ATASI DIABETES MELLITUS CARA ALAMI

Sebagian besar penderita diabetes memiliki kecenderungan tidak disiplin baik dalam menjaga makan maupun dalam minum obat, padahal yang terpenting dalam pengobatan diabetes adalah mengendalikan nafsu makan (yang sering kali berlebihan) dan berolah raga secara teratur . Jika ini dikerjakan ditambah lagi rajin memeriksa kadar gula darah, dan minum obat yang secara rutin, maka penderita diabetes dapat hidup wajar seperti orang lain, sebaliknya jika makan tak dapat dikendalikan, ditambah gaya hidup santai dan mengalami stres fisik maupun psikis maka sang penderita sedang menunggu waktu menuju kerusakan organ-organ vital satu persatu, mulai dari liver, paru, jantung, ginjal dan otak.

Bagi pria penderita DM tidak terkontrol yang menderita DM selama lebih dari 6 tahun maka kemungkinan impotensi adalah 40% . Pada wanita komplikasi DM bisa juga menimbulkan infeksi jamur yang pengobatannya sulit . Oleh karena itu inilah resep yang saya anjurkan :

Penanggulangan DM adalah sbb.:

1. Mengendalikan makan-minum sebagaimana sabda Rasulullah SAW: ”lambung adalah kolamnya tubuh dan pembuluh darah bersumber darinya. Jika lambung itu baik maka pembuluh darah yang keluar darinyapun akan sehat. Dan jika lambung sakit maka pembuluh darahnyapun akan sakit .”(H.R.Turmudzi)

Dan Rasulullah SAW mengatakan bahwa memlihara pembuluh darah adalah diantaranya dengan memperhatikan makanan yang masuk. Oleh karena itu kendalikan makan karena makanan yang masuk akan sangat menentukan kualitas pembuluh darah kita . Bukankah penyakit kencing manis gangguannya selalu di pembuluh darah mulai dari hati/liver,ginjal,mata,jantung dan otak, untuk mengatur diet saya anjurkan makanan yang dikonsumsi adalah sbb.:

► sarapan pagi 1 gelas susu segar tanpa gula +7 butir kurma kecil + 1 gram jinten hitam .
► makan siang 5 sendok nasi+sayuran hijau(bayam, kangkung, kacang panjang, tauge, daun katuk, daun singkong dll.)+tempe atau tahu 2 potong ukuran sedang+buah (apel, pir,nanas,pepaya,jeruk, salak,dan buah lain yang kurang manis diselang-seling)
► makan malam sayur+buah spt diatas, dan makanan lain yang banyak mengandung serat, mengenyangkan tapi rendah kalori, seperti talas, ganyong, garut, sukun, kentang hitam, gaplek, atau havermoot/oat meal dll . Dan prinsipnya mengendalikan perut adalah kunci utama pengobatan kencing manis

Baca Juga :   Daun mangkokan Khasiat dan manfaatnya

2. Kendalikan pikiran dengan mengembangkan sikap sabar, ikhlas dan syukur, karena pikiran yang tidak tenang akan membuat kekacauan sistem hormonal dan mengganggu metabolisme tubuh yang tentu saja memudahkan datangnya penyakit yang berbahaya

3. Obat yang dianjurkan untuk diminum :

ambillah ½ sendok teh bubuk jintan putih+secangkir air panas, diamkan 10 menit, disaring lalu diminum 2X sehari, untuk memperbaiki rasa boleh ditambahkan 1 sendok teh air bunga mawar dan 1 butir pemanis buatan/saccharin

4. Lakukan puasa senin dan kamis, untuk secara terus menerus menghancurkan racun-racun yang masuk kedalam tubuh dan mempercepat revitalisasi sel-sel khususnya pankreas, ginjal dan liver yang biasanya paling terkena dampak dari penyakit kencing manis, puasa adalah cara yang sangat efektif dalam mengendalikan banyak penyakit metabolisme. Disamping itu puasa juga menguatkan jiwa, meningkatkan semangat berobat dan meningkatkan kualitas iman.

5. Lakukanlah olah raga jalan cepat tergopoh-gopoh dan naik tangga secara rutin sekurang-kurangnya 3X/mgg dimulai 10 menit/hari dan ditingkatkan terus menerus sampai kira-kira 40 menit/hari, dengan terutama gerakan pada bokong . Apabila dirumah Ibu ada tangga maka naik turun tangga, sebanyak 8X akan sangat baik. Pada awalnya mulailah dengan 2X dulu, dan ditingkatkan secara perlahan . Apabila tidak ada tangga silakan menggunakan tangga penyeberangan jalan sebanyak 6X dan dimulai dengan 2X pulang pergi ditingkatkan secara perlahan.

6. jangan makan manis-manis terutama kue-kue dan batasi makan nasi
7. ekstra jus tomat yang mengandung lycopene atau jus wortel yang diketahui banyak mengandung beta-carotene, secara bergantian, diminum tanpa gula atau dengan pemanis buatan akan meningkatkan kebugaran

8. jangan lupa tetap mengkonsumsi daging bebas lemak dan ikan secara berselang-seling untuk mencukupi kebutuhan protein.

Baca Juga :   Penyebab Terjadi Mimisan dan Cara Mengatasinya

Dengan menerapkan diet,olah raga seperti diatas, minum obat, dan berdoa selalu memohon pertolongan Allah maka insya Allah akan berhasil, wallahu a’alamu bish showaab.

Tulisan Oleh Dr. Mohammad Ali Toha Assegaf

Comments

comments

Leave a Reply