Makanan Pencegah Diabetes

Fresh Fruit

Makanan Pencegah Diabetes – Diabetes Mellitus atau yang sering orang sebut dnegan Kencing manis adalah Salah satu penyakit yang masuk dalam kategori penyakit berbahaya. Penyakit ini memang tidak mematikan, tapi dampak dari penyakit ini yang berbahaya dan dapat merenggut nyawa seseorang. Diabetes akan menyerang sistem metabolisme tubuh sehingga dalam jangka waktu yang cukup lama dengan perlahan penyakit ini akan memperburuk kesehatan kita.

Gejala gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini salah satunya adalah ketika anda mengalami kecelakaan atau ada bagian tubuh anda yang terluka, maka luka tersebut akan sulit untuk sembuh dan walaupun sembuh itu membutuhkan waktu yang cukup lama atau bahkan tidak jarang yang harus berakhir dengan amputasi. Hal ini terjadi karena merununnya sistem kekebalan tubuh dan menurut perkiraan organisasi kesehatan dunia, penderita diabetes yang ada di Indonesia tiap tahunnya meningkat sekita 3x lipat sejak tahun 2002 lalu.

Agar anda terhindar dari penyakit berbahaya ini, sebaiknya anda harus menjaga kesehatan anda mulai dari sekarang yaitu dengan cara mengatur pola makan anda dan perbanyak mengkonsumsi makanan yang dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat mencegah anda dari bahaya diabetes.

Makanan Pencegah Diabetes

  • Kacang – Kacangan

Ada seorang peneliti yang menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi kacang secara rutin itu merupakan upaya anda agar terhindar dari diabetes. Ada banyak jenis kacang kacangan diantaranya seperti Almond, kacang mete, walnut (semacam kenari) dan lain lain.

  • Buah Anggur

Kandungan yang terdapat pada buah ini akan membantu menyeimbangkan kandungan insulin didalam darah. Tetapi anda juga tidak boleh sembarangan mengkonsumsi anggur atau memakan anggur secara berlebihan. Anda harus mengkonsumsi anggur dalam dosisinya untuk kesehatan.

  • Buah Strawberry
Baca Juga :   Singkirkan Lemak Perut Dengan Makanan Ini

Selain bentuknya yang menarik dengan warna merah merona, buah ini cukup ampuh sebagai makanan pencegah diabetes. Strawberry banyak mengandung protein yang berfungsi untuk mengurangi kolesterol jahat yang ada didalam tubuh. Selain itu strawberry juga bisa membantu mengurangi kadar gula atau menurunkan gula darah dalam tubuh.

  • Perbanyak Makan Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang berdaun gelap dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2. Adapun contoh jenis sayuran ini seperti bayam, sawi, kubis dan selada merupakan makanan yang dapat membangkitkan tenaga tetapi tetap rendah kalori dan karbohitdar.

  • Ikan

Dengan mengkonsumsi ikan dapat membantu untuk menurunkan konsentrasi glukosa sehingga mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes karena ikan merupakan sumber protein yang rendah lemak. Contoh ikan yang mempunyai banyak sumber protein yaitu sepertin ikan lele, nila, atau salmon.

  • Kayu Manis

Manfaat dari kayu manis yaitu untuk menurunkan dan menyeimbangkan gula dara didalam tubuh selain itu juga bisa menurunkan kolesterol jahat. Anda bisa menyeduhnya sebagai campuran kopi atau teh yang pastinya sering anda konsumsi sehari hari.

  • Yogurt Yang Rendah Lemak

Yogut dengan rendah lemak dan dan gula adalah salah saru makanan yang sangat efektif untuk dikonsumsi agar dapat memperlambat atau mencegah naiknya gula darah yang tidak sehat. Anda bisa menikmati yogurt sebagai cemilan sehat yang dapat anda santap ketika lapar.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat mencegah anda dari serangan diabetes. Sebelum anda benar benar terkena diabetes, alangkah baiknya anda selalu mengkonsumsi makanan yang rendak lemak seperti yang sudah saya sebutkan tadi. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mencari informasi tentang Makanan yang dapat mencegah diabetes. Terimakasih.

Baca Juga :   Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

 

Comments

comments

Leave a Reply