Cara Mengatasi Demam

anak-demamCara Mengatasi Demam– Demam memang bukan merupakan suatu penyakit berbahaya yang dapat merenggut nyawa seseorang, tetapi jika demam tersebut menyang pada anak kita maka kita akan merasa panik dan hal itu wajar saja karena tidak ada seorang ibu yang menginignkan anaknya sakit, apalagi jika anak itu masih kecil atau balita. Ketika anak sakit, maka seorang ibu akan berusaha mati matian agar anaknya itu cepat sembuh. Bahkan ibu rela jika sakit yang dirasakan anaknya itu ditukar pada ibunya. Demam memang bukan penyakit utama, namu demam merupakan gejala suatu penyakit seperti batuk, pilek, radang tenggorokan, diare, dan infeksi pada saluran pencernaan. Infeksi yang terjadi pada anak biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri, contohnya yaitu adanya demam ketika seorang anak balita menderita flu.

Antibiotik bukan merupakan obat yang dapat membunuh virus, jadi anda tidak perlu menggunakan antibiotik pada anak yang demamnya disebabkan karena virus atau flu. Agar anda dapat mencegah anak mengalami demam, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu gelaja panas seperti ketika suhu menurun, tubuh anak berkeringat, denyut jantung meningkat, nafsu makan berkurang, mengantuk, kondisi badan melemah dan beberapa gejala lainnya. Namun jika anak sudah terlanjur mengalami demam, maka anda harus tahu bagaimana cara mengatasi demam pada anak.

Mengatasi Demam Secara Alami

  1. Minum yang banyak karena ada kemungkinan kalau badan panas itu akibat dehidrasi. Jadi untuk itu jika anak mengalami demam tinggi, cobalah anda untuk memberikan anak minum lebih banyak dari biasanya baik menggunakan air mineral ataupun menggunakan ASI.
  2. Kompres anak menggunakan air yang hangat. Cara ini sudah sangat lama ada dan memang dapat menurunkan panas anak. Gunakan handuk kecil untuk mengompres dan jangan menggunakan air es karena berbahaya dan dapat membuat anak menjadi menggigil.
  3. Obat penurun panas, jika cara cara diatas sudah dilakukan namun panasnya belum juga turus, cobalah menggunakan obat penurun panas khusus anak anak. Jangan samakan obat anak anak dengan obat orang dewasa karena dosisnya akan berbeda.
  4. Jika suhu tubuh anak panas tetapi telapak tangannya terasa dingin, coba bawalah anak ke orang yang bisa memijat bayi dengan baik. Tapi harus benar benar orang yang bisa memijat anak.
  5. Buat tubuh anak berkeringat, karena dengan mengeluarkan keringat dari tubuh maka akan membantu proses penyembuhan demam. Banyak cara yang dapat anda lakukan agar anak dapat mengeluarkan keringatnya contohnya dengan memakaikan pakaian yang tebal seperti jaket dan sweater, tidak menggunakan kipas angin atau AC, gunakan selimut, menggunakan pemanas ruangan dan lain lain.
  6. Gunakan terus termometer untuk memeriksa suhu tubuh anak agar anda dapat mengetahui apakah suhu tubuhnya masih panas atau sudah mengalami penurunan. Jika panasnya tak kunjung turun, cobalah anda berkonsultasi dengan dokter anak langganan anda atau membawa anak kerumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih baik.
Baca Juga :   Beberapa penyakit telinga dan bagaimana mencegahnya

Ada juga beberapa penyebab anak mengalami demam atau sakit, misalkan ibunya sedang sakit namun masih tetap memberikan ASI pada anaknya, maka tidak menutup kemungkinan anaknya pun juga akan mengalami hal yang sama seperti ibunya. Untuk itu selain menjaga kesehatan anak, seorang ibu juga harus menjaga kesehatannya sendiri agar anak tidak tertular olehnya.

Comments

comments

Leave a Reply