Beberapa penyakit telinga dan bagaimana mencegahnya

Macam-macam penyakit telinga

Selain organ-organ dalam tubuh, manusia dibekali juga dengan berbagai indera yang begitu berguna. Salah satu indera yang paling penting adalah indera pendengaran. Dengan indera ini, kita bisa mendengar suara yang pada hasil akhirnya kita bisa berkomunikasi dua arah dengan setiap orang. Dengan demikian, kesehatan telinga harus dijaga sebaik mungkin.

Meskipun masalah pada organ telinga jarang dianggap sebagai masalah yang serius, namun jika tidak mendapatkan perhatian maka masalah yang terjadi justru akan menjadi semakin parah. Ada beberapa masalah yang dapat terjadi pada telinga, beberapa di antaranya adalah :

  • Penyumbatan kotoran telinga
    Hal ini sering terjadi pada orang-orang yang jarang membersihkan kotoran dari telinga mereka. Padahal, dengan membersihkan kotoran dari telinga secara berkala dapat mencegah terjadinya sumbatan kotoran pada telinga. Jika sudah terjadi penyumbatan, sebaiknya tidak dibersihkan sendiri. Kemungkinan yang terjadi jika dibersihkan sendiri adalah munculnya lecet atau kotoran justru malah semakin padat dan susah untuk dikeluarkan. Di dokter, kotoran telinga yang mengeras akan diberikan obat supaya menjadi kembali lembek. Selain itu, dibutuhkan alat khusus untuk menyedot kotoran telinga yang berada pada bagian dalam telinga.
  • Hilangnya pendengaran
    Ada kondisi dimana bisa terjadi kehilangan pendengaran akibat suara yang terlalu keras. Hilangnya pendengaran ini merupakan bagian dari kerusakan telinga bagian dalam. Untuk menghindari ini terjadi, jauhilah pencemaran suara yang terlalu keras sehingga dapat merusak pendengaran anda. Jika anda terlanjur mengalami masalah ini, anda dapat mengunjungi dokter THT dan berkonsultasi dengannya.
  • Tinnitus
    Kondisi ini merupakan sebuah keadaan dimana terjadi dengungan di dalam telinga. Kondisi ini bisa dikategorikan sebagai masalah telinga ringan, namun cukup mengganggu. Masalah ini biasanya hilang tanpa disadari oleh penderitanya. Pada beberapa kasus yang jarang terjadi, tinnitus yang dibiarkan tidak diobati akan memunculkan tumor telinga. Bunyi dengungan ini mungkin tidak disadari jika kita memang sedang berada di empat yang bising, namun ketika kita pindah ke tempat yang sunyi, maka bunyi ini muncul dan terdengar.
  • Othematoma
    Ini adalah suatu keadaan dimana terdapat gangguan pada tulang rawan telinga seseorang. Penyakit ini sering disebut juga sebagai penyakit bunga kol. Biasanya, jika ini terjadi sering ada pendarahan internal. Untuk mengatasi masalah ini, anda harus mengunjungi dokter THT.
  • Vertigo
    Mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwa sesungguhnya vertigo disebabkan oleh masalah yang muncul pada telinga. Gangguan yang terjadi ada pada telinga bagian dalam sehingga memunculkan gejala pusing, penderita sesakan-akan berputar-putar dan melayang.
  • Tuli konduksi
    Keadaan ini terjadi dimana telinga tidak dapat mendengar karena terdapatnya gangguan pada penghantar getaran suara. Ada beberapa hal yang menyebabkan ini, antara lain kerusakan saraf auditori, terjadi pengapuran pada tulang pendengaran, pecah membran timpani dan penyumbatan minyak serumen pada saluran telinga.
Baca Juga :   Ternyata Ada Manfaat Didalam Kulit Rambutan !

Merawat kebersihan telinga adalah salah satu langkah yang paling konkret untuk menjaga kesehatannya. Anda harus sering membersihkan telinga untuk memastikan tidak terdapat kotoran yang bisa menjadi masalah di telinga anda. Selain itu, pastikan anda juga secara berkala memeriksakan kesehatan telinga anda ke dokter THT.

Untuk mendukung kesehatan secara umum di tubuh kita, kita harus mengubah pola makan kita menjadi jauh lebih sehat. Selain itu, hindarilah berbagai gaya hidup yang merugikan. Beberapa gaya hidup merugikan yang seringkali dianggap biasa adalah merokok dan terlalu banyak makan junk food.

Comments

comments

Leave a Reply