Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Stroke

images (2)Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Stroke – Penyakit Stroke merupakan penyakit yang digadang-gadang sebagai pembunuh kedua setelah penyakit jantung. Ya, Penyakit stroke memang sangat berbahaya karena stroke adalah penyakit yang langsung menyerang sistem syaraf sedangkan sistem syaraf itu sendiri merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk mengatur seluruh tubuh dengan cara berkoordinasi dan bekerja sama antar sistem tubuh. Orang yang terkena penyakit stroke akan kehilangan fungsi otak karena suplay darah ke otak terhenti.

Pada tahun 2012 jumlah penderita penyakit strok di Indonesia sudah mencapai 500ribu orang dan 12.500 orang diantaranya meninggal dunia akibat penyakit stroke dan sisanya kebanyakan mereka akan mengalami cacat fisik seperti sulit berbicara dan susah untuk berjalan karena hilangnya keseimbangan. Adapun gejala lain yang sering disebut sebagai penyebab penyakit stroke yaitu hilangnya rasa dan lemas pada bagian muka, kaki dan tangan. Pandangan mata sering kabur dan mengalami sakit kepala secara mendadak tanpa diketahui apa penyebabnya.

Ada dua faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit stroke yaitu faktor yang pertama adalah faktor risiko medis. Faktor ini menyebabkan dan memperparah stroke diantaranya seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), kolesterol, pengerasan pembuluh darah, gangguan pada jantung, dan adanya riwayat stroke dalam keluarga (faktor keturunan). Faktor yang kedua adalah faktor risiko perilaku yang biasanya disebabkan karena pergeseran lifestyle atau gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat.

Hindarilah kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman yang mengandung soda dan alkohol karena dapat memicu anda terkena penyakit stroke. Tingkat stres yang terlalu tinggi seringkali berpengaruh pada suasana hati dan ini juga dapat menyebabkan anda terkena stroke. Untuk melakukan pencegahan, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar anda terhindar dari penyakit berbahaya ini yaitu sebagai berikut :

Baca Juga :   Nutrisi-Nutrisi Penting Untuk Balita

Cara Mencegah Penyakit Stroke

  1. 1.      Hindari Kebiasaan Merokok – Merokok dapat menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) sehingga darah menjadi mudah menggumpal dan berakibat penyakit stroke.
  2. 2.      Periksa Tensi Darah Secara Rutin – Untuk mencegah penyakit stroke, periksalah tensi darah anda secara rutin. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah mengalami tekanan yang ekstra dan berakibat pada penyakit stroke.
  3. 3.      Makan-Makanan yang Sehat – Hindari makanan seperti daging merah karena memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat mengeraskan pembuluh darah. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran atau makanan yang berserat tinggi agar dapat mengendalikan lemak didalam tubuh.
  4. 4.      Rajin Berolahraga – Sudah banyak yang mempercayai bahwa berolahraga membuat tubuh akan menjadi lebih sehat. Dengan olahraga maka tekanan darah anda akan menjadi lebih stabil dan lemak sehat yang ada didalam tubuh menjadi lebih seimbang.
  5. 5.      Pantau Berat Badan Anda – Orang yang memiliki berat badan lebih atau obesitas akan meningkatkan resiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes. Penyakit-penyakit ini merupakan penyakit yang dapat memicu anda terkena stroke, untuk itu atur pola makan anda jangan sampai berat badan melebihi ideal.
  6. 6.      Hindari Stres dan Depresi – Banyak orang terkena stroke karena mengalami stres atau depresi dalam jangka panjang. Sebisa mungkin hindari memikirkan hal-hal yang tidak seharusnya anda pikirkan agar anda tidak stres.
  7. 7.      Mencari Informasi – Ikutilah perkembangan informasi tentang kesehatan untuk menghindari kemungkinan resiko stroke. Beragam hormon seperti pil dan terapi pergantian hormon HRT sering memicu terjadinya pengentalan darah.

Sebenarnya 80% stroke dapat dicegah dan dihindari sejak dini asalkan anda mau melakukan pola hidup sehat dan menghindari hal-hal yang telah disebutkan diatas. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

Baca Juga :   Khasiat Tanaman Binahong & Resep Ampuh Bagi Kesehatan

Comments

comments

Leave a Reply