “Ia berasal dari buah kurma yang segar yang dikirim oleh Jibril.” Hadits ini bersumber dari Sulaiman Al-Ju’fi. (Mustadrak Al-Wasail 2: 619)

Imam Ali bin Abi Thalib berkata:
“Tidak ada makanan dan obat yang dimakan oleh perempuan yang sedang hamil lebih utama dari buah kurma yang segar (rathab),
karena Allah azza wa jalla berfirman kepada Siti Maryam:
“Goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu” (QS. Maryam: 25-26).
Hadits ini bersumber dari Imam Ja’far Ash-Shadiq. (Mustadrak Al-Wasail 2: 619, hadits ke 3)

“Diceritakan oleh Jumaah bin Abdullah yang disampaikan oleh Marwan yang mendapat berita daripada Ibnu Hashim bahawa Amir bin Saad mendengar bapaknya meriwayatkan Rasulullah Sallallahu alaihi Wasallam bersabda : “Barangsiapa yang makan 7 biji tamar ajwah dia akan terkawal daripada kejutan syaitan dan sihir pada hari itu”.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Insomnia

Buah kurma kaya akan gizi dan vitamin.  Kandungan buah kurma antara lain zat besi, kalsium, fosforus, sodium, potasium, vitamin A dan C.  Kandungan gizi yang ada dalam buah kurma sangat cocok untuk dikonsumsi para ibu hamil sebagai buah-buahan yang menyehatkan.  Di Indonesia sendiri buah kurma mudah untuk kita temui dan kita dapatkan.  Terutama di bulan Ramadhan, buah kurma ini bertebaran dimana-mana bahkan mall pun banyak yang menyediakannya.

4. Buah Semangka
Rasulullah saw bersabda:
“Tidak ada seorang perempuan hamil yang makan buah semangka, kecuali anak yang dilahirkan olehnya wajah dan fisiknya bagus.” (Hadits ini bersumber dari Abul Abbas Al-Mustaghfiri dalam kitab Thibbun Nabi dikutip oleh Mustadrak Al-Wasail 2: 619)

Buah semangka sangat mudah kita dapatkan.  Buah semangka sendiri memiliki kandungan air sekitar 90 persen dari berat semangka tersebut.

Beberapa manfaat buah semangka untuk bunda hamil antara lain

a. Mengurangi rasa mual selama masa kehamilan
b. Kandungan airnya yang tinggi maka semangka bisa dijadikan sebagai penambah cairan tubuh agar kondisi tubuh tetap bugar.
c. Buah semangka bisa mencegah kram otot yang biasanya dialami para ibu hamil.
d. Mengurangi resiko preclampsia pada ibu hamil
e. Nutrisi bayi khususnya otak, penglihatan, otot dan sistem imunitas dan syaraf pada bayi yang sedang dikandung.

Buah-buahan segar adalah salah satu kebutuhan untuk para ibu hamil agar kesehatan selama menjalani kehamilan tetap fit.  Dengan ilmu dan landasan yang kuat maka akan menambah keyakinan para bunda untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat sesuai anjuran Rasulullah.  Mengingat saat ini banyaknya aneka makanan instan yang beredar ditengah-tengah masyarakat.  Resiko kelahiran anak lahir tidak normal dapat diminimalkan dengan makan makanan segar dan alami.  Berhati-hatilah dalam memilih makanan dan jangan tertarik dengan buah-buahan yang berharga murah tanpa jaminan mutu yang baik.

Comments

comments

Leave a Reply