Cara Jitu Mengecilkan Pori-Pori Wajah

images (1)Cara Jitu Mengecilkan Pori-Pori WajahSeiring bertambahnya usia anda akan membuat pori-pori wajah anda semakin membesar. Hal ini disebabkan karena terjadi penurunan elastisitas pada kulit wajah anda. Selain dapat mengurangi keindahan, memiliki pori-pori yang besar diwajah kerap membuat kita resah dan kurang percaya diri karena sering memicu timbulnya jerawat dan wajah berminyak. Pembesaran pori-pori biasanya terjadi pada bagian wajah tertentu seperti hidung, dahi dan dagu.

Ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan pori-pori wajah membesar, salah satunya yaitu faktor genetik. Faktor genetik kerap memicu dan menentukan ukuran pori-pori. Namun sayangnya tidak ada hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi faktor ini. Penggunaan kosmetik juga sering disebut sebut sebagai penyebab penyumbatan pori-pori sehingga pori-pori wajah semakin membengkak dan meregang. Untuk itu kami sarankan anda agar tidak menggunakan make up yang berlebihan dan selalu membersihkan bekas make up tersebut agar bekas make up tidak bersarang di pori-pori.

Keharusan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah merupakan hal yang harus anda lakukan untuk mencegah pori-pori membesar. Namun jika anda sudah terlanjur memilik pori-pori wajah yang besar, dibawah ini ada beberapa cara mujarab untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami yaitu sebagai berikut :

Cara Jitu Mengecilkan Pori-pori Wajah

  1. 1.      Menggunakan Tomat – Kandungan vitamin C dan Potasium yang terdapat pada Jus tomat sering dipercaya dapat mengatasi pori-pori wajah yang besar. Caranya yaitu potong dua buah tomat organik yang sudah matang kemudian blender sampai halus. Aplikasikan pada bagian wajah anda hingga rata selama kurang lebih 20menit setelah itu bilas dengan air hangat.
  2. 2.      Kombinasi buah Apel dan Mentimun – Buah dan sayur yang memiliki sifat astringen seperti mentimun dapat anda gunakan untuk mengecilkan pori-pori. Terlebih jika dikombinasikan dengan buah apel yang merupakan antioksidan dan mengandung bahan yang mampu menyerap minyak berlebih pada wajah. Caranya haluskan kedua buah ini secara bersamaan dengan menggunakan blender kemudian jadikan sebagai masker. Oleskan pada wajah selama 10 menit baru anda bilas dengan air bersih.
  3. 3.      Menggunakan Jeruk Nipis – Jeruk nipis sangat kaya akan antioksidan dan kandungan vitamin C nya yang baik untuk wajah. Tempelkan jeruk nipis yang telah diiris tipis ke bagian wajah anda hingga merata. Namun sebelum menggunakannya pastikan kondisi wajah anda sedang dalam keadaan bersih tanpa make up dan kotoran.
  4. 4.      Kombinasi Gula, Madu dan Minyak Zaitun – Madu memang sering digunakan untuk kecantikan karena nutrisi yang terkandung didalamnya dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan kenyal. Namun jika kita gabungkan dengan gula dan minyak zaitun, maka khasiatnya akan lebih bagus lagit terutama untuk mengecilkan pori-pori wajah yang besar.
  5. 5.      Menggunakan Es Batu – Mungkin cara ini terdengar aneh, tetapi memang terbukti bahwa es batu dapat mengecilkan pori-pori. Caranya yaitu bungkus es batu menggunakan kain katun kemudian gosokkan pada bagian wajah. Rasa dingin yang keluar dari es batu dapat mengencangkan pori-pori dan menjaga produksi sebum (kelenjar minyak) agar tetap normal.
  6. 6.      Menggunakan Oatmeal – Tekstur oatmeal yang kasar dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori wajah. Campurkan dua sendok makan oatmeal dengan madu dan susu bubuk murni secukupnya. Aduk hingga menyerupai masker kemudian pijatkan pada wajah secara ringan dan merata. Lakukan cara ini minimal 2x seminggu agar hasilnya lebih cepat dan maksimal.
Baca Juga :   8 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh

Mengecilkan pori-pori wajah dengan cara alami selain menghemat biaya, cara ini juga aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Namun jika dirasa anda perlu melakukan perawatan kulit secara intensif, silahkan anda konsultasikan kepada ahli dermatologi yang memiliki rangkaian perawatan khusus bagi anda yang memiliki masalah pada wajah. Sekian dan Terimakasih.

Comments

comments

Leave a Reply