Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Gejala Gagal Ginjal – Kenali Gejala Gagal Ginjal

Mengenali gejala gagal ginjal sedari dini sangat lah penting. Jika gejala gagal ginjal diabaikan dan kondisi gagal ginjal semakin parah, maka akan berakibat fatal kepada si penderita. Tidak hanya efek secara langsung seperti rasa lemas dan hingga pingsan namun juga efek jangka panjang yakni munculnya berbagai penyakit kronis lain seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan ginjal sangat berkaitan dengan dan menentukan kondisi bersih atau tidaknya darah yang mengalir dalam tubuh, maka jika ginjal sudah rusak, bisa dibayangkan banyak organ akan terganggu karenanya.

Gejala Gagal Ginjal – Kenali Gejala – Gejala Gagal Ginjal Sedari Dini

Gagal ginjal pada awalnya sering kali tidak menunjukan gejala – gejala yang jelas terlihat atau disebut juga bersifat asymptomatic. salah satu fungsi ginjal adalah menyaring zat – zat sisa metabolisme dan racun dalam tubuh yang ada dialirkan oleh darah dan kemudian membuangnya bersama urine. dalam proses penyaringannya ginjal membutuhkan banyak air. oleh karenanya ketika fungsi ginjal mengalami penurunan atau rusak maka keseimbangan air dan elektrolit akan terganggu. ketika keseimbangan air dalam tubuh maka tubuh akan merasakan lesu bengkak yang umumnya terjadi nafas pendek dan lemah.

Gejala gagal ginjal yang kedua adalah meningkatnya asam tubuh karena tidak mampu memproduksi bicarbonate. gejala ini juga disebut sebagai metabolik acidosis. karena asam tubuh meningkat maka metabolisme enzim dan oksigen akan terganggu dan mengakibatkan gagal organ.

Gejala gagal ginjal juga bisa ditunjukan dengan gejala hyperkalemia yakni gejala menurunnya kemampuan tubuh dalam mengeluarkan dan meningkatkan potassium dari dalam serum. gejala ini juga berhubungan dengan gejala arrhythmias atau terganggunya irama detak jantung yang fatal.

Baca Juga :   Pengobatan Gejala Penyakit Eksim

Selain itu gejala gagal ginjal dapat ditunjukan dengan meningkatnya tingkat uremia atau urea dalam darah. hal ini sangat berbahaya karena dapat berpengaruh pada otak jantung dan otot misalnya hypocalcemia atau berkurangnya fungsi otot dikarenakan rendahnya tingkat kalsium pericarditis atau radang di lapisan jantung atau heart lining dan encephalopathy atau rusaknya fungsi organ otak.

Rusaknya fungsi ginjal membuat ginjal tidak bisa menangani jumlah asam berlebih yang dihasilkan oleh metabolisme anaerobik dikarenakan sel sel tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. kurangnya supplai oksigen ke sel sel tubuh bisa dikarenakan kurangnya sel darah merah atau anemia. anemia ini disebabkan oleh kurangnya tingkat erythropoietin yang tidak cukup dalam menstimulasi sumsung tulang.

Karena zat – zat sisa metabolisme tidak dapat disaring oleh ginjal yang rusak maka zat – zat limbah tersebut akan menyebar ke seluruh tubuh. bila hal itu terjadi maka penderita gagal ginjal bisa mengalami hilangnya nafsu makan lesu dan letih. jika dibiarkan maka akan merusak fungsi mental dan mengakibatkan koma.

Gejala awal gagal ginjal

Ketika asam dalam tubuh meningkat karena ginjal gagal menetralisirnya, maka paru – paru akan berusaha keras menteralisir asam tersebut dengan bekerja lebih cepat mengeluarkan karbon dioksida. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah yang mendorong kenaikan jumlah cairan di dalam paru – paru. Jika cairan dalam paru – paru meningkat maka penderita bisa terkena resiko congestive heart failure atau gagal jantung congestive.

Kondisi – kondisi gejala gagal ginjal di atas sangat mengerikan bukan. Oleh karenanya, jika Anda merasakan gejala gagal ginjal sesederhana apapun, segeralah melakukan tindakan antisipasi. Misalnya, dengan meminum air lebih banyak, menerapkan pola hidup sehat, mengecek kesehatan ke dokter, hingga melakukan tes darah untuk memastikan apakan limbah – limbah sisa metabolism tubuh banyak terdapat dalam darah atau tidak.

Baca Juga :   Mengenal Nyeri Sendi Kaki dan Pencegahannya

Itulah beberapa gejala gagal ginjal. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.

Cara alamai mengobati Gagal Ginjal secara Herbal Klik : Obat Gagal Ginjal – Ramuan Herbal untuk Obat Gagal Ginjal

Comments

comments

Leave a Reply