Cara Mengatasi Diare

slide2Cara Mengatasi DiareDiare bukan merupakan penyakit yang berbahaya, tetapi diare sangat mengganggu aktifitas seseorang karena kita harus bolak balik keluar masuk WC untuk buang air. Selain itu, perut juga akan menjadi sakit seperti ada yang meremas remas isi perut kita dan biasanya orang yang terkena diare tubuhnya menjadi lemas. Biasanya diare itu terjadi akibat kita memakan makanan yang terlalu pedas sehingga asam lambung kita menjadi naik. Diare bisa terjadi selama dua sampai tiga hari dan pastinya hal itu akan sangat mengganggu aktifitas kita. Anda sudah meminum obat tetapi tetap saja perut masih terasa perih dan melilit.

Salah satu cara alami yang dapat anda lakukan untuk mengatasi diare yaitu dengan menggunakan jambu biji. Jambu biji kaya akan vitamin C nya, baik daun maupun buahnya dipercaya dapat mengatasi diare. Untuk lebih jelasnya dibawah ini ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar anda bisa terhindar dari diare dan cara cara ini merupakan cara yang dilakukan dengan menggunakan bahan alami jadi tidak akan menimbulkan efek yang dapat membahayakan kesehatan anda.

Mengatasi Diare Dengan Cara Alami

  • Perbanyak Minum Air

Ketika anda terkena diare, maka tubuh anda akan banyak mengeluarkan cairan sehingga tubuh anda membutuhkan pasokan cairan yang cukup. Anda bisa menggunakan air putih, jus buah atau sayur bening yang banyak mengandung air agar tubuh anda tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

  • Hindari Mengkonsumsi Alkohol

Pada saat anda terkena diare, anda dilarang keras untuk minum minuman yang mengandung alkohol karena alkohol dapat membuat proses pencernaan menjadi terganggu sehingga usus tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Jika anda ingin mengkonsumsi alkohol, tunggu hingga diare anda sudah benar benar sembuh.

  • Minum Teh
Baca Juga :   Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Tifus

Teh berfungsi untuk menenangkan perut anda agar tidak terasa nyeri dan perih lagi. Silahkan anda boleh minum teh lebih banyak dari biasanya. Ada berbagai jenis teh yang dapat anda konsumsi, diantaranya adalah teh hitam, jahem teh raspberry, dan teh hijau.

  • Istirahat Yang Cukup

Dengan istirahat maka perih yang anda rasakan akan sedikit berkurang karena anda tidak terlalu banyak bergerak. Hindari tidur terlalu malam dan bangun terlalu pagi karena hal itu dapat menyebabkan sistem pencernaan anda tidak bekerja dengan normal.

  • Minum Oralit

Oralit merupakan salah satu obat yang terbukti ampuh dapat menyembuhkan diare karena oralit dapat menekan frekuensi buang air besar yang tidak wajar. Oralit juga merupakan obat yang dihasilkan dari bahan bahan yang alami.

  • Minumlah Ramuan Dari Beras Ketan

Siapkan kurang lebih 100 gram beras ketan dan 1 jari kunyit. Langkah yang harus anda lakukan yaitu dengan menggorengnya tetapi tanpa menggunakan minyak dan goreng sampai hangus setelah itu bakar kunyit sampai hangus juga dan yang terakhir haluskan kedua bahan tersebut sampai benar benar halus. Anda dapat menyeduhnya dengan menggunakan air panas dan diminum 3x sehari.

  • Minum Cuka Apel

Anda bisa menggunakan cuka apel untuk mengatasi diare dengan cepat yaitu dengan cara meneteskan beberapa tetes cuka apel kedalam minuman anda.

Demikian cara cara mengatasi diare yang dapat anda lakukan, jika anda sudah melakukan semua yang telah saya tunjukan diatas maka dalam beberapa hari diare anda akan segera sembuh dan anda tidak perlu lagi bolak balik ke kamar mandi. Namun jika diare tak juga kunjung sembuh, segeralah anda memeriksakan kesehatan anda ke dokter langganan anda untuk mendapatkan pelayanan yang lebih intensif.  Terimakasih.

Baca Juga :   Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Comments

comments

Leave a Reply