Bahaya Radikal Bebas Bagi Kesehatan Radikal Bebas

bahaya-radikal-bebas

Bahaya Radikal Bebas Bagi Kesehatan Radikal Bebas – Radikal Bebas adalah Molekul yang kehilangan Elektron, dan membuat molekul itu menjadi tidak stabil karena selalu berusaha mengambil elektron yang ada pada molekul dan sel sel lainnya. Pada umumnya banyak orang yang tidak menyadari akan keberadaan radikal bebas dan apa pengaruhnya jika organ tubuh kita mengalami radikal bebas. Penyakit yang ditimbulkan akibat radikal bebas bersifat kronis, dan terjangkitnya pun memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuat penyakit itu menjadi nyata.

Ada beberapa contoh penyakit yang sering dihubung hubungkan dengan Radikal bebas, diantaranya yaitu seperti Kanker, penuaan dini, gangguan pada paru-paru dan serangan jantung. Ketika anda mengalami infeksi, radikal sangat diperlukan oleh tubuh untuk membunuh mikroorganisme penyebab terjadinya infeksi. Namun radikal bebas yang berlebihan dan secara terus menerus akan menimbulkan terjadinya kerusakan pada sel tubuh, mengurangi kemampuan sel untuk beradaptasi dengan tubuh dan akhirnya sel sel tersebut akan mati. Dibawah ini ada beberapa jenis radikal bebas yang membahayakan kesehatan anda.

Jenis – Jenis Radikal Bebas

  1. Polusi Udara

Polusi yang disebabkan dari asap kendaraan, limbah industri, asap rokok, dan pendingin ruangan merupakan sumber dari radikal bebas dan itu sangat berbahaya bagi tubuh kita.

  1. Asap Rokok

Oksigen yang ada didalam rokok, mampu untuk membuat tubuh kita mengalami kerusakan pada saluran pernapasan karena asap tembakau itu menghasilkan antioksidan intraseluler dalam sel paru yang dikaitkan terhadap tekanan oksigen. Tiap hisapan rokok mempunyai bahan oksidan yang jumlahnya cukup besar yaitu seperti aldehida, peroxida, epoxida dan radikal bebas.

  1. Obat – obatan

Ada banyak macam obat obatan yang dapat meningkatkan produksi radikal bebas. Obat obatan tersebut bereaksi bersama hiperoksia dan dapat mempercepat kerusakan sel. Termasuk didalam antibiotika kelompok quinoid atau berikatan logam untuk aktifitasnya, obat kanker seperti bleomycin, dan methotrexate yang meiliki aktifitas seperti pro-oksidan.

  1. Olahraga Yang berlebihan
Baca Juga :   Khasiat Tanaman Binahong & Resep Ampuh Bagi Kesehatan

Olahraga yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuk karena akan membuat tubuh kita membutuhkan suplai oksigen yang sangat banyak, sehingga akan memicu terjadinya radikal bebas pada tubuh kita.

 

 

  1. Radiasi Sinar Ultra Violet

Matahari memancarkan sinar dengan radiasi panjang gelombang dengan rentang  yang sangat lebar. Tetapi ketika sinar UV tersebut masuk kebumi, sinar tersebut memiliki rentang panjang gelombang sekitar 180-380nm atau sering disebut 200-400nm. Sinar Ultra Violet memiliki banyak energi yang cukup untuk mengeksitasi elektron, karena dapat memicu timbulnya radikal bebas pada tubuh terutama kulit.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk Menangkal Bahaya Radikal Bebas, diantaranya yaitu menggunakan antioksidan. Substansi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menetralisir radikal bebas dan untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat radikal bebas terhadap sel normal, lemak, dan protein. Antioksidan mampu menstabilkan radikal bebas, yaitu dengan cara melengkapi kekurangan elektron yang dimiliki radikal bebas dan menghambat terjadinya reaksi berantai dari pembentukan radikal bebas. Namun walaupun antioksidannya sangat kuat, tubuh tetap membutuhkan asupan vitamin C sebesar 1000 mg agar tubuh bisa menghasilkan glutahione karena keseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas menjadi kunci utama untuk mencegah terjadinya stres oksidatif dan beberapa penyakit kronis yang lainnya.

Comments

comments

Leave a Reply