Faktor Yang dapat Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

cara-menormalkan-tekanan-darah-tinggi

Faktor Yang dapat Menyebabkan Tekanan Darah TinggiTekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah. Terkadang naiknya tekanan darah tidak pernah kita sadari dan tiba tiba anda merasa pusing hingga serangan jantung karena tekanan darah yang meningkat. Untuk mewaspadai hal tersebut tentunya anda harus sering melakukan periksa darah untuk mengetahui berapa tensi darah anda. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh WHO pada hari kesehatan dunia menyebutkan bahwa 80% orang yang meninggal karena penyakit jantung disebabkan karena tingginya tekanan pada arteri pasien.

Banyak faktor-faktor yang dapat memicu anda terkena hipertensi salah satunya adalah faktor pola makan. Makanan yang anda konsumsi setiap hari adalah yang menentukan anda terkena hipertensi atau tidak. Jika anda kurang memperhatikan pola makan anda pastinya sangat beresiko terkena hipertensi (Tekanan Darah Tinggi). Mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar garam berlebihan meningkatkan resiko anda terkena hipertensi. Kandungan garang yang kita makan setiap hari harusnya tidak boleh lebih dari 6 gram/hari.

Pada umumnya hipertensi kerap sekali menyerang orang ketika sudah menginjakkan usianya di 50th. Orang yang memiliki usia diatas 50th tekanan darahnya hampir melebihi 140mmHg dan ini sangat meningkatkan resiko anda terkena stroke. Jadi manfaatkan masa muda anda untuk hal-hal yang positif agar dimasa tua nanti anda terhindar dari penyakit berbahaya. Lakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan jantung dan perbanyak makan sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung serat.

Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang diapat menyebabkan hipertensi? Silahkan anda baca informasinya dibawah ini :

Faktor Yang Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

  • Usia – Seiring bertambahnya usia membuat resiko terkena hipertensi semakin besar. Mengapa demikian? Ini terjadi karena elastisitas pembuluh darah juga berkurang sehingga akan mengalami penyempitan pembuluh darah dan mengakibatkan tekanan darah meningkat.

  • Faktor Keturunan – Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga dapat terjadi karena faktor keturunan. Jika ada salah satu keluarga anda yang memiliki tekanan darah tinggi, bukan tidak mungkin hal tersebut juga akan terjadi pada anda. Lakukan beberapa pencegahan sebelum anda benar-benar terkena hipertensi.

  • Gender – Pria berusia dibawah dari 45th akan lebih beresiko terkena hipertensi dibandingkan dengan perempuan. Namun jika sudah melebihi usia tersebut, peningkatan resiko akan terjadi untuk kedua gender ini dan bahkan perempuan akan lebih beresiko hipertensi pada usia sekitar 45 hingga 64th.

  • Pola Makan Kurang Sehat – Kurangi makan-makanan yang banyak mengandung kalori, lemak dan gula. Selain itu kurangi juga makanan bergaram karena garam akan menahan cairan didalam tubuh sehingga meningkatkan resiko hipertensi. Makanlah makanan yang banyak mengandung serat, vitamin seperti buah dan sayuran.

  • Stres – Ketika anda mengalami stres maka hormon adrenalin pun akan meningkat dan akan membuat jantung memompa darah lebih cepat dari biasanya sehingga membuat tekanan darah meningkat. Untuk itu hindari hal-hal yang dapat membuat pikiran kita menjadi stres.

  • Kebiasaan Mengkonsumsi Minuman Beralkohol – Bagi anda yang suka mengkonsumsi minuman beralkohol, kami sarankan anda untuk mengurangi kebiasaan buruk anda tersebut. Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida merupakan kolestrol jahat yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

  • Kurang Gerak / Aktifitas – Bekerja dikantor, duduk manis dengan penghasilan melimpah memang keinginan setiap orang. Tetapi jika kita terlalu banyak duduk dan kurang gerak/aktifitas dapat meningkatkan resiko anda terkena darah tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut, berolahragalah secara rutin agar tubuh anda tetap sehat dan kuat.

Setelah anda mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, kami harap anda lebih memperhatikan kesehatan agar tidak terkena penyakit berbahaya ini. Tekanan darah yang meningkat secara perlahan dapat merusak dinding pembuluh darah dan memperkeras arteri sehingga memicu terbentuknya pembekuan darah terutama bagi orang yang telah berusia 45th keatas. Sekian dan Terimakasih.

Comments

comments

Baca Juga :   Pentingnya Senam Hamil Untuk Bunda

Leave a Reply