Apa saja faktor terjadinya osteoporosis?

OsteoporosisOsteoporosis merupakan salah satu masalah tulang yang sangat serius. Hal ini mengingat tulang adalah organ tubuh yang menyangga tubuh. Jika tulang bermasalah, maka tubuh tidak akan dapat berdiri tegak seperti seharusnya.

Osteoporosis dapat dikategorikan sebagai sebuah kelainan tulang dimana terjadi pengeroposan dan menghilangnya masa tulang. Wanita lebih berisiko terkena osteoporosis 2 – 4 kali dari pada pria.

Pada seseorang yang mengalami osteoporosis dapat terjadi patah tulang. Dari keseluruhan kasus osteoporosis ini, satu dari wanita usia lebih dari 60 tahun mengalami patah tulang. Sedangkan pada laki-laki berumur lebih dari 75 tahun terjadi patah tulang 1 dari lima penderita.

Kenapa wanita lebih rentan terkena osteoporosis ketimbang pria?

Wanita memiliki hormon estrogen yang sangat bermanfaat ketika masa menopause tiba. Pada masa ini, kadar estrogen justru mengalami penurunan. Hal inilah mengapa wanita lebih rentan terkena osteoporosis ketimbang pria.

Apa saja faktor terjadinya osteoporosis?

Peluang terjadinya osteoporosis akan meningkat seiring dengan faktor risiko yang ada. Beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan osteoporosis antara lain adalah :

  • Riwayat keluarga

Seseorang yang mempunyai keluarga, khususnya orang tua yang mengalami osteoporosis lebih memiliki peluang untuk mengalami osteoporosis dari pada mereka yang tidak mempunyai riwayat keluarga osteoporosis.

  • Kekurangan aktifitas fisik

Olahraga mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Salah satu yang tidak bisa dipungkiri adalah kesehatan tulang. Kurangnya olahraga atau aktifitas fisik lainnya dapat menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang atau disebut juga sebagai osteoporosis.

  • Diet rendah kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Untuk itu, kecukupan kalsium harus selalu diperhatikan. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis.

  • Usia

Usia bisa menjadi bagian dari meningkatnya peluang untuk mengalami osteoporosis. Semakin tua, seseorang harus lebih memperhatikan kesehatannya, termasuk kesehatan tulang.

  • Merokok
Baca Juga :   Alergi Susu Sapi

Rokok merupakan salah satu racun yang berbahaya di dunia. Rokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk osteoporosis. Untuk itu, hentikan merokok untuk mendapatkan tulang yang kuat seiring dengan bertambahnya usia.

Apa penyebab osteoporosis?

Secara umum, penyebab dari osteoporosis ada dua. Hal yang pertama adalah hilangnya masa tulang yang terjadi secara terus menerus. Kehilangan masa tulang ini disebabkan oleh terjadinya kegagalan dalam remodeling masa tulan. Penyebab yang kedua adalah terdapat masalah pembentukan masa tulang pada masa pertumbuhan.

Kedua penyebab tersebut bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan faktor genetik. Seperti yang telah dikemukakan di atas bahwa seseorang yang mempunyai orang tua atau anggota keluarga yang mengidap osteoporosis, maka anaknya berisiko mengalami hal yang sama.

Apa saja gejala osteoporosis?

  • Adanya perubahan bentuk tulang

Perubahan bentuk tulang pada penderita osteoporosis sangat sering terjadi. Hal ini karena tulang sangat mudah mengalami fraktur atau patah.

  • Mengalami nyeri

Nyeri yang dirasakan ada pada bagian belakang. Nyeri ini akan bertambah porsi atau intensitasnya pada malam hari. Jadi, ketika malam hari rasa nyeri bisa bertambah parah dan lebih sering.

Bagaimana menangani osteoporosis?

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menangani osteoporosis yang sudah terjadi. Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan

  • Melakukan diet kalsium dengan dosis tinggi. Hal ini bisa dilakukan dengan pengawasan dokter ahli yang menangani pasien.
  • Pemberian vitamin D dengan dosis tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin D sangat baik untuk tulang
  • Penggunaan penyangga tulang belakang. Langkah ini bisa dilakukan dengan operasi. Hal ini harus terlebih dahulu dikonsultasikan dengan dokter ahli yang menangani pasien.

Comments

comments

Leave a Reply