5 Kebiasaaan Agar Terhindar dari Sakit Gigi

ist2_3481945-brush-your-teeth-they-love-it5 Kebiasaaan Agar Terhindar dari Sakit GigiSakit gigi biasanya terjadi jika ada masalah pada gigi seperti terjadi gangguan pada bagian akar gigi, gusi ataupun gigi berlubang. Gigi berlubang adalah masalah yang paling sering dialami oleh semua orang baik orang dewasa ataupun anak-anak. Kurangnya menjaga kebersihan gigi menjadi salah satu pemicu terjadinya gigi berlubang yang mengakibatkan munculnya rasa nyeri pada gigi anda. Pola makan yang kurang baik merupakan penyebab utama yang sering dialami para penderita sakit gigi.

Agar anda terhindar dari sakit gigi sebisa mungkin kurangi makanan yang banyak mengandung bahan kimia karena dapat menyebabkan gigi menjadi rapuh dan cepat rusak. Selain itu, terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis manis juga dapat memicu gigi berlubang. Untuk menghindari hal-hal tersebut, rajin-rajinlah anda untuk menggosok gigi setiap hari agar tidak ada sisa makanan yang terselip di gigi yang dapat mengakibatkan gigi berlubang.

Gigi yang berlubang akan menimbulkan bau busuk yang pastinya dapat mengurangi rasa percaya diri anda ketika tengah berbicara dengan orang lain. Namun jika anda sudah terlanjur memiliki masalah pada gigi baik itu gigi berlubang ataupun sakit gigi, langkah yang harus anda lakukan yaitu melakukan pengobatan atau mengatasi agar sakit gigi tersebut bisa hilang. Untuk menghindari hal tersebut silahkan anda rubah pola hidup anda menjadi lebih sehat. Salah satu kebiasaan yang dapat anda lakukan agar terhindar dari sakit gigi dapat anda baca dibawah ini :

5 Kebiasaan Sehat Agar Terhindar Dari Sakit Gigi

  1. 1.      Konsumsi Buah dan Sayur. Sayur memiliki segudang manfaat bagi kesehatan salah satunya yaitu untuk menguatkan gigi agar tidak rapuh dan mudah berlubang. Dengan asupan vitamin dan nutrisi yang dihasilkan oleh buah dan sayur membuat gusi menjadi lebih sehat dan gigi juga menjadi lebih kuat.
  2. 2.      Menjaga Kebersihan Gigi. Menjaga kebersihan gigi merupakan hal wajib yang harus dilakukan setiap orang agar tidak mengalami sakit gigi atau gigi berlubang. Gigi yang rapuh biasanya terjadi karena kurangnya kita memperhatikan kebersihan gigi. Gosoklah gigi anda minimal dua kali sehari yaitu pagi hari dan malam sebelum tidur.
  3. 3.      Jauhi Makanan Yang Mengandung Pemanis Buatan. Permen adalah salah satu makanan yang mengandung pemanis buatan. Kebanyakan anak-anak memiliki gigi yang rusak karena terlalu banyak mengkonsumsi permen. Kadar gula yang dihasilkan dari pemanis buatan sangatlah tinggi sehingga tidak bagus untuk kesehatan gigi.
  4. 4.      Jauhi Minuman Beralkohol dan Rokok. Mungkin jarang yang mengetahui bahwa rokok dan alkohol dapat merusak kesehatan gigi yang dapat mengakibatkan anda sakit gigi. Rokok memiliki kadar nikotin yang dapat memicu timbulnya plak kuning pada gigi dan alkohol mengandung zat yang mampu membuat gigi menjadi rapuh dan keropos.
  5. 5.      Perbanyak Konsumsi Telur dan Susu. Kandungan vitamin D yang terdapat pada telur sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan sangat berperan penting dalam proses pembangunan gigi. Bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sebaiknya perbanyak mengkonsumsi telur dan susu agar memiliki gigi yang kuat dan sehat.
Baca Juga :   Daun Cincau Bagi Kesehatan

Menjaga kesehatan gigi memang harus dilakukan sedini mungkin agar gigi dapat tumbuh dengan baik dan kuat. Namun jika anda mengalami sakit gigi akibat gigi berlubang, segeralah lakukan beberapa pengobatan tradisional seperti memasukkan kapas yang telah dibasahi dengan minyak cengkeh kedalam gigi yang berlubang tersebut untuk menghilangkan rasa sakit. Sekian dan Terimakasih.

Comments

comments

Leave a Reply