5 Penyakit Yang Kerap Menyerang Wanita

wanita-osteoporosis-277x3705 Penyakit Yang Kerap Menyerang Wanita – Penyakit memang bisa menyerang siapa saja tidak memandang apakah dia pria atau wanita, kaya atau miskin, bahkan tua ataupun muda setiap orang beresiko mengidap suatu penyakit. Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa penyakit tertentu yang mengintai dan perempuan lebih cenderung rentan terhadap penyakit ini dibandingkan pria. Hal ini dikarenakan perempuan lebih sering mengalami perubahan drastis terutama masalah hormonal dan komposisi tubuh.

Perubahan gaya hidup seringkali dianggap sebagai penyebab utama munculnya penyakit ini dan kurangnya memperhatikan pola makan dapat meningkatkan resiko wanita terjangkit suatu penyakit. Penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, dan serangan jantung memang dapat menyerang siapa saja, tapi perlu anda ketahui bahwa 80% wanita lebih rentan dan beresiko mengalami penyakit tersebut terutama wanita yang sudah lanjut usia.

Mengapa demikian? Karena sistem kekebalan tubuh pada wanita lebih rendah jika dibandingkan dengan pria. Salah satu penyakit yang sering dialami wanita pada umumnya adalah depresi dan ini sering terjadi pada saat-saat postnatal atau setelah melahirkan dan menopause. Gejala yang biasanya dialami seperti sedih, galau, malu, merasa berdosa, gelisah, sering menangis, susah tidur, suka menyendiri, sulit berkonsentrasi dan lain sebagainya.

Lalu, penyakit apa apa saja yang kerap menyerang wanita? Dibawah ini ada beberapa jenis penyakit berbahaya yang lebih sering dialami wanita dewasa :

5 Penyakit Yang Kerap Menyerang Wanita

  • Osteoporosis – Ketika wanita telah menginjak usianya di 40th, maka seringkali tubuhnya terasa sakit dan nyeri dan wanita akan mengalami masa yang dinamakan menopause atau berhentinya secara fisiologis siklus menstruasi yang berkaitan dengan faktor kesuburan. Wanita yang terkena osteoporosis biasanya karena kebiasaan sehari-hari seperti posisi tubuh yang salah ketika berdiri, berjalan atau duduk. Adapun faktor lain seperti kekurangan nutrisi dan adanya faktor keturunan. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya anda harus rajin berolahraga agar otot punggung lebih fleksibel dan mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung kalsium dan zat besi.
  • Kanker Payudara – Walaupun penyakit ini dapat menyerang pria, tetapi wanita memiliki resiko lebih besar terkena kanker payudara. Sebenarnya penyakit ini dapat disembuhkan, hanya saja terkadang kita mengetahui bahwa kita terkena kanker payudara setelah sampai ketahap yang berbahaya dan sulit untuk disembuhkan. Kanker payudara seringkali disebabkan karena obesitas, siklus menstruasi yang terlalu dini dan sejarah kesehatan keluarga. Untuk itu sebaiknya anda selalu periksakan kondisi payudara anda atau jika anda merasa ada yang aneh pada payudara anda segeralah untuk mengkonsultasikannya dengan dokter.
  • Penyakit Jantung – Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomer satu didunia. Berdasarkan penelitian 10th belakangan ini, penyakit jantung ternyata lebih sering dialami wanita terutama wanita dewasa yang telah menginjakkan usianya lebih dari 40th. Wanita cenderung mengabaikan gejala penyakit jantung seperti nyeri pada dada, mual, sering muntah dan sulit bernafas. Mereka tidak tahu bahwa gejala tersebut merupakan gejala penyakit jantung dan ini yang menyebabkan wanita lebih rentan terhadap serangan jantung.
  • Penyakit Paru-paru Obstruktif Kronik – Penelitian terbaru menyebutkan bahwa PPOK (Penyakit Paru-paru Obstruktif Kronik) lebih sering dialami oleh perempuan karena saat ini jumlah perokok dan wanita yang mengkonsumsi minuman beralkohol semakin meningkat ditambah kurangnya memperhatikan gaya hidup yang sehat seperti olahraga dan makan-makanan sehat.
  • Kanker Rahim – Tumor ganas yang berada dilapisan rahim sering disebut kanker rahim. Penyakit ini sering dialami pada wanita yang berusia 50-60th setelah terjadi menopause. Kanker rahim akan menyebar bagian tubuh lainnya seperti kanalis servikalis, tuba falopii, ovarium, sistem getah bening dan keseluruh bagian tubuh lainnya yang menyebar lewat pembuluh darah.
Baca Juga :   Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Merah

Setelah anda mengetahui apa saja penyakit yang sering menyerang wanita, diharapkan anda lebih waspada dan menghindari penyebab yang dapat mengakibatkan penyakit tersebut. Cegah sedini mungkin agar anda dapat hidup sehat bersama orang-orang tercinta anda. Sekian dan Terimakasih.

Comments

comments

Leave a Reply