5 Dampak Emosi Terhadap Kesehatan Tubuh

Setiap orang pasti pernah emosi, namun jika emosi tersebut dibiarkan berlarut-larut maka hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Menurut asisten profesor Universitas Minnesota, Karen Lawson, MD, apabila ada pendapat yang menyatakan bahwa emosi dan tubuh merupakan dua hal yang terpisahkan, rasanya kurang tepat. Bahkan mungkin tanpa disadari, rasa sakit di punggung seseorang bisa mempunyai hubungan dengan depresi yang sedang dialaminya. Ada beberapa pengaruh emosi lainnya terhadap kesehatan tubuh seperti yang akan diulas berikut ini.

5 dampak emosi terhadap kesehatan tubuh

1. Kemarahan berhubungan dengan sakit punggung
Rasa amarah yang sedang anda alami bisa menjadi pemicu rasa sakit pada bagian punggung. Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Pain menunjukkan bahwa amarah bisa mengaktifkan jalur saraf yang membawa ketegangan mental menuju otot-otot yang mengelilingi tulang bagian belakang.

2. Kesepian berhubungan dengan tekanan darah tinggi
Anda sering merasa kesepian? Waspadalah terhadap kondisi tersebut, karena orang yang sering merasa kesepian cenderung akan mengalami tekanan darah tinggi, bahkan hingga dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

3. Depresi berhubungan dengan kanker
Orang yang depresi memiliki potensi yang cukup besar memicu datangnya kanker. Mereka yang sering mengalami kondisi depresi mempunyai risiko terkena kanker sebanyak 69 persen lebih besar daripada orang yang tidak atau jarang mengalami depresi.

4. Pesimisme berhubungan dengan stroke
Sikap pesimis bisa meningkatkan risiko terjadinya stroke. Pikiran yang selalu dikelilingi hal-hal negatif bisa merusak pembuluh darah serta dapat mengganggu bagian sistem saraf yang mengontrol detak jantung. Hal ini akan memicu seseorang untuk terkena stroke.

5. Kecemasan berhubungan dengan demensia
Menurut sebuah studi di Inggris, kecemasan bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami demensia. Ketegangan mental merupakan penyebab utamanya dimana kondisi tersebut bisa meningkatkan hormon glukokortikoid. Apabila seseorang kelebihan hormon tersebut, maka pusat memori akan menciut dan sel-sel otak akan mati.

Baca Juga :   5 Penyebab Perut Buncit

Itulah beberapa dampak buruk emosi bagi tubuh. Apabila emosi dibiarkan terus-menerus, maka kesehatan tubuh akan menurun. Oleh sebab itu, kontrol dan atasi emosi berkepanjangan anda, buat diri anda rileks, dan tenangkan pikiran anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Kesehatan | Merdeka.com | Photo : examiner.com

Comments

comments

Leave a Reply