8 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh

asparagus28 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan TubuhTahukah anda apa itu rebung? Ya, rebung adalah tunas muda dari bambu. Rebung kaya akan kandungan karbohidrat, protein dan rebung ini sering digunakan dan diolah sebagai makanan sehari-hari. Mengkonsumsi rebung dapat membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker. Dimasyarakat Indonesia sendiri rebung sudah diolah ke berbagai jenis bahan makanan seperti tepung rebung, cuka rebung, keripik rebung, asinan rebung dll.

Rebung yang pada awalnya berasal dari pohon bambu ini banyak tumbuh di berbagai negara di Asia termasuk Indonesia. Indonesia adalah negara terbesar penghasil rebung saat ini. Bagi sebagian orang mungkin banyak yang tidak menyukai makanan ini, pastinya akan menganggap makanan ini memiliki tekstur dan rasanya yang aneh. Tetapi jika anda mengetahui manfaat akan rebung, pastinya anda akan tertarik dan ingin mencicipinya. Rebung memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan baik untuk proses pencernaan. Rebung juga dapat memberikan rasa kenyang serta melancarkan BAB.

Dalam 100 gram rebung memiliki kandungan gula sebanyak 2,5 gram dan kandungan lemak baik jenuh maupun tak jenuh sebanyak 0,49 gram. Kandungan ini tentunya sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung anda. Pastinya anda penasaran kan, apa saja sih manfaatnya jika kita mengkonsumsi rebung setiap hari? Dibawah ini silahkan anda baca beberapa manfaat rebung bagi kesehatan tubuh :

8 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh

  • Mengurangi Resiko Kanker – Rebung memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Makanan yang mengandung serat tinggi bermanfaat untuk mengurangi resiko anda terkena penyakit kanker terutama di bagian saluran pencernaan. Serat yang dihasilkan oleh rebung dapat menyingkirkan zat-zat pengotor yang ada didalam usus sehingga resiko kanker dapat diminimalisir. 
  • Bermanfaat Untuk Program Diet – Pastinya anda sudah tahu jika bagi orang yang sedang diet sangat membutuhkan serat karena serat sangat bagus untuk menghilangkan rasa lapar karena jika mengkonsumsi rebung, maka anda akan lebih cepat merasa kenyang. 
  • Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat –  Selain serat, rebung juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radiasi bebas sehingga tidak membahayakan kesehatan anda. Antioksidan yang terdapat pada rebung disebut juga Fitosterol. 
  • Mengurangi Resiko Stroke – Makanan yang kaya akan kalium seperti rebung ini sangat bermanfaat bagi para penderita stroke. Penderita stroke biasanyak akan mengalami diferensi mineral sehingga kurang lebihnya membutuhkan zat kalium sebanyak 400 mg setiap hari. 
  • Sistem Kekebalan Tubuh – Banyaknya kandungan yang terdapat pada rebung seperti Vitamin B6, Vitamin E, Kalsium, Magnesium, Seng, Natrium dan Zat besi sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh agar anda tidak mudah terserang penyakit.
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi – Tekanan darah tinggi biasanya terjadi akibat depresi, kecemasan dan mengalami sakit mental. Dengan mengkonsumsi rebung setiap hari anda dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi karena rebung memiliki kandungan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menstabilkannya.
  • Mengobati Bisul – Jika anda memiliki bisul, sebaiknya anda konsumsi rebung karena rebung dapat mengatasi peradangan dan juga berkhasiat untuk menyembuhkan luka. 
  • Melancarkan Siklus Menstruasi – Jika anda seorang wanita yang siklus menstruasinya tidak lancar, silahkan anda konsumsi rebung secara teratur untuk mengatasi masalah tersebut. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan rebung mengandung bahan alami yang dapat memperlancar siklus menstruasi dan mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi.
Baca Juga :   Buah Belimbing Sebagai Obat Jerawat Dan Panu

Rebung dapat anda jumpai disekitar anda baik di pasar tradisional maupun supermarket. Jika anda peduli dengan kesehatan anda, tidak ada salahnya anda coba untuk rutin mengkonsumsi rebung agar anda terhindar dari penyakit berbahaya yang telah disebutkan diatas. Sekian dan Terimakasih.

Comments

comments

Leave a Reply