Tanda Anak Terkena TBC

Tuberkulosis atau disingkat TBC termasuk penyakit yang mudah menular kepada siapa saja. TBC adalah salah satu penyakit yang patut diwaspadai karena TBC bisa menyerang anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis yang menyerang organ paru-paru.TB pada anak atau bayi termasuk penyakit yang tidak menular karena bakteri yang berkembang biak di kelenjar paru-paru yang tidak terbuka. Beda dengan TBC pada orang dewasa, kuman berada pada pada paru-paru dan membuat lubang untuk mencari jalan keluar melalui pernafasan.

Tanda anak terkena TBC tidak begitu terlihat atau tidak ada tanda-tanda khusus yang bisa terlihat apakah anak terjangkit TBC atau tidak. Namun ada tanda awal yang bisa mengindikasikan anak Anda terkena TBC. Misalnya, anak menjadi mudah sakit, demam berkepanjangan, batuk lebih dari 3 minggu, nafsu makan hilang, berat badan anak turun drastis tanpa sebab. Tanda-tanda tersebut tidak selalu tepat mengindikasikan anak terkena TBC, karena bisa saja tanda-tanda tersebut ternyata mengindikasikan penyakit lainnya.

Untuk memastikan tanda anak terkena TBC adalah dengan periksa ke dokter. Dokter nantinya akan melakukan uji tuberkulin atau uji mantoux. Uji tuberkulin dilakukan dengan menyuntikkan tuberkulin PPD intrakutan di volar lengan bawah. Reaksi obat akan terlihat mulai dari 48 hingga 78 jam dari masa penyuntikan. Uji tuberkulin positif menunjukkan anak terinfeksi TBC.

Meski tidak diketahui secara spesifik tanda anak terkena TBC, para orangtua harus mengetahui perkembangan anak dari waktu ke waktu. Apabila anak sudah positif terinfeksi TBC, maka langkah yang harus dilakukan adalah mencari sumber penularan dari orang dewasa disekitar anak yang pernah melakukan kontak langsung dengan anak. Sumber penularan harus ditemukan dan diobati agar penularan dapat dihentikan.

Baca Juga :   ATASI DIABETES MELLITUS CARA ALAMI

Pencegahan dini terhadap penyakit TBC dapat dilakukan dengan pemberian vaksin BCG. Vaksin yang diberikan sejak bayi baru dilahirkan hingga umur 3 bulan. Fungsi dari pemberian vaksin ini untuk mencegah penyakit TBC. Jika bayi Anda sudah berumur 3 bulan namun belum diberikan vaksin BCG, maka diperlukan uji tuberkulin terlebih dahulu. Vaksin BCG baru bisa diberikan pada bayi apabila hasil uji tuberkulin negatif.

Comments

comments

Leave a Reply