Khasiat dan Manfaat Daun Kumis Kucing

daun kum,is kucingbManfaat Daun Kumis Kucing bagi Kesehatan – Daun kumis kucing yang dalam bahasa latin disebut dengan nama Orthosiphon stamineus, mempuybai bayak manfaat juga bagi kesehatan manusia. Dikatakan sebagai tanaman kumiskucing mungkin karena bunganya yang hampir sama dengan kumis kucing. Manfaat tanaman ini untuk kesehatan seperti bisa menyembuhkan peyakit kencing batu, encok, dan asam urat.

Berikut beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfaat daun kumis kucing.

Khasiat dan Manfaat Daun Kumis Kucing

1. Mengobati Infeksi Kandung Kemih
Caranya adalah dengan mengambil 5 – 10 helai daun kumis kucing, bersihkan dan direbus dengan setengah gelas air, setelah itu minum 2x sehari.

2. Mengobati Sakit Kencing Batu
Untuk pengobatan penyakit ini, ambil 4 – 7 helai daun kumis kucing, 7 tanaman meniran, rebus dengan 2 gelas air hingga tinggal setengahnya, minum 3x sehari. Agar hasilnya maksimal, minum dengan rutin hingga sembuh.

3. Mengobati Encok, Asam Urat
Daun kumis kucing juga bisa digunakan untuk menyembuhkan encok, dan asam urat. Caranya adalah dengan mengambil 4 – 5 helai daun kumis kucing, 4 – 5 tanaman meniran, rebus dengan air bersih hingga tinggal setengah airnya dan minum 3x sehari.

4. Mengobati keputihan
Bagi wanita yang keputihan, anda bisa mengobati dan merawatnya dengan menggunakan daun kumis kucing juga. Yaitu ambil 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun beluntas, kemukus 10 biji, jintan hitam 1 sendok teh. Rebus semua bahan tersebut dan minum airnya 2x sehari.

Itulah manfaat daun kumis kucing dan khasiatnya bagi kesehatan. Jangan lupa tanamannya ditanam dipekarangan, siapa tahu suatu saat bisa dimanfaatkan. Semoga bermanfaat

Comments

comments

Baca Juga :   Mengenal Penyakit Hepatitis