Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

imagesCara Alami Menghilangkan Bekas LukaKetika pada bagian tubuh kita terdapat bekas luka yang sudah lama tak kunjung hilang, maka hal tersebut dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Terlebih jika bekas luka tersebut berada di bagian tubuh yang terlihat seperti wajah, tangan, kaki dan betis pastinya membuat kita kesal. Mungkin anda bisa saja menutupi bekas luka tersebut dengan berbagai cara seperti mengenakan pakaian panjang agar luka tidak terlihat, tapi alangkah baiknya jika luka tersebut dapat dihilangkan.

Bekas luka yang sering terjadi biasanya pada bagian kaki akibat terkena knalpot kendaraan atau terjatuh sehingga pada bagian lutut mengalami luka yang sulit untuk dihilangkan. Penggunaan cream-cream penghilang bekas luka memang bisa menjadi alternatif anda untuk menghilangkan bekas luka, tetapi kita juga harus tahu apakah cream tersebut cocok dengan jenis kulit anda. Jika tidak maka dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan bekas luka akan lebih lama hilangnya.

Lalu bagaimana caranya agar luka tersebut dapat hilang dengan cepat namun tanpa menimbulkan efek samping? Pada pembahasan kali ini akan diulas mengenai cara alami menghilangkan bekas luka. Dengan menggunakan bahan dasar herbal atau alami, maka tidak akan menimbulkan efek samping dan bahkan akan lebih cepat dalam proses penyembuhannya. Lalu bahan alami apa saja yang dipercaya dapat menghilangkan bekas luka? Ada beberapa bahan alami yang dipercaya dapat menghilangkan bekas luka seperti Mentimun, Madu, Lemon dll. Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca selengkapnya dibawah ini :

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

  1. 1.      Menggunakan Mentimun. Selain untuk mengobati jerawat, mentimun juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Kandungan silika yang terdapat pada mentimun dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput. Caranya yaitu dengan diiris kecil-kecil atau dihaluskan dengan cara diblender kemudian oleskan pada bagian bekas luka. 
  2. 2.      Menggunakan Lemon. Lemon dapat digunakan sebagai pemutih alami sehingga sangat cocok untuk menyamarkan bekas luka. Namun anda tidak boleh menggunakannya terlalu berlebihan karena lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit jika anda menggunakannya untuk jangka panjang. 
  3. 3.      Menggunakan Madu. Madu memang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Madu alami dapat merangsang regenerasi sel, mendinginkan, mengurangi rasa nyeri dan menghilangkan bekas luka. Caranya yaitu dengan mengoleskan madu pada bagian bekas luka selama kurang lebih 20-30 menit setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat. 
  4. 4.      Menggunakan Teh Hijau. Para ahli kesehatan mengemukakan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada teh hijau dipercaya dapat mengurangi aktifitas hormon penyebab, mengontrol produksi minyak dan menghilangkan bekas luka. Karena itu banyak produk kecantikan yang menggunakan teh hijau sebagai bahan dasarnya. 
  5. 5.      Menggunakan Daun Pare. Pare memang terkenal dengan rasanya yang pahit, namun khasiat untuk kesehatannya dapat anda gunakan untuk menyamarkan bekas luka. Anda cukup mencuci bersih daun pare yang masih segar kemudian anda remas-remas, tambahkan air hangat kemudian peras. Nah, perasanan daun pare inilah yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan bekas luka. Namun terlebih dahulu harus anda campur dengan tepung beras agar teksturnya seperti lotion. 
  6. 6.      Menggunakan Lidah Buaya. Lidah buaya memiliki kandungan lignin dan asam amino yang dapat melembabkan kulit dan meregenerasi kulit. Selain itu juga lidah buaya dapat menghilangkan bekas luka dengan cara mengoleskan lendir atau daging lidah buaya pada bagian bekas luka. Namun anda harus berhati-hati dengan getah yang terdapat pada lidah buaya karena dapat menimbulkan gatal pada kulit.
Baca Juga :   8 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh

Untuk menghilangkan bekas luka secara alami mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi dengan menggunakan cara alami anda tidak akan terkena efek samping apapun yang dapat membahayakan kesehatan anda dan dari segi biaya cara ini tidak begitu memerlukan biaya yang banyak karena bahan-bahannya pun dapat anda cari disekitar anda. Sekian dan Terimakasih.

Comments

comments

Leave a Reply