Apa itu kanker hidung?

Hidung adalah salah satu organ yang penting bagi manusia. Sebagai salah satu organ yang melengkapi sistem pernafasan, hidung juga perlu mendapatkan perhatian. Misalnya dengan mengetahui berbagai macam penyakit yang bisa menyerang bagian hidung. Dan tahukah Anda, jika hidung bisa terkena penyakit ganas bernama kanker hidung atau dikenal dengan kanker nasofaring. Apakah kanker hidung itu? Berikut ini ulasannya.

Kanker hidung dikenal dengan nama kanker nasofaring, dimana kanker ini tumbuh di rongga hidung bagian belakang juga di rongga mulut di bagian belakang. Kanker hidung termasuk kanker yang penyebarannya di sebabkan karena adanya garis keturunan yang mengidap kanker ini. nasofaring termasuk berbahaya karena bisa menyebar hingga ke mata, telinga, bagian leher dan otak. Laki-laki lebih mudah terkena resiko kanker hidung dibandingkan dengan perempuan.

Kanker hidung tidak terjadi begitu saja, kanker hidung merupakan efek jangka panjang dari gaya hidup seseorang. Misalnya, sering mengkonsumsi makanan atau minuma yang mengandung bahan pengawet, diasap atau diasinkan. Sering menghisap asap rokok, polusi, asap obat nyamuk atau asap kayu bakar.

Gejala umum yang sering dirasakan adalah telinga berdengung, terasa sakit dan disertai penurunan daya dengar. Hidung sering mimisan, pilek dan tersumbat. Pada kondisi yang sudah parah akan terjadi pembesaran pada kelenjar getah bening pada leher, mata menjadi juling, mata bisa menonjol keluar, sering nyeri dan sakit kepala.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, periksakan diri ke dokter spesialias THT. Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan CT Scan, rhinoskopi dan posterior, nasofaringoskopi, biopsy dan histopalogi. Dengan pemeriksaan yang lebih awal, besar kemungkinan kanker hidung tersebut bisa disembuhkan.

Jika kanker hidung sudah terlanjur parah, Anda akan menjalani radioterapi, kadang dikombinasikan dengan kemoterapi. Dokter jarang sekali melakukan tindakan operasi karena posisi kanker yang sulit dijangkau dan dekat dengan metastase kelenjar getah bening. Kanker hidung bisa dicegah dengan cara menciptakan dan mempertahankan lingkungan hidup yang sehat dan bersih, memiliki sirkulasi udara yang baik dan hindari makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet. Hindari polusi dan gas hasil dari zat-zat kimia.

Baca Juga :   Manfaat Dan Kandungan Cabai Rawit

 

Sumber : artikelkesehatanwanita.com

Comments

comments

Leave a Reply