Inilah yang Harus Dihindari Penderita Jantung

Jantung adalah salah satu organ paling vital bagi manusia. Jantung merupakan otot yang selalu berdenyut dan memompa darah ke seluruh tubuh. Apabila jantung berhenti seketika, itu artinya jantung tidak mendapatkan suplai darah. Itulah yang disebut sebagai serangan jantung. Untuk tetap bekerja dengan optimal dan tetap sehat, jantung memerlukan oksigen dan zat-zat bergizi lainnya dari makanan yang Anda makan.

Bagi penderita jantung, ada beberapa aktifitas atau makanan yang harus dihindari. Inilah yang harus dihindari penderita jantung.

  1. Olahraga Berat
    Memiliki penyakit jantung akan membuat Anda sangat terbatas dalam melakukan olahraga. Salah memilih olahraga tentu akan membahayakan kesehatan jantung Anda. Beberapa olahraga yang harus dihindari penderita jantung adalah jenis olahraga yang memacu denyut jantung lebih cepat, misalnya lari dalam jarak yang jauh.
  2. Makanan Cepat Saji
    Makanan cepat saji atau junk food begitu mudah diperoleh, sangat menolong di saat Anda tidak sempat menyiapkan makanan sehat. Namun tahukah Anda bahwa makanan cepat saji bagaikan bom waktu bagi kesehatan Anda karena semua makanan cepat saji mengandung kolesterol yang tinggi. Tentu membahayakan penderita jantung bukan?. Karena membahayakan kesehatan junk food menjadi salah satu hal yang harus dihindari penderita jantung.
  3. Hindari Stres dan depresi
    Stres dan depresi begitu populer sekarang. Pekerjaan dan tekanan hidup yang tinggi membuat orang mudah stres dan depresi. Stres bisa mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Hindari kondisi yang tidak sehat ini dengan cara memanage stres dengan baik. Anda harus tahu prioritas kapan saatnya Anda bekerja dan kapan saatnya istirahat. Stres dan depresi inilah yang harus dihindari penderita jantung.
  4. Rokok
    Rokok yang Anda hisap tidak hanya membahayakan jantung Anda, tetapi juga jantung orang lain. Asap rokok akan mengurangi suplai darah ke jantung sehingga menimbulkan resiko yang tinggi terkena penyakit jantung.
  5. Obesitas
    Obesitas menjadi salah satu faktor terjadinya penyakit jantung. Obesitas dimulai dengan kelebihan berat badan harus Anda hindari disebabkan obesitas menyebabkan tekanan darah tinggi juga dapat mengakibatkan ketidaknormalan lemak. Menjaga agar tidak terjadi obesitas adalah dengan cara melakukan diet yang sehat dan menerapkan pola hidup sehat.
  6. Banyaknya hal-hal inilah yang harus dihindari penderita jantung. Pola hidup sehat menjadi modal utama, makanan kaya serat membantu menjaga berat badan sehingga kerja jantung menjadi ringan karena terhindar dari penyempitan pembuluh darah.
Baca Juga :   Gejala Terjadinya Kanker Tulang

Sumber : artikelkesehatanwanita.com

Comments

comments

Leave a Reply